Apakah Penyebab Setelah Melahirkan Caesar Tidak Menstruasi?

Melahirkan melalui operasi caesar memang memiliki banyak resiko yang dihadapi oleh ibu. Selain mendapatkan bekas luka setelah operasi, ibu juga harus merawat bekas luka dengan baik. Merawat luka dengan baik tidak akan menimbulkan berbagai macam resiko seperti, infeksi luka. Menjaga asupan nutrisi makanan yang dimakan ibu juga akan mempengaruhi proses penyembuhan luka operasi. Lalu ada juga setelah melahirkan caesar tidak menstruasi, apakah penyebabnya? Simak penjelasan mengenai penyebab setelah melahirkan caesar tidak menstruasi.

setelah melahirkan caesar tidak menstruasi

Penyebab Setelah Melahirkan Caesar Tidak Menstruasi

Kehamilan adalah saat ketika waita bebas dari siklus menstruasi, selama 9 bulan dan lebih. Tetapi itu pasti akan kembali setelah melahirkan, melahirkan caesar atau melahirkan normal tidak ada efeknya. Itu tergantung pada menyusui dan faktor lainnya. Ketika seseorang telah melahirkan dan jika orang tersebut menyusui anaknya secara rutin (ASI eksklusif) maka orang tersebut tidak akan mendapatkan haid. Hal ini dikarenakan saat menyusui maka ada hormon prolaction yang mencegah terjadinya haid (hormon prolactin adalah hormon yang berperan menghasilkan air susu).

Saat ini ibu dapat disebut kontrasepsi alami yaitu metode amenorea lactasi. Namun pada beberapa wanita menyusui jika jarak menyusui bayinya terlalu renggang, maka efek prolactin tersebut akan berkurang sehingga terjadi menstruasi. Jika telah mendapatkan menstruasi, maka siklus subur telah kembali, metode ini maksimal berlaku hingga 6 bulan. Jadi kemungkinan ibu tidak mengalami menstruasi hingga 6 bulan (setelah ASI eksklusif selesai).

baca juga : Kenali Jenis Anestesi Dan Efek Samping Yang Timbul

Hal itu bisa terjadi karena saat ibu menyusui, hisapan bayi menyebabkan perubahan hormonal. Hipothalamus mengeluarkan Gonadotrophin Releasing Hormone (GnRH) yang menekan pengeluaran Luteinizing Hormone (LH) dan menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur). Jadi, dapat dikatakan bahwa menyusui merupakan salah satu metode kontrasepsi alami yang sangat efektif bila memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Bayi berusia < 6 bulan
  • Ibu setelah melahirkan caesar tidak menstruasi sama sekali
  • Makanan tambahan hanya diberikan 5-10% dari total
  • Menyusui setiap 4 jam pada siang hari dan setiap 6 jam pada malam hari

Angka keberhasilan metode ini mencapai 98-99,5%, kehamilan terjadi pada 2 dari 100 wanita 6 bulan setelah melahirkan. 6 dari 100 wanita 6-12 bulan setelah melahirkan, ibu tidak perlu khawatir karena keadaan amenorea atau tidak menstruasi selama menyusui bervariasi setiap individu antara 3 bulan – 2 tahun. Hal ini merupakan normal terjadi, siklus subur setelah melahirkan dapat kembali normal dalam waktu 2-14 ulan setelah melahirkan secara perlahan – lahan atau setelah tidak menyusui.

Jika memberikan ASI eksklusif kepada anak, maka ibu tidak perlu merasa khawatir karena kemungkinan penyebab setelah melahirkan caesar tidak menstruasi adalah karena suatu proses yang normal sebagai hasil penerapan MAL (Metode Amenore Laktasi).

setelah melahirkan caesar tidak menstruasi

Faktor yang mempengaruhi Setelah melahirkan caesar tidak menstruasi, perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh setelah melahirkan akan memiliki efek yang signifikan pada beberapa periode pertama tergantung pada :

  • Masalah kesehatan yang ibu miliki sebelum hamil
  • Menstruasi tidak teratur sebelum hamil
  • Mengubah tingkat hormonal

Ada juga faktor lain yang mempengaruhi setelah melahirkan caesar tidak menstruasi :

  • Stress
  • Berat badan
  • Kelelahan
  • Gangguan tiroid
  • Aktifitas fisik tidak teratur

Ingat, setelah melahirkan caesar tidak menstruasi adalah bukan faktor yang utama. Menstruasi pertama setelah melahirkan caesar atau melahirkan normal tidak akan sama dengan ibu sebelum kehamilan. Sekali lagi tubuh akan menyesuaikan dengan siklus menstruasi dan karena itu, ibu mungkin melihat perubahan seperti :

  • Bekuan darah kecil
  • Kram yang lebih kuat atau lebih ringan dari biasanya
  • Aliran darah tidak teratur
  • Aliran darah berat

Perubahan ini akan berkurang sampai hormon seimbang dan tubuh menyembuhkan menstruasi tidak akan normal. Terkadang ibu mungkin tidak menstruasi selama berbulan-bulan.

Kapan Harus Bertenu Dokter Setelah Melahirkan Caesar Tidak Mesntruasi Berbulan-bulan?

Jika setelah melahirkan caesar tidak menstruasi hingga berbulan bulan dan tidak kembali normal dan melihat beberapa perubahan yang tidak biasa. Alahngkah baiknya jika ibu memeriksakan diri ke dokter. Penyebab kekhawatiran bisa jadi karena :

Jika mengalami pendarahan hebat selama lebih dari 2 atau 3 siklus, berarti ibu berendam melalui lebih dari satu tampon atau dalam 1 atau 2 jam. Dokter akan memeriksa masalah hormonal atau uterus.
Jika periode tidak kembali setelah 6 bulan atau lebih lama. Dokter akan memeriksa amenore sekunder, kehamilan atau kondisi lainnya.

baca juga : Cara Alami Kurangi Rasa Nyeri Setelah Operasi Caesar

Tahukah Kamu?

1. Melahirkan caesar tidak akan menunda menstruasi

Melahirkan caesar tidak berpengaruh pada seberapa cepat siklus menstruasi akan berlanjut. Periode bulanan sepenuhnya bergantung pada perubahan hormonal. Setelah kembali normal seperti selama sebelum kehamilan.

2. Siklus menstruasi mungkin lebih ringan dan kurang menyakitkan

Beberapa wanita menstruasi pertama lebih terasa ringan, kurang menyakitkan dan lebih pendek. Kram lebih ringan karena peregangan rahim selama kehamilan, juga kadar progesteron yang tinggi selama kehamilan akan meringankan gejala menstruasi.

3. Menstruasi tidak teratur

Banyak faktor yang memperngaruhi keteraturan : berat badan, stres, dan masalah tiroid. Beberapa wanita juga akan mengalami menstruasi yang tidak teratur karena mereka dapat mencapai perimenopause. Hal itu mungkin akan dimulai pertengahan umur 30an, tetapi kebanyakan dari mereka akan mencapai usia 40an.

4. Pendarahan setelah melahirkan

Baik ibu melahirkan caesar atau melahirkan normal akan mengalami keputihan disertai pendarahan disebut juga Lochia (kata yunani yang berarti ‘berhubungan dengan kelahiran bayi’). Dalam istilah medis ini bukan siklus ibu tetapi kliring umum dari jaringan uterus.

Melahirkan caesar dapat menyebabkan pendarahan hebat dalam beberapa hari pertama. Mungkin karena sayatan selama operasi dan perbaikan dinding uterus. Jangan gunakan tampon (pembalut) selama 6 minggu karena meningkatkan resiko infeksi rahim dan vagina. Meskipun alirannya deras harus selalu memeriksakannya. Segera periksakan ke dokter jika terjadi seperti bau busuk disertai demam yang bisa menjadi tanda infeksi pascapartum atau kedinginan mendadak untuk buang air kecil hampir seminggu setelah melahirkan.

*** Semoga Bermanfaat ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *