Tips Sebelum dan Sesudah Operasi Caesar

Kebanyakan wanita menginginkan persalinan secara normal atau proses yang alami. Melahirkan secara normal membuat wanita merasakan sebagai seorang wanita seutuhnya, selain itu persalianan secara normal dinilai jauh lebih aman dan kemungkinan kecil mengalami gangguan kesehatan setalah melahirkan.

Operasi caesar merupkan salah satu teknik melahirkan melalui jalur oerasi, cara ini dilakukan untuk memberikan keselamatan bagi ibu dan janin jika mengalami suatu permasalahan. Ibu yang telah melalui proses persalinan caesar alangkah baiknya melakukan perawatan khusus, selain harus rajin chek up juga dapat berkonsultasi apabila menemukan masalah pasca persalinan.

Apapun yang kamu rencanakan terhadap operasi caesar atau mencoba mempersiapkan persalinan dengan opsi yang pertama. Ada banyak hal yang bisa bunda persiapkan untuk persalinan bunda, rawat inap, sampai persiapan sebelum pulang dari rumah sakit.

Tips persiapan pasien sebelum operasi caesar

Apa yang harus bunda tanyakan ?

Jika bunda belum mengetahui tentang melahirkan caesar, jangan takut untuk bertanya persiapan sebelum operasi dilakukan dan ketika mereka mempersiapkan persalinan. Beberapa hal ini perlu diketahui bunda supaya tidak terlalu tegang, seperti :

  • Berapa lama kira-kira operasi caesar berjalan ?
  • Kemungkinan jenis anestesi seperti apa yang bunda miliki, dan apa efek sampinya ? Pengalaman saya memiliki anestesi umum untuk operasi darurat. Untuk operasi caesar terjadwal saya mempunyai anestesi spinal dan epidural.
  • Berapa lama bunda bakal berada di rumah sakit ? Umumnya, bunda akan bertahan di rumah sakit selama 3 hari setelah ganti perban yang pertama. Tapi yang menentukan bunda boleh pulang adalah dokter melalui berbagai analisanya.
  • Apa yang terjadi jika bayi lahir sebelum jadwal operasi caesar ? Pengalaman melahirkan caesar saya, dijadwalkan untuk jam 9 pagi, tapi ketuban saya pecah pada jam 1 dinihari. Saya segera dilarikan ke ruang emergency dan anak saya lahir sekitar jam 4 pagi.

Apa yang perlu dibawa ?

  • Yang tidak boleh ketinggalan adalah kalian harus membawa kartu identitas, handphone, kamera (opsional), kartu kredit atau uang sehingga pasangan bunda bisa membeli makanan setelah dalam ruang pemulihan. Lamanya perjalanan ke rumah sakit akan memotong waktu pasangan bunda untuk berkeliaran di sekitar rumah sakit. Kalian harus siap 2 jam sebelumnya untuk persiapan pasien sebelum operasi caesar. Dan operasi caesar berlangsung selama 1 – 2 jam. Jadi suami saya juga tanpa makanan atau minuman selama sekitar 4 – 5 jam. Tinggalkan perlengkapan bunda di mobil. Pasangan bunda bisa mengambilnya kembali setelah bunda dan bayi menetap di kamar.

Apa yang harus bunda tahu selama operasi dan ruang operasi itu sendiri:

  • Ruang Operasi itu dingin. Untuk para ibu yang tidak kuat. Jika mereka menawarkan selimut atau udara hangat, katakan iya. Atau mintalah untuk menaikan suhu AC di ruang operasi.
  • Sesuatu yang tak terduga. Setiap kelahiran adalah unik. Sama seperti setiap kehamilan saya berbeda dan masing-masing anak saya berbeda, masing-masing operasi caesar saya juga berbeda. Salah satunya tulang belakang saya tidak bekerja. Saya bisa merasakan mereka menusuk dengan benda tajam (untuk mengetes anestesi sudah bekerja) dan saya tetap bisa menggerakan kaki. Mereka harus memberi anestesi spinal lagi.Di operasi caesar yang terakhir bahwa usus kecil saya telah melekat pada rahim saya. Mereka harus menghubungi ahli bedah lain untuk mengatasinya. Ini bukan untuk menakuti bunda. Tetapi untuk bunda harus sadar bahwa hal-hal tak terduga dapat terjadi selama operasi dan untuk mempersiapkannya, bunda harus siap secara mental untuk kemungkinan itu.
  • Bunda akan bengkak. Mereka memberi banyak cairan infus IV sebelum, selama dan setelah operasi sehingga membuat bagian tubuh bunda cukup bengkak.
  • Jika bunda diberi anestesi umum, bunda mungkin tidak akan pernah terbangun sekitar satu jam kemudian. Bunda tidak akan melihat langsung anak bunda keluar dari perut bunda.
  • Jika bunda memiliki spinal atau epidural bunda akan berada di ruang pemulihan sampai bisa menggerakkan jari-jari kaki. Biasanya memakan waktu beberapa jam. Nikmati momen ini bersama pasangan bunda dengan suasana yang sunyi dan damai. Jika berencana menyusui bayi, bunda akan mulai di ruang pemulihan. Hal ini akan mengembalikan suasana hati bunda setelah berjuang saat operasi.

sebelum operasi caesar

Persiapan selama di rumah sakit setelah operasi caesar

  • perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan di rumah sakit :
    • Perlengkapan mandi (pasta gigi, sikat gigi, sikat rambut, sampo, kondisioner, makeup, deodoran)
    • Breast pads (Susu saya biasanya masuk saat saya masih berada di rumah sakit dan begitu masuk, bocor. Saya menggunakan Breast pads sekali pakai di rumah sakit dan Breast pads yang bisa dicuci begitu saya pulang.)
    • Kaus kaki
    • Sandal
    • Pakaian bayi untuk dipakai di rumah
    • Cemilan
    • Buku bacaan untuk menghilangkan bosan.
  • Obat sakit. Jangan sampai hilang untuk memintanya kembali
  • Bangun dan berjalan sesegera mungkin. Saya selalu ingin bangun dan mandi sesegera mungkin, meski saya mandi sebelum pergi ke rumah sakit. Cukup seka jika rumah sakit tidak menyediakan air hangat di kamar mandi.
  • Jika dokter menawarkan obat susah BAB, ambil saja. Jika mereka tidak memberi itu, mintalah beberapa karena sangat membantu. Sebaiknya bunda jangan makan makanan yang terlalu padat.
  • Tidur sebisa mungkin. Bunda baru saja menjalani operasi besar dan mestinya perlu istirahat. Tidak apa-apa jika meminta perawat membawa bayi bunda ke kamar bayi selama satu atau dua jam sehingga bunda bisa tidur. Tidak terasa tapi sangat membantu proses pemulihan.
  • Bunda tidak boleh makan makanan padat sampai berhasil kentut. Jangan malu. Mungkin bunda belum makan setidaknya 12 jam dan pastinya lapar. Perawat akan mendengarkan perut bunda dengan stetoskop dan akan ditanya apakah bunda sudah membuang gas di perut bunda. Begitu sudah melakukannya, makanan pertama akan menjadi cairan dan makanan lezat seperti sup ayam, teh, jahe, jus apel dll (tergantung rumah sakit).
  • Gunakan pakaian dan bantal yang disediakan rumah sakit. Atau bisa mempersiapkannya dari rumah (pakaian yang longgar dan kebutuhan wanita lainnya).

Baca juga : Pola Makan Setelah Operasi Caesar

Persiapan setelah operasi caesar di rumah

  • Jika memiliki rumah 2 lantai, letakkan kebutuhan sehari-hari di satu lantai seperti kulkas. Biasanya bunda diimbau untuk tidak menyetir selama 2 minggu dan tidak mengambil sesuatu yang lebih berat daripada bayi bunda. Jadi bunda tidak bisa berbelanja bahan makanan, mintalah kepada pasangan atau keluarga untuk melakukannya.
  • Minta tolong kepada keluarga untuk membantu. Percayalah ini sangat membantu, bunda akan membutuhkan bantuan mereka ketika melahirkan bayi untuk beberapa minggu kedepan.
  • Istirahatlah sedapat mungkin. Selagi ada kesempatan untuk istirahat ambilah. Selagi ada waktu untuk tidur, lakukanlah. Karena tubuh bunda butuh itu untuk mempercepat proses pemulihan.
  • Bunda masih tetap bengkak. Setiap hari pembengkakan sedikit lebih baik, tapi butuh beberapa minggu agar bisa sembuh total.
  • Nikmati waktumu bersama si bayi. Tidak ada yang perlu dijelaskan. Hal ini akan meningkatkan kesehatan emosional bunda. Dan berpengaruh terhadap proses penyembuhan.

Demikian informasi tentang persiapan caesar, setelah mengetahui informasi ini berharap bunda dapat mempersiapkan mental untuk kelahiran si kecil. Semoga bayi lahir dengan selamat dan sehat . ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *