Tips Agar Melahirkan Normal Setelah Caesar Yang Baik Untuk Kesehatan

tips agar melahirkan normal setelah caesar

tips agar melahirkan normal setelah caesar
tips agar melahirkan normal setelah caesar

Tips agar melahirkan normal setelah caesar – Persalinan normal merupakan keinginan semua ibu yang akan melahirkan, tetapi proses persalinan itu bisa berubah seketika ketika terjadi suatu hal yang tidak akan di duga. Kemungkinan persalinan yang tadinya caesar bisa saja menjadi normal. Operasi caesar merupakan proses persalinan dengan cara membuat sayatan pada perut ibu atau proses melahirkan melalui perut. Semua itu sebenarnya tergantung dari situasi dan kondisi yang ada. Karena tindakan Caesar akan disarankan bila ibu hamil memiliki masalah (penyulit) dalam proses persalinannya untuk meminimalisir risiko komplikasi, terlepas dari pernah atau tidaknya ibu melakukan persalinan caesar (Seksio Sesarea) sebelumnya. Jadi perhatikan beberapa tips agar melahirkan normal setelah caesar yang dikenal dengan Vaginal Birth After Cesarean (VBAC), tetap bisa dan itu tergantung situasi atau kondisi ibu.

Bagaimana Agar Melahirkan Normal Setelah Melahirkan Caesar Aman?

Ada sekitar 75% wanita yang pernah memilih operasi caesar menginginkan melahirkan secara normal dan sukses. Bagi ibu yang ingin menjalani persalinan normal setelah caesar tak perlu ragu. Banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan persalinan normal setelah caesar. Menurut mereka ini adalah pilihan yang aman bagi ibu. Akan tetapi, prosesnya tidak mudah dan ada  3 syarat melahirkan normal setelah melahirkan caesar :

3 syarat melahirkan normal setelah caesar yang jadi pertimbangan dokter sebeum melakukan VBAC :

1. Jenis sayatan

Jenis sayatan operasi caesar ada 3 macam, diantaranya melintang rendah, sayatan vertikal rendah, dan sayatan tinggi atau sayatan klasik. Sayatan melintang yaitu sayatan dari sisi ke sisi dibuat di bagian bawah rahim. Lalu sayatan vertikal rendah itu atas dan bawah dibuat pada bagian bawah dari rahim, sedangkan sayatan vertikal tinggi yaitu sayatan yang sarahnya dari atas ke bawah dan dibuat pada bagian atas rahim. Jenis sayatan terakhir ini paling memungkinkan untuk pecah dan tidak disarankan untuk VBAC. Jenis sayatan melintanglah yang baik untuk melakukan VBAC.

2. Sudah berapa kali operasi caesar

Bagi ibu yang baru sekali melakukan operasi caesar sangatlah aman untuk menjalani persalinan normal setelah caesar. Tetapi ada juga ibu yang sduah beberapa kali melakukan operasi caesar menginginkan persalinan normal. Namun akan sulit untuk menemukan dokter yang mau menangani, karena terlalu beresiko.

baca juga : Kembung Setelah Operasi Caesar, Inilah yang Menjadi Penyebabnya!!

3. Alasan operasi caesar sebelumnya

Jika alasan ibu memilih caesar pada kehamilan sebelumnya karena bayi sungsang ataupun detak jantungnya tidak teratur, maka ibu mempunyai peluang untuk VBAC tanpa adanya komplikasi. Tetapi jika melakukan caesar karena leher rahim yang tidak melebar ataupun kepala bayi yang tidak turun, maka kesempatan untuk melakukan persalinan normal setelah caesar rendah.

Berikut tips agar melahirkan normal setelah caesar adalah sebagai berikut :

  • Selalu rajin cek ke dokter untuk memastikan keadaan bayi, seperti ari-ari yang menutup jalan lahir, pinggang sempit, dll. Karena kondisi seperti itu tidak memungkinkan untuk normal.
  • Kontrol makan jangan terlalu banyak yang manis-manis, perbanyak sayur dan buah.
  • Sering-sering olah nafas, karena penting untuk menghadapi persalinan nantinya
  • Rileks dan selalu fokus untuk persalinan normal juga penting agar tekanan darah lebih terkontrol
  • Ikutilah senam hamil mulai usia 5 bulan atau pada kehamilan minggu ke 36, penting untuk melatih otot panggul agar tidak kaku saat persalinan.
tips agar melahirkan normal setelah caesar
tips agar melahirkan normal setelah caesar

Tips agar melahirkan normal setelah caesar lainnya yang aman adalah mengenai jarak dari kehamilan sebelumnya. Secara teori jarak kehamilan setelah caesar yang baik adalah lebih dari 2 tahun. Semakin lama proses penyambuhan pasca caesar, maka semakin kuat penyembuhan jaringan yang disayat. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan untuk melakukan persalinan normal pada kehamilan berikutnya. Selain jarak kehamilan, untuk melakukan persalinan normal setelah operasi caesar juga ada faktor lain seperti :

1. Kesehatan ibu dan bayi
2. Ada atau tidak penyulit melakukan persalinan normal
3. Posisi bayi
4. Ukuran atau berat bayi dan jika berat bayi lebih dari 4kg disarankan untuk melalui operasi caesar
5. Ukuran panggul ibu kecil
6. Letak plasenta menghalangi jalan lahir

pengalaman ibu Yang Berhasil melahirkan normal setelah caesar

Saya berhasil melahirkan anak kedua dengan VBAC ( Vaginal Birth After Cesarean). Sebelumnya saya melahirkan putri kembar sekitar 7 tahun yang lalu melalui operasi sesar. Sejak awal kehamilan saya yang kedua saya sudah bertekad untuk bisa melahirkan normal, karena itu secara khusus encari dokter kandungan perempuan yang pro kelahiran normal. Sempat merasa ragu untuk melahirkan normal saat kandungan memasuki bulan kedelapan, karena mendengarkan certa orang sekitar yang mengatakan sakitnya melahirkan normal. Apalagi jika bayinya laki-laki, ditambah lagi ada yang mngatakan resiko sobeknya jahitan sesar. Beruntunglah dokter menyemangati saya dengan alasan kondisi saya, bayi, dan jahitan caesar sebelumnya semuanya normal, maka dari itu memungkinkan untuk VBAC.

Akhirnya saya berusaha memberanikan diri dengan membaca cerita para ibu yang berhasil VBAC. Selain itu saya juga berusaha memahami benar-benar tahapan kelahiran, cara mengejan yang benar serta mengatur napas agar tidak panik. H-2 siang, mulai keluar flek dan saya langsung ingat kalau ini salah satu tanda akan melahirkan. Keesokan harinya juga keluar flek dan kontraksi mulai terasa. Tiba-tiba juga ada keinginan untuk beberes rumah, jadi saya membereskan kamar dan koper untuk dibawa ke rumah sakit sambil merasakan kontraksi yang mulai datang. Saat ibu datang mengantarkan makan siang dan menanyakan apakah sudah terasa kontraksi atau belum dan saya menjawab belum agar tidak panik. Setelah suami pulang, kontraksi sudah mulai terasa 5 menit sekali dan suami mengajak untuk ke rumah sakit.

baca juga : Cerita Perjuanganku ! Melahirkan Bayi Sungsang Secara Normal Tidak Dengan Caesar

Awalnya saya ingin menunggu sampai besok karena takut malah merasa tegang di rumah sakit. Namun pada jam 9 malam kontraksi makin hebat dan saya minta diantar ke rumah sakit. Suami menelepon orangtua agar bisa datang ke rumah untuk menjaga si kembar. Sebelum berangkat saya masih sempat-sempatnya berpesan kepada ART agar beres-beres rumah dan bercanda dengan si kembar. Saat berangkat pukul sepuluh malam, sakit yang ditimbulkan saat kontraksi makin tidak tertahankan, apalagi saat itu mobil dilarikan dengan cepat, jadi guncangannya makin terasa. Sesampainya di rumah sakit, saya langsung dilarikan ke ruang bersalin sementara suami mengurus administrasi dan perawat menelepon dokter kandungan saya. Saat diperiksa dalam, ternyata sudah pembukaan delapan.

Saya benar-benar tidak menyangka bisa secepat itu, karena saat membaca-baca pengalaman ibu-ibu lain banyak yang perlu waktu lama untuk menunggu sampai bukaannya lengkap. Saya mulai merasakan keinginan untuk mengejan. Dokter pun datang, dan melalui hasil belajar secara otodidak tentang cara mengatur napas, mengejan, dan sebagainya, alhamdulillah saya berhasil melahirkan normal dengan lancar sekitar pukul satu dini hari tanggal 14 Mei 2015. Saat kepala bayi mulai keluar, saya sempat minta cermin ke perawatnya, maksudnya agar saya bisa melihat saat bayi keluar. Namun perawat dan dokter malah tertawa, karena mereka mengira saya mau berdandan.

Lega rasanya berhasil melahirkan normal setelah pernah menjalani operasi caesar. Bagi yang berniat melakukan VBAC, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan, setelah memang kondisi ibu, bayi, dan jahitan bagus untuk bisa VBAC, persiapkan diri dengan baik agar proses kelahiran normal nantinya bisa lancar.

apa bahaya melahirkan normal setelah melahirkan caesar?

Selain ada tips agar melahirkan normal setelah caesar berjalan dengan aman, ternyata ada juga bahaya melahirkan normal setelah caesar. Supaya belum terlanjur melakukan persalinan normal setelah caesar perhatikan bahaya yang akan dihadapi ibu saat melakukan persalinan normal setelah caesar sebagai berikut :

1. Pecah Rahim

Ibu hamil bisa terkena pecah rahim, alasannya adalah sayatan yang dilakukan saat caesar bisa membuka dan meregang kembali saat melahirkan normal. Oleh sebab itulah saat ini kelahiran normal setelah tindakan caesar sedikit dilakukan oleh pihak medis. Meski begitu program yang dilakukan dokter tentang VBAC tergolong sukses dan tingkat keberhasilannya sebanyak 80 persen. Kondisi pecahnya rahim ini juga bisa diakibatkan oleh bahaya operasi caesar.

2. Terbukanya Sayatan Saat Caesar Sebelumnya

Hal yang harus diperhatikan di sini adalah ketika melahirkan normal ibu hamil harus waspada dengan bekas sayatan yang ada setelah melakukan operasi caesar. Saat melahirkan normal, ibu hamil akan mengejan. Saat mengejan itu dikhawatirkan jika saat mengejan ibu hamil akan membuka sayatan saat operasi caesar tersebut sehingga, diperlukan jahitan ulang untuk membetulkan jahitan yang terbuka itu. Hal ini bisa terjadi pada ibu hamil yang melahirkan dengan jarak yang dekat. Jarak kelahiran itu kurang dari dua tahun.

baca juga : Persiapan dan Keuntungan Memilih Operasi Caesar Kedua

3. Pendarahan

Ibu hamil juga rentan untuk terkena pendarahan hebat saat melakukan kelahiran normal. Terutama bagi ibu hamil yang bekas sayatannya terbuka saat melahirkan normal. Beberapa kondisi pendarahan juga perlu diwaspadai saat menjalani proses kehamilan.

4. Mengancam Nyawa

Ibu yang mengejan saat melahirkan normal dan di dalam rahimnya terdapat luka membuat rahim itu bisa melemah, terbukanya luka bekas jahitan saat caesar sangat bisa terjadi. Akibatnya luka bekas jahitan itu bisa sobek dan mengancam nyawa bayi yang ada di dalam rahim. Kondisi mengancam jiwa lainnya saat kehamilan bisa terjadi juga karena :

  • Makanan yang dapat menyebabkan keguguran
  • Bahaya obesitas bagi ibu hamil

Sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang tips agar melahirkan normal setelah caesar berjalan dengan baik. Semoga dengan informasi yang sudah saya bagikan dapat menjadi tambahan pengetahuan buat semua ibu ataupun calon ibu nantinya. Semoga Bermanfaat dan Sehat Selalu 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *