Stretch Mark Setelah Melahirkan Mengganggu Penampilan? Begini Solusinya!!!

Stretch Mark Setelah Melahirkan

stretch mark setelah melahirkan
stretch mark setelah melahirkan

Memiliki penampilan yang menarik salah satu keinginan semua wanita agar lebih percaya diri. Terkadang penampilan atau bentuk tubuh Anda berubah setelah melahirkan, terutama perubahan terjadi pada kulit yaitu muncul stretch mark setelah melahirkan. Stretch mark yang terjadi awalnya membuat Anda tidak nyaman dan merasa kurang percaya diri dengan penampilannya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? dan apakah stretch mark pasti terjadi pada setiap ibu setelah melahirkan baik operasi caesar maupun normal? Beginilah ulasan mengenai terjadinya stretch mark setelah melahirkan dan solusi yang baiknya Anda lakukan agar menjadi lebih percaya diri.

Apakah Itu Stretch Mark?

Stretch mark adalah suatu masalah terbesar bagi perempuan apalagi setelah melahirkan, karena kulit akan cenderung terlihat merosot dan muncul stretch mark pada kulit. Ada juga yang mengartikan stretch mark berupa guratan atau garis-garis halus yang nampak pada kulit bagian tubuh letak lemak terkonsentrasi. Guratan pada kulit ini biasanya terjadi dibagian perut atas, lengan, paha, dan pantat. Selama hamil, bagian tubuh tersebut mengalami perubahan volume lemak. Stretch mark sendiri tidak dialami oleh semua orang, biasnaya orang yang kulitnya mengandung sedikit kolagen akan mudah mengalaminya. Hal ini terjadi karena faktor keturunan, pola makan yang tidak baik saat kehamilan juga dapat memicu munculnya stretch mark.

Meskipun normal terjadi, pastinya Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada diri Anda karena dapat mengganggu penampilan. Selain itu terdapat juga beberapa penyebab stretch mark setelah melahirkan lainnya, diantaranya perubahan hormon, peregangan perut selama kehamilan, berat badan berlebihan, dan beberapa hal lainnya. Pada beberapa kasus, stretch mark hilang dengan sendirinya walaupun tidak cepat. Karena memang akan memudar dengan seiring bejalannya waktu dan bahkan stretch mark pun tidak memerlukan perawatan medis untuk menghilangkannya. Hanya memerlukan kesabaran untuk benar-benar bisa menghilangkan stretch mark setelah melahirkan yang sudah lama.

Ada berbagai cara untuk menghilangkan stretch mark, tetapi ketika usia sudah beranjak 40 tahun  an stretch mark tak kujung hilang. Maka perwatan yang paling dianjurkan adalah secara medis dan bukan secara alami lagi. Stretch mark yang tak dapat hilang dengan cara alami bila sudah lama dan operasi kemungkinan menjadi jalan satu-satunya yang dipilih. Selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun garis akan memudar menjadi garis halus yang lebih dengan dengan warna kulit. Mungkin dengan adanya stretch mark Anda tidak akan nyaman, tetapi stretch mark akan jauh lebih baik dalam waktu 6 bulan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan Yang Sudah Lama?

Ketika Anda melihat stretch mark sudah mulai berwarna putih ata memiliki warna lebih terang dari kulit asli, maka inilah tanda bahwa stretch mark akan lebih sulit untuk dihilangkan. Stretch mark dikatakan sudah lama bila telah memasuki 6 minggu lebih. Cara alami mungkin saja dapat untuk memudarka n, namun efeknya akan terasa lebih lama. Jika di bawah 6 minggu, menggunakan cara alami cukup efektif untuk menghilangkan stretch mark apabila dilakukan secara teratur serta mengonsumsi makanan sehat.

stretch mark setelah melahirkan
stretch mark setelah melahirkan

Stretch mark bisa hilang dengan dirawat menggunakan bahan alami ketika dilakukan sedari dini. Maksudnya saat stretch mark masih berwarna coklat, merah, merah muda atau keunguan. Anda bisa juga mencoba beragam bahan alami untuk menghilangkannya seperti dengan krim berkandungan vitamin C, vitamin E, vitamin A, shea butter dan cocoa butter.

Kondisi yang dapat mengakibatkan stretch mark antara lain:

  • Kehamilan.
  • Berat badan meningkat secara
  • Terdapat anggota keluarga memiliki riwayat stretch mark.
  • Masa pubertas, yaitu saat tubuh tumbuh dengan cepat. Pada anak laki-laki, stretch mark bisa muncul di bahu dan punggung. Sedangkan pada anak perempuan, guratan kulit ini biasanya terdapat di pinggul, paha, dan payudara.
  • Gangguan kesehatan tertentu, seperti sindrom Marfan atau sindrom Cushing. Sindrom Cushing membuat tubuh memproduksi hormon kortisol secara berlebihan, sehingga menyebabkan stretch mark Sedangkan Sindrom Marfan adalah kelainan gen yang memengaruhi jaringan penyambung dan kulit.
  • Konsumsi obat-obatan kortikosteroid yang tidak tepat. Kortikosteroid umumnya digunakan dalam bentuk krim untuk menangani kondisi kulit tertentu seperti eksim. Bahan ini berdampak sama seperti hormon kortisol.
  • Sebelum stretch mark terbentuk, kulit akan menipis dan muncul garis atau guratan kemerahan, kadang disertai rasa gatal-gatal. Lama-kelamaan garis ini akan berubah menjadi warna putih yang kemudian akan menghilang, bisa dalam hitungan bulan atau tahun.
  • Warna merah pada kulit muncul karena lapisan dermis yang menipis membuat pembuluh darah di bawahnya muncul dan tampak ke permukaan. Guratan ini menjadi putih setelah pembuluh darah mengerut.

baca juga : Jahitan Caesar Di lem? Beginilah Yang Terjadi Setelah Operasi Caesar

Ada cara menjadikan stretch mark yang sudah lama hilang yaitu dengan perawatan medis. Berikut beberapa cara yang bisa dipertimbangkan :

  • Proses pengelupasan kulit (Exfoliation), Hal ini merupakan cara paling mudah untuk dicoba, asalkan dilakukan secara teratur. Maka ada beberapa kasus yang berhasil menghilangkan stretch mark dengan proses ini.
  • Mikrodermabrasi, tindakan satu ini bisa dikatakan mirip dengan tindakan pengelupasan kulit. Namun pada proses mikrodermabrasi memanfaatkan kristal-kristal mikro yang akan menjadi penghilangan sel-sel kulit mati serta membantu perangsangan produksi sel kulit baru. Prosedur dari mikrodermabrasi ini dilakukan secara langsung namun tidaklah menimbulkan rasa sakit sama sekali. Agar hasil lebih maksimal, tentu saja Anda perlu mendapatkan perawatan ini setiap minggu secara teratur selama kurang lebih 3 bulan.
  • Terapi laser, Ini merupakan salah satu terapi yang paling populer di mana teknik laser ini dianggap paling efektif bila hendak menghilangkan stretch mark lama. Ada beberapa jenis metode laser yang bisa diandalkan, seperti Infini Laser, Microneedling Laser, dan juga ProFractional Laser dan inilah yang dimaksud sebelumnya dengan tindakan operasi.

 Solusi Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

stretch mark setelah melahirkan
stretch mark setelah melahirkan

Stretch mark setelah melahirkan adalah salah satu dampak yang akan terjadi pada setiap ibu yang kemungkinan akan mengalaminya. Peregangan kulit saat hamil membuat Anda harus memiliki garis-garis yang kurang enak dilihat. Tidak perlu khawatir stretch mark setelah melahirkan dapat dihilangkan dengan bahan alami sebagai berikut :

  1. Minyak jarak (Castor Oil), dengan megoleskan minyak jarak pada bagian kulit yang terkena stretch mark diyakini dapat menghilangkan stretch mark dengan mudah.
  2. Vitamin C, vitamin C ini memproduksi kolagen dan sel-sel pada kulit. Maka dari itu konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C, seperti paprika merah dan hijau, jambu biji, brokoli, dan lobak. Selain itu vitamin C dapat dengan mudah ditemukan pada buah jeruk, kandungan vitamin C pada jeruk dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga dapat memudarkan stretch mark. (baca juga : Vitamin Yang Di butuhkan Ibu Setelah Melahirkan…!! Simak Penjelasan Berikut….)
  3. Kentang, kentang sangat bermanfaat dalam mengobati stretch mark setelah melahirkan. Cara menggunakan kentang ini bisa dengan cara di jus, lalu oleskan jus kentang tersebut pada kulit yang terkena stretch mark.
  4. Putih Telur, menghilangkan stretch mark setelah melahirkan selanjutnya yitu dengan menggunakan putih telur. Karena putih telur sangat berguna dalam mengobati stretch mark dan meremajakan kulit.
  5. Lemon, lemon mengandung beragam nutrisi di dalamnya seperti vitamin, mineral, antioksidan, anti-inflamasi, dan lain sebagainya. Kandungan abrasif dalam lemon juga dipercaya mampu meresap dan membakar lemak lebih di area sekitar kulit. Maka dengan berbagai kandungan yang terdapat pada lemon ini dapat Anda gunakan sebagai cara untuk menghiangkan stretch mark setelah melahirkan.
  6. Bubuk Kopi, selain memiliki aroma yang sangat khas, bubuk kopi termasuk kedalam scrub alami yang baik untuk menghaluskan permukaan kulit. Dapat juga mengurangi lemak di kulit dan mencerahkan kulit secara alami.
  7. Minyak Zaitun dan Madu, dua macam bahan alami ini selalu dijadikan andalan yag mendukung kecantikan kulit. Minyak zaitun dan madu merupakan bahan alami yang di dalamnya memiliki kandungan nutrisi . mengombinasikan 2 bahan alami tersebut dapat membantu Anda dalam menghilangkan stretch mark.

Solusi lain yang dapat Anda lakukan yaitu bisa mencoba melakukan latihan yang bekerja pada otot-otot di area tubuh yang timbul stretch mark. Meskipun tidak akan menghilangkan stretch mark, itu akan membantu untuk area tersebut. Kombinasi olahraga dan makan sehat dapat membantu Anda merasa lebih baik.

baca juga : Cara Merawat Luka Jahitan Pasca Operasi Caesar Lebih Mudah dan Aman!!!

Referensi Obat herbal Setelah Melahirkan Terutama Operasi Caesar

Selengkapnya..

stretch mark setelah melahirkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *