Penyebab Zaskia Adya Mecca Melahirkan Anak Ke 4 Melalui Persalinan Caesar

Zaskia Adya Mecca baru saja melahirkan anak keempatnya berjenis kelamin laki laki di Kemang Medical Care, Jakarta Selatan, Jumat (23/3/2018). Rasa syukur dan bahagia tentu saja menyelimuti hati Zaskia Adya Mecca dan suami, Hanung Bramantyo.

Zaskia Adya Mecca memberikan nama pada bayinya yang lahir dengan berat 3,035 kilogram dan panjang 48 sentimeter melalui persalinan cesar, yaitu Bhre Kata Bramantyo.

zaskia adya mecca melahirkan caesar

Sebelumnya Zaskia Adya Mecca sempat mengungkap keinginannya untuk melahirkan anaknya secara normal. Lantas, mengapa pada akhirnya wanita berhijab ini melahirkan secara cesar?
“Maunya normal, tapi karena kelahiran sebelumnya cesar, dan jeda waktunya belum tepat dengan perhitungan dokter. Jarak dengan kelahiran sebelumnya kan baru dua tahun,” ujar adik Zaskia Adya Mecca, Haikal Kamil, saat dihubungi melalui sambungan telepon.
Dan Jumat (23/3/2018) dianggap dokter sebagai waktu yang tepat untuk Zaskia Adya Mecca melahirkan.

zaskia adya mecca melahirkan caesar

“Memang sudah direncanakan waktu kelahirannya. Tadinya ada pilihan, hari ini dan kemarin. Tapi dari hasil pemeriksaan, dokter bilang hari ini cesarnya,” ujar Haikal Kamil.
Saat ini Zaskia Adya Mecca sedang menjalani masa pemulihkan usai melahirkan. Untuk sementara waktu dia masih belum bisa menerima banyak tamu.

Hanung Bramantyo mengatakan sejak awal Zaskia Adya Mecca ingin melahirkan secara normal. Namun lantaran jarak melahirkan dari anak ketiga belum genap 2 tahun, maka dokter melarang Zaskia Adya Mecca bersalin secara normal.

“Kondisi jahitan belum pulih, dengan menyesal sekali kami melakukan operasi caesar. Padahal kami berharap untuk yang terakhir ini melalui proses persalinan normal,” kata Hanung Bramantyo. Hanung meyakini persalinan normal lebih banyak manfaat daripada caesar, serta berpengaruh pada psikologis keluarga.

“Persalinan normal itu baik buat ibu, baik buat anak, baik buat psikologi kami,” ucap Hanung Bramantyo. Sebab, ibu yang melahirkan secara normal, menurut dia, akan lebih cepat pulih, kekebalan tubuh anak terbangun, dan kondisi itu membuat kondisi psikologi keluarga besar lebih tenang. “Kalau normal, habis melahirkan bisa langsung berkegiatan, bisa selfie segala macam.”

Saat ini kondisi Zaskia Adya Mecca masih lemas dan harus beristirahat total. “Dia enggak bisa ngapa-ngapain. Persalinan cesar ini lebih sakit dari sebelumnya,” tutur Hanung Bramantyo. “Kalau sebelumnya hanya menggigil, sudah bisa mandi, berdiri, sekarang enggak bisa sama sekali.”

Zaskia Adya Mecca melahirkan anak pertama dan kedua, Kanna Sybilla Bramantyo, 7 tahun dan Kala Madali Bramantyo, 4 tahun, melalui persalinan normal. Sementara anak ketiganya, Bhai Kaba Bramantyo, 2 tahun lahir melalui operasi caesar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *