Tips dan Penyebab Sakit Pinggang Setelah Melahirkan Caesar

Sakit pinggang setelah melahirkan caesar

sakit pinggang setelah melahirkan caesar
sakit pinggang setelah melahirkan caesar

Sakit pinggang setelah melahirkan caesar – Merasakan sakit pinggang setelah melahirkan caesar mungkin akan terasa tidak nyaman dan sangat umum terjadi setelah melahirkan caesar. Mungkin hal tersebut akan dirasakan beberapa hari oleh ibu, hal tersebut terjadi karena kurang tidur, pendarahan nifas sampai rasa sakit akibat jahitan. Baik itu karena episotomi ataupun caesar. Belum lagi kadang muncul rasa sakit pada punggung maupun daerah panggul atau bokong. Sehingga membuat ibu merasa sulit atau nyeri ketika berjalan, ketika ingin membalikkan badan atau ingin bangun dari tidur.

Dari empat juga bayi yang lahir setiap tahun, hamper sepertiga lahir melalui operasi caesar. Mayoritas melahirkan caesar membutuhkan obat pereda nyeri yang diberikan di sekitar atau ke dalam cairan tulang belakang ibu. Umumnya komplikasi terjadi segera setelah anestesi epidural atau spinal telah diberikan. Misalnya menggigil, tekanan darah yang labih rendah dari normal, kesemutan atau mati rasa di punggung, sakit pinggang, dan sakit kepala. Simak penyebab dan tips mengatasi sakit pinggang setelah melahirkan caesar.

Penyebab Sakit Pinggang Setelah Melahirkan Caesar

Bekas luka sebagai penyebab sakit pinggang setelah melahirkan caesar. Banyak wanita mengalami nyeri pinggang selama pemulihan dari operasi caesar. Mereka yang memancar dari sacrum, bokong bagian atas dan puncak pinggul. Rasa sakit pada pinggang setelah melahirkan caesar sebenarnya masih ada hubungannya dengan rasa nyeri yang ibu alami sewaktu hamil, terutama trimester akhir kehamilan. Rasa nyeri pada pinggang dan sekitarnya saat hamil tua berkaitan dengan berubahnya titik berat tubuh , seiring dengan membesarnya rahim dan pertumbuhan janin. Titik berat tubuh akan cenderung menjadi condong ke depan.

sakit pinggang setelah melahirkan caesar
sakit pinggang setelah melahirkan caesar

Keterlibatan faktor hormonal yang menyebabkan beberapa sendi menjadi tidak stabil dan mudah nyeri. Nyeri ini akan hilang dalam kurun waktu beberapa bulan. Alasan lain untuk nyeri pinggang setelah melahirkan caesar karena lapisan atas kulit terakumulasi di tulang belakang selama operasi yang menjadikan penyebab sakit pinggang setelah melahirkan caesar. Ada jenis pergeseran keseimbangan dari otot perut ke oto punggung, mengulur – ulur otot panggul, dan menggangu tulang belakang yang rapuh.

Masalah pinggang dapat secara tidak sengaja diperparah oleh ibu yang mungkin tidak mempraktekkan postur yang baik saat menyusui. Seperti duduk membungkuk, menegakkan otot – otot leher dan punggung. keletihan dan stress yang mungkin ibu alami dari mengurus kebutuhan bayi lahir juga dapat membuatnya jauh lebih sulit untuk pulih dan sakit pinggang setelah melahirkan caesar.

Bukan hanya itu saja, penyebab sakit atau nyeri punggung pada ibu disebabkan juga karena meningkatnya Hormon Relaksasin yang dilepaskan selama masa kehamilan. Hal ini akan menyebabkan pelunakan ligament seluruh tubuh dan membuat otot abdomen serta persendian tulang – tulang panggul merenggang. Proses alami ini sebenarnya adalah persiapan yang dilakukan tubuh ibu untuk proses persalinan. Akibatnya otot – otot sekitar pinggang dan panggul harus bekerja lebih keras untuk endukung tubuh. Sehingga menimbulkan rasa sakit selama masa kehamilan bahkan setelah melahirkan. Karena rasa trauma pada beban berat selama masa kehamilan.

Sakit pinggang dapat menjadi lebih parah lagi, karena beberapa penyebab sebagai berikut :

  • Aktifitas yang membebani tubuh padahal otot- otot masih melemah.

Otot – otot yang masih lemah akan semakin terasa sakit, karena ibu melakukan aktifitas yang membebani tubuh. Seperti mengendong bayi, posisi menyusui yang kurang tepat atau pertambahan berat badan selama kehamilan dan menyusui.

  • Sakit pinggang setelah melahirkan caesar

Melahirkan caesar mengharuskan ibu utuk sering berbaring di tempat tidur selama hamper 3 bulan. Ini akan membuat otot – otot tidak banyak digerakkan, sehingga terjadi tekanan sakit pinggang dan bisa memperburuk kondisi nyeri Postpartum. Kondisi ini tidak menutup kemungkinan diakibatkan oleh masalah lain. Misalnya karena gejala Symphisis Pubis Disfunction (SPD) atau Pain Girdle Pelvis (PGP). Dimana merupakan suatu kondisi yang menyebabkan nyeri pada satu atau lebih sendi panggul atau daerah bokong, sehingga membuat sulit untuk berjalan. Kejadian ini tidak hanya terjadi oleh wanita hamil bisa saja terjadi pada laki – laki sebagai akibat dari cidera atau trauma.

  • Anestesi epidural saat proses persalinan

Hal ini dilakukan bila ibu mengalami persalinan yang lama dan sulit sehingga dilakukan injeksi yang dimasukkan ke dalam sumsum tulang belakang. Tindakan ini kerap memicu sakit pinggang sete;ah melahirkan caesar.

Tips meringankan sakit pinggang setelah melahirkan caesar.

Jika ibu merasakan sakit pinggang setelah melahirkan caesar, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter dan lakukan pemeriksaan meyeluruh untuk menyingkirkan masalah yang serius. Dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan Ultrasonografi (USG) untuk mencari kemungkinan penyebab dari nyeri pinggang. Mengingat ini terjadi setelah melahirkan, jika sudah diketahui dokter akan memberikan tindakan. Seperti memeberi obat pereda rasa nyeri, masehat atau saran yang harus dilakukan. Bisa juga memberikan rujukan untuk ke dokter spesialis saraf dan penyakit dalam atau ke doter ortopedi.

sakit pinggang setelah melahirkan caesar
sakit pinggang setelah melahirkan caesar
Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan sakit pinggang setelah melahirkan caesar :
  • Olahraga ringan seperti pilates, pilates adalah latihan yang baik untuk sakit pinggang setelah melahirkan caesar. Karena jenis latihan ini memperkuat otot perut yang tegag selama operasi. Peregangan otot sempurna untuk memulihakn dari melahirkan caesar dan mulai meringankan sakit pinggang. Jika menginginkan latihan perut yang berat, ada baiknya konsultasi dengan dokter. Karena jika tidak dapat ijin dari dokter akibatnya bisa merobek jahitan atau menyebabkan luka dalam jika terlalu cepat.
  • Gerakan memiringkan panggul, memiringkan panggul dilakukan dengan berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan teapak kaki menapak di lantai. Miringkan tulang ekor kea rah pusar sambil menjaga pinggul di lantai dengan gerakan halus. Di bagian atas kemiringan, kencangkan otot pantat lalu lepaskan. Ulangi 8 – 10 kali, namun tunggu setidaknya 8 – 10 minggu setelah melahirkan caesar.
  • Lakukan kompres hangat atau dingin pada lokasi yang terasa sakit atau bila diperlukan ibu bisa mandi air hangat untuk melancarkan peredaran darah dan meredakan kekakuan otot didaerah punggung.
  • Memperhatikan keadaan tempat tidur, jangan terlalu melengkung
  • Berjemur pada sinar matahari di pagi hari, untuk pembentukan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium untuk tulang.
  • Bila rasa nyeri tidak tertahankan, ibu bisa mengonsumsi obat pereda rasa nyeri yang telah diresepkan oleh dokter.
  • Ibu bisa meminta bantuan suami untuk melakukan pemijatan pada area punggung atau pinggang yang terasa sakit. Tubuh ibu akan mengeluarkan Hormon Endorphin, yaitu hormone alami yang diproduksi tubuh sebagai penghilang rasa nyeri dan rileksasi yang paling baik.
  • Cara memberikan ASI pada si kecil dengan tubuh tegak atau punggung lurus.
  • Ketika akan menggendong bayi usahakan terlebi dahulu mendekatkan diri dengan bayi. Hindari mengambil bayi dengan keadaan tangan terenggang.
  • Jika ingin mengambil sesuatu dilantai sebaiknya ibu berlutut dulu dan sekaligus melatih otot perut.

artikel terkait :

Bunda, Mungkinkah Melahirkan Normal Setelah 2 Kali Caesar?

Tips – Tips Merawat Luka Setelah Caesar Yang Baik

Penyembuhan Luka Pasca Operasi Caesar Menggunakan Obat Herbal

Berapa Lama Masa Penyembuhan Luka Pasca Operasi Caesar

Pantangan Setelah Melahirkan Caesar Yang Harus Diketahui!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *