Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Berhubungan Setelah Melahirkan Caesar?

Setelah melahirkan caesar kapan boleh berhubungan – Setelah melahirkan caesar dan sedang dalam masa pemulihan bekas luka pasca operasi. Aktifitas seksual di kamar tidur tentunya akan menjadi hal akan Anda pikirkan. Anda juga akan bertanya – Tanya “Setelah Melahirkan Caesar Kapan Boleh Berhubungan?”.  Banyak yang menganggap berhubungan seksual akan lbih mudah dilakukan setelah melahirkan caesar. Tidak sepenuhnya pernyataan itu tepat, menurut penelitian bahwa wanita yang melahirkan normal ataupun melahirkan caesar sama – sama mengalami hambatan saat ingin kembali berhubungan. Terutama bagi para pria yang mungkin berpikiran bahwa melahirkan caesar hanya akan sedikit memperngaruhi aktifitas suami istri. Mereka menganggap bahwa cara ini tidak menimbulkan trauma pada daerah vagina.

Setelah melahirkan caesar kapan boleh berhubungan

Berhubungan seksual akan mengalami masalah dalam 3 bulan pertama setelah melahirkan baik melahirkan normal ataupun melahirkan caesar. Hanya saja proses pemulihan setelah melahirkan caesar sedikit berbeda yaitu lebih focus pada area perut. Staples yang direkatkan pada jahitan setelah melahirkan caesar biasanya akan diangkat selama satu minggu. Bekas luka jahitan dianggap benar – benar sembuh sekitar 6 minggu setelah caesar. Tetapi setiap wanita berbeda – beda, senagian ada yang berhubungan seksual lebih cepat da nada juga yang lambat.

Setelah melahirkan caesar kapan boleh berhubungan? Berikut akan saya bahas mengenai hal tersebut.

  • Setelah masa nifas

Pendarahan yang ditimbulkan pada operasi caesar lebih sedikit dan bahkan kebanyakan pasien tidak banyak pendarahan pada vagina. Tetapi akan masih tetap mengalami pendarahan selama 6 minggu. Masa 6 minggu itu disebt dengan masa nifas (puerperium). Selama masa ini rahim akan kembali ke ukuran normal dan leher rahim akan menutup kembali.

Darah nifas bercampur sisa darah, kelenjar dan jaringan uterus, sel – sel degeratif, sel – sel mati, dan sisa sel –sel endometrium. Selain itu masa nifas merupakan masa bagi tahim untuk membersihkan diri. Hal inilah yang menjadi alasan menghindari berhubungan seksual segera setelah melahirkan. Untuk memberi kesempatan bagi rahim wanita untuk sembuh sekaligus untuk mencegah terjadinya infeksi.

  • Setelah pemulihan bekas luka

Waktu pemulihan bagi rahim setelah melahirkan caesar ataupun normal sama saja. Namun, pemulihan luka pada area abdomen atau perut ibu melahirkan caesar berbeda dengan melahirkan normal. Jahitan pada sayatan harus dilepaskan dalam waktu seminggu setelah caesar.

Masa pemulihan luka melahirkan caesar harus banyak protein dan menjaga jahitan bekas operasi jangan sampai terbuka atau infeksi. Setelah melahirkan caesar waktu yang tepat untuk berhubungan yaitu 6 minggu setelah operasi.

  • Mendapat persetujuan dokter

Masih merasa ragu atau tidak percaya diri mengenai berhubungan seksual setelah melahirkan caesar. Temui dokter kandungan dan mendapat persetujuan adalah solusi terbaik untuk Anda. Dokter akan menjelaskna bahwa waktu yang tepat untuk memulai berhubungan  sekitar 6 minggu setelah operasi. Menghindari berhubungan seksual sesegera mungkin supaya tidak terjadi infeksi sekaligus waktu pemulihan yang semakin lama.

6 minggu setelah melahirkan caesar Anda dapat menemui dokter untuk menjalani pemeriksaan dan memastikan bahwa rahim, organ kewanitaan, dan luka operasi telah pulih dengan baik.

  • Setelah nyeri hilang saat berhubungan

Beberapa wanita ada yang mengeluh merasakan sakit atau nyeri saat berhubungan seks. Meskipun berhubungan 6 minggu setelah melahirkan caesar. Daerah sekitar sayatan mungkin akan terasa tidak nyaman, mati rasa atu kesemutan. Hal tersebut akan dirasakan hingga beberapa bulan setelah operasi dan hal ini bersifat normal. Sebaiknya untuk berhubungan lakukan ketika sudah tidak merasakan nyeri.

Berhubungan pertama kali setelah melahirkan akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Saling berkomunikasi dan saling terbuka satu sama lain akan jauh lebih baik.

Setelah Melahirkan Caesar Kapan Boleh Berhubungan Seks? Kali ini saya akan bagikan tips berhubungan seks dengan baik :

  1. Buang air kecil sebelum berhubungan atau mandi air hangat supaya badan rileks.
  2. Komunikasi dengan pasangan sebelum berhubungan, supaya membuatmu merasa rileks.
  3. Memilih posisi berhubungan seks yang menghindari sekitar perut.
  4. Usahakan agar tetap rileks, karena berhubungan tidak hanya secara fisik melainkan kondisi emosi juga.
  5. Hindari terburu – buru saat berhubungan, karena membutuhkan penyesuaian.
  6. Konsultasikan pada dokter jika setelah berhubungan terjadi pembengkakan di area jahitan, timbul kemeraha atau bahkan jahitan tampak terbuka.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *