Persiapan Operasi Caesar, 5 Tips Sebelum dan Sesudah Operasi

Persiapan operasi caesar – Bagaimanapun yang namanya proses persalinan, semestinya harus berjalan dengan lancar. Oleh karenanya penting sekali agar setiap pasangan merencanakan persiapan sebelum melahirkan. Terutama bagi bunda yang akan melahirkan dengan operasi caesar.

Minimnya pengetahuan tentang persiapan operasi caesar, akan berdampak juga pada pemulihan bunda. Operasi caesar (Cesarean Section ) adalah suatu tindakan pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding uterus. Pada masa sekarang operasi caesar jauh lebih aman dari pada dulu dengan adanya antibiotika, tranfusi darah, teknik operasi yang lebih sempurna dan anestesi yang lebih baik.

persiapan operasi caesar

Karena itu terjadi kecenderungan untuk melakukan operasi caesar tanpa dasar yang cukup kuat, dalam hubungan ini perlu diingat bahwa seorang ibu yang telah mengalami pembedahan caesarean section pasti akan mendapat parut uterus dan tiap kehamilan serta persalinan berikutnya memerlukan pengawasan yang cermat berhubungan dengan bahayanya ruptur uteri (Wiknjosastro, 2005). Bisa juga mencari pengetahuan lain mengenai operasi caesar melalui contoh file pdf, makalah, gambar, video yang tersedia di google. Selain itu, puasa pre operasi juga disarankan oleh dokter demi kebaikan untuk ibu supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Saya juga melahirkan caesar di kelahiran putri saya yang pertama. Tiga tahun berselang saya melahirkan anak kedua. Meskipun terbiasa dengan pemulihan, dengan membaca apa yang saya cari, tapi sebenarnya saya masih merasa tidak siap dengan operasi. Saya tidak ingin hal ini terjadi pada persiapan operasi caesar kalian.

Selain itu, beberapa ibu hamil juga banyak yang melahirkan caesar secara berulang kali karena beberapa keadaan. Padahal para ahli medis menyarankan untuk wanita menjalani operasi caesar sebanyak maksimal tiga kali. Hal ini dikarenakan operasi caesar berulang memang memiliki beberapa resiko. Berikut ini ada beberapa resiko operasi sesar yang ketiga yang perlu diketahui oleh ibu hamil :

1. Luka jaringan pada rahim dan organ di sekitar rahim
2. Cedera usus dan kandung kemih
3. Pendarahan hebat
4. Pengangkatan rahim atau histerektomi
5. Muncul masalah dengan plasenta
6. Hernia
7. Nyeri atau mati rasa pada bekas jahitan
8. Rahim pecah (Uterine Rupture)
9. Transfusi darah
10. Infeksi

Apapun yang kamu rencanakan terhadap operasi caesar atau mencoba mempersiapkan persalinan dengan opsi yang pertama. Ada banyak hal yang bisa bunda persiapkan untuk persalinan bunda, rawat inap, sampai persiapan sebelum pulang dari rumah sakit.

Tips persiapan pasien sebelum operasi caesar

Apa yang harus bunda tanyakan ?

Jika bunda belum pernah melahirkan sesar sebelumnya, jangan takut untuk bertanya di persiapan pra operasi dan ketika mereka mempersiapkan persalinan bunda. Hal ini berjaga-jaga supaya bunda tidak terlalu tegang, seperti :

  • Berapa lama kira-kira operasi caesar berjalan ?
  • Kemungkinan jenis anestesi seperti apa yang bunda miliki, dan apa efek sampinya ? Pengalaman saya memiliki anestesi umum untuk operasi darurat. Untuk operasi caesar terjadwal saya mempunyai anestesi spinal dan epidural.
  • Berapa lama operasi caesar berlangsung? Dari sayatan pertama dibuat sampai bayi lahir, kurang lebih membutuhkan waktu hingga 30 menit paling lama. Sedangkan penutupan rahim akan memakan waktu lebih lama yaitu sekitar 35 menit lebih.
  • Berapa lama bunda bakal berada di rumah sakit ? Umumnya, bunda akan bertahan di rumah sakit selama 3 hari setelah ganti perban yang pertama. Tapi yang menentukan bunda boleh pulang adalah dokter melalui berbagai analisanya.
  • Apa yang terjadi jika bayi lahir sebelum jadwal operasi caesar ? Pengalaman melahirkan caesar saya, dijadwalkan untuk jam 9 pagi, tapi ketuban saya pecah pada jam 1 dinihari. Saya segera dilarikan ke ruang emergency dan anak saya lahir sekitar jam 4 pagi.

Apa yang perlu dibawa ?

  • Barang yang tidak boleh ketinggalan adalah kalian harus membawa kartu identitas, handphone, kamera (opsional), kartu kredit atau uang sehingga pasangan bunda bisa membeli makanan setelah dalam ruang pemulihan. Lamanya perjalanan ke rumah sakit akan memotong waktu pasangan bunda untuk berkeliaran di sekitar rumah sakit. Kalian harus siap 2 jam sebelumnya untuk persiapan pasien sebelum operasi caesar. Dan operasi caesar berlangsung selama 1 – 2 jam. Jadi suami saya juga tanpa makanan atau minuman selama sekitar 4 – 5 jam. Tinggalkan perlengkapan bunda di mobil. Pasangan bunda bisa mengambilnya kembali setelah bunda dan bayi menetap di kamar.

persiapan operasi caesarApa yang harus bunda tahu selama operasi dan ruang operasi itu sendiri:

  • Ruang Operasi itu dingin. Untuk para ibu yang tidak kuat. Jika mereka menawarkan selimut atau udara hangat, katakan iya. Atau mintalah untuk menaikan suhu AC di ruang operasi. Alat yang digunakan untuk operasi caesar sangat steril.
  • Sesuatu yang tak terduga. Menjelang kelahiran anak adalah unik. Sama seperti setiap kehamilan saya berbeda dan masing-masing anak saya berbeda, masing-masing operasi caesar saya juga berbeda. Salah satunya tulang belakang saya tidak bekerja. Saya bisa merasakan mereka menusuk dengan benda tajam (untuk mengetes anestesi sudah bekerja) dan saya tetap bisa menggerakan kaki. Mereka harus memberi anestesi spinal lagi.Di operasi caesar yang terakhir bahwa usus kecil saya telah melekat pada rahim saya. Mereka harus menghubungi ahli bedah lain untuk mengatasinya. Ini bukan untuk menakuti bunda. Tetapi untuk bunda harus sadar bahwa hal-hal tak terduga dapat terjadi selama operasi dan untuk mempersiapkannya, bunda harus siap secara mental untuk kemungkinan itu.
  • Bunda akan bengkak. Mereka memberi banyak cairan infus IV sebelum, selama dan pasca operasi sehingga membuat bagian tubuh bunda cukup bengkak.
  • Jika bunda diberi anestesi umum, bunda mungkin tidak akan pernah terbangun sekitar satu jam kemudian. Bunda tidak akan melihat langsung anak bunda keluar dari perut bunda.
  • Jika bunda memiliki spinal atau epidural bunda akan berada di ruang pemulihan sampai bisa menggerakkan jari-jari kaki. Biasanya memakan waktu beberapa jam. Nikmati momen ini bersama pasangan bunda dengan suasana yang sunyi dan damai. Jika berencana menyusui bayi, bunda akan mulai di ruang pemulihan. Hal ini akan mengembalikan suasana hati bunda setelah berjuang saat operasi.

persiapan operasi caesarPersiapan selama di rumah sakit setelah operasi caesar

  • perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan di rumah sakit :
    • Perlengkapan mandi (pasta gigi, sikat gigi, sikat rambut, sampo, kondisioner, makeup, deodoran)
    • Breast pads (Susu saya biasanya masuk saat saya masih berada di rumah sakit dan begitu masuk, bocor. Saya menggunakan Breast pads sekali pakai di rumah sakit dan Breast pads yang bisa dicuci begitu saya pulang.)
    • Kaus kaki
    • Sandal
    • Pakaian bayi untuk dipakai di rumah
    • Cemilan
    • Buku bacaan untuk menghilangkan bosan.
  • Obat sakit. Jangan sampai hilang untuk memintanya kembali
  • Bangun dan berjalan sesegera mungkin. Saya selalu ingin bangun dan mandi sesegera mungkin, meski saya mandi sebelum pergi ke rumah sakit. Cukup seka jika rumah sakit tidak menyediakan air hangat di kamar mandi.
  • Jika dokter menawarkan obat susah BAB, ambil saja. Jika mereka tidak memberi itu, mintalah beberapa karena sangat membantu. Sebaiknya bunda jangan makan makanan yang terlalu padat.
  • Tidur sebisa mungkin. Bunda baru saja menjalani operasi besar dan mestinya perlu istirahat. Tidak apa-apa jika meminta perawat membawa bayi bunda ke kamar bayi selama satu atau dua jam sehingga bunda bisa tidur dan posisi tidur pasca operasi caesar harus lah benar. Tidak terasa tapi sangat membantu proses pemulihan.
  • Bunda tidak boleh makan makanan padat sampai berhasil kentut. Jangan malu. Mungkin bunda belum makan setidaknya 12 jam dan pastinya lapar. Perawat akan mendengarkan perut bunda dengan stetoskop dan akan ditanya apakah bunda sudah membuang gas di perut bunda. Begitu sudah melakukannya, makanan pertama akan menjadi cairan dan makanan lezat seperti sup ayam, teh, jahe, jus apel dll (tergantung rumah sakit).
  • Gunakan pakaian dan bantal yang disediakan rumah sakit. Atau bisa mempersiapkannya dari rumah (pakaian yang longgar dan kebutuhan wanita lainnya).

Persiapan setelah operasi caesar di rumah

  • Jika memiliki rumah 2 lantai, letakkan kebutuhan sehari-hari di satu lantai seperti kulkas. Biasanya bunda dihimbau untuk tidak menyetir selama 2 minggu dan tidak mengambil sesuatu yang lebih berat daripada bayi bunda. Jadi bunda tidak bisa berbelanja bahan makanan, mintalah kepada pasangan atau keluarga untuk melakukannya.
  • Minta tolong kepada keluarga untuk membantu. Percayalah ini sangat membantu, bunda akan membutuhkan bantuan mereka ketika melahirkan bayi untuk beberapa minggu kedepan.
  • Istirahatlah sedapat mungkin. Selagi ada kesempatan untuk istirahat ambilah. Selagi ada waktu untuk tidur, lakukanlah. Karena tubuh bunda butuh itu untuk mempercepat proses pemulihan.
  • Bunda masih tetap bengkak. Setiap hari pembengkakan sedikit lebih baik, tapi butuh beberapa minggu agar bisa sembuh total.
  • Nikmati waktumu bersama si bayi. Tidak ada yang perlu dijelaskan. Hal ini akan meningkatkan kesehatan emosional bunda. Dan berpengaruh terhadap proses penyembuhan.

Sekian informasi tentang persiapan operasi caesar. Saya harap kalian sekarang tahu bagaimana untuk melakukan persiapan operasi caesar di kelahiran bunda. Semoga bayi kalian lahir dengan selamat dan sehat. Jagalah kesehatan fisik bunda supaya pemulihan pasca operasi dapat cepat sembuh, kegiatan bunda yang dilakukan setiap harinya juga akan mempengaruhi pemulihan. Mau tidak mau bunda tidak diperbolehkan untuk mengangkat benda berat.

kapsul kutuk premium

INGIN TAHU LEBIH LENGKAPNYA BISA DI LIHAT PADA LINK DIBAWAH

SEMOGA BERMANFAAT 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *