Pijat Setelah Operasi Caesar, Amankah Untuk Dilakukan?

Pijat Setelah Operasi Caesar

pijat setelah operasi caesar
pijat setelah operasi caesar

Kondisi badan setelah melahirkan pastinya akan berbeda dengan sebelum melahirkan dan sebelum hamil. Selama kehamilan badan ibu akan terasa lebih cepat cape apalagi jika kehamilan sudah semakin membesar. Badan terasa pegal-pegal ingin rasanya untuk dipijat, demikian pula setelah melahirkan normal ataupun melalui operasi caesar badan juga akan terasa lelah. Ibu pasti menginginkan badannya untuk di pijat supaya menjadi lebih baik lagi. Tetapi amankah pijat setelah operasi caesar dilakukan? Simaklah penjelasan mengenai pijat setelah operasi caesar dibawah ini.

Melahirkan melalui operasi Caesar berarti mengeluarkan bayi melalui sayatan dari perut sang ibu, bukan dari vagina. Sebelum pembedahan, dokter akan melakukan anestesi (pembiusan) epidural, sehingga membuat daerah perut menjadi mati rasa saat melakukan proses sayat di area perut bagian bawah.

Pijat Setelah Operasi Caesar?

Pemijatan bagi ibu pasca operasi sesar sebenarnya dilarang dilakukan dengan beberapa kondisi, seperti dapat terjadi infeksi pada luka yang menyebabkan kulit memerah dan mengeluarkan cairan bening atau nanah, luka yang belum menutup sempurna, memiliki alergi kulit, dan ibu yang mengalami komplikasi persalinan, misalnya sakit jantung, tekanan darah tinggi, atau perdarahan. Namun ada juga yang bilang jika pijat setelah operasi caesar aman saja untuk dilakukan, selama melakukan tindakan pencegahan tertentu. Seperti semua pijat, pijat pasca kehamilan memiliki banyak manfaat. Terlepas dari bagaimana ibu melahirkan, hal ini dapat menenangkan rasa sakit, melemaskan otot yang tegang, da meremajakan fisik maupun emosional. Penting untuk memlih pemijat yang berpengalaman dalam memberikan pijat setelah operasi caesar. Ada beberapa hal yang perlu diingat jika melahirkan melalui operasi caesar. Rasa sakit mungkin akan sangat terasa di derah sekitar luka, kebanyakan dokter meminta untuk menunggu beberapa minggu sebelum pijat.

pijat setelah operasi caesar
pijat setelah operasi caesar

Hal ini dikarenakan kemungkinan terjadinya komplikasi  seperti infeksi dan demam yang biasanya terjadi dalam 2 minggu pertama. Alangkah baiknya jika membiarkan luka sembuh dulu sebelum melakukan pemijatan. Luka ini lebih cepat sembuh daripada memar dalam, pegal, dan nyeri. Jadi, hindarilah area sekitar perut dan lakukan pijatan pada kepala, kaki, dan lengan atau bahkan bisa melakukan pijat pada punggung sambil duduk. Para ahli mengatakan ini dapat membantu mengurangi bekas luka dan menyembuhkan lapisan luka yang lebih dalam. Ini juga dapat membantu mencegah jaringan ibu saling menempel, tetapi jangan terlalu memaksakan diri untuk pijat setelah operasi caesar. Jika ibu merasa siap untuk dipijat, carilah tukang pijat yang memiliki usapan lembut terutama di area sekitar luka.

baca juga : Makan Putih Telur Pasca Operasi Caesar, Benarkah Mempercepat Penyembuhan Luka?

Pijat setelah operasi caesar maupun melahirkan normal memiliki banyak manfaat. Sangat penting untuk ibu mendapatkan pijat rutin setelah melahirkan. Pemijatan yang teratur akan membantu ibu mendapatkan kembali kekuatan setelah melahirkan. Ibu akan diberikan bantuan untuk melemaskan otot-otot yang tegang dan membantu tubuh melepaskan endorfin yang akan menenangkan rasa sakit di tubuh. Ini juga akan mengusir racun dalam aliran darah da bahkan meningkatkan sirkulasi darah. Pijat setelah operasi caesar juga membantu ibu mengatasi depresi, stres, dan kecemasan.

Berapa lama harus menunggu agar dapat  pijat setelah operasi caesar?

Beberapa dokter menyarankan agar ibu menunggu, jika ingin pijat setelah operasi caesar sampai luka benar-benar sembuh. Biasanya memakan waktu 6-7 minggu, setelah operasi caesar terutama dalam 2 minggu pertama tubuh sangat rentan dan sensitif terhadap infeksi. Ibu harus memberi cukup waktu untuk pemulihan agar dapat pijat setelah operasi caesar. Namun, ibu dapat melakukan pijat kepala, lengan, dan kaki serta meninggalkan area perut. Perlukah luka bekas operasi caesar dipijat? Perlu, mengapa demikian? Karena bekas luka operasi caesar bukan luka alami. Selama proses penyembuhan jaringan mulai terbentuk secara tidak teratur. Jaringan mungkin tumpang tindih dan dapat mulai terakumulasi di organ-organ ibu. Proses ini dapat membahayakan rahim, kandung kemih, da bahkan usus besar. Memijat luka bekas operasi caesar dengan lembut setelah benar-benar sembuh akan membatasi jaringan untuk menumpuk di organ-organ ibu dan menjaga sistem internal yang sehat.

baca juga : Luka Bekas Operasi Caesar Susah Kering? Ini Solusinya!!!

Hanya karena luka bekas caesar telah sembuh bukan berarti bahwa ibu disembuhkan secara internal. Tidak memijat bekas luka akan mengakibatkan konsekuensi yang parah dalam jangka panjang. Mungkin ibu mengalami sakit punggung dan bahkan nyeri panggul, masalah susah buang air kecil juga bisa terjadi. Ada beberapa step yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan pijat setelah operasi caesar, sebagai berikut :

  • Pastikan Luka Sudah Sembuh, Pertama harus memastikan bahwa luka sudah kering, biasanya berlangsung 6-8 minggu pasca operasi. Semakin cepat dilakukan pijatan setelah lukanya benar-benar sembuh, maka semakin baik. Namun demikian, tidak ada kata terlambat untuk memulai pijatan bahkan ketika ternyata anak sudah ga bayi lagi.
  • Pijat Bagian Kulit Terluar, Lebih tepatnya sebenarnya sentuh dengan lembut pada bagian luar. Bukan kayak pijat di lokasi lain yang tidak ada luka. Kalau masih terasa nyeri, bisa mulai dari kulit di bagian atas dan bawah bekas operasi. Pelan-pelan disentuh sambil dirasakan arah otot-ototnya, kalau ada yang kaku, pijat lembut kurang lebih 60-90 detik.
  • Pijat Bagian Otot di Bawah Kulit, Setelah luka terasa lebih bisa mentolerir sentuhan, cobalah untuk menekan bagian perut di sekitar luka dengan lebih dalam. Rasakan apakah ada otot-otot yang kaku, jika ada, berikan sedikit tekanan untuk melemaskan otot-otot yang kaku tersebut. Gerakannya sama seperti di step sebelumnya, Ingat selalu bahwa tidak memaksa otot-otot untuk segera rileks, melainkan memijat lembut saja dengan tekanan seperlunya.
  • Pijat Bagian Dalam, Di bawah dua layer sebelumnya terletak kantung kemih dan rahim. Untuk membantu organ-organ tersebut benar-benar tepat lokasinya dan tidak ada perlengketan pada saat proses penyembuhan luka, bisa dengan mengecek dan menekan jari kita di sekitar panggul lebih dalam. Lebih efektif jika dengan berbaring, pastikan otot-otot yang lebih dalam mampu bergerak fleksibel untuk meyakinkan proses ini berlangsung dengan baik. Sangat penting untuk melakukan step ini karena step inilah yang diyakini mengurangi risiko low back pain dan frekuensi berkemih yang abnormal di masa mendatang.
pijat setelah operasi caesar
pijat setelah operasi caesar

Selain melakukan pijat setelah operasi caesar, banyak juga ibu setelah melahirkan caesar mencari obat agar luka bekas operasi dapat kering lebih cepat. Nah, untuk itu saya rekomendasikan salah satu obat herbal yang terpercaya dan sudah teruji keasliannya dengan terdaftar dalam BPOM dan label HALAL MUI. Apakah obat itu? Obat tersebut bernama Kapsul Kutuk Premium, 100% terbuat dari bahan alami dengan mengandung ekstrak ikan gabus atau ikan kutuk yang memiliki protein albumin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

pijat setelah operasi caesar

pijat setelah operasi caesar

Konsultasi dan Pemesanan

Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *