Waspada! Perut Sakit Setelah Operasi Caesar, Inilah Penyebabnya!!!

Perut Sakit Setelah Operasi Caesar

perut sakit setelah operasi caesar
perut sakit setelah operasi caesar

Melahirkan memanglah suatu peristiwa yang mungkin tidak semua wanita dapat merasakannya, tergantung rejeki masing-masing diberikan keturunan atau tidak oleh Allah. Namun, semua wanita pastinya sangat menginginkan hal tersebut dirasakan supaya dapat merasakan perjuangan seorang ibu yang telah melahirkannya dulu. Ada 2 pilihan cara melahirkan yang dapat bunda rasakan yaitu melahirkan normal dan melahirkan caesar. Nah, kali ini akan dibahas mengenai melahirkan melalui operasi caesar. Sudah banyak ibu yang memilih cara ini untuk mengeluarkan janin dalam kandungannya. Perlu bunda tahu, melahirkan melalui operasi caesar ini memiliki lebih banyak resiko dibanding dengan melahirkan normal. Salah satu yang mungkin bunda alami yaitu perut sakit setelah operasi caesar. Simaklah uraian perut sakit setelah operasi caesar yang mungkin bunda rasakan.

Benang Jahitan Sebabkan Perut Sakit Setelah Operasi Caesar?

Operasi caesar merupakan operasi besar yang ditujukan untuk mengeluarkan janin secara paksa dari dalam rahim. Dikarenakan operasi caesar termasuk opersi besar, maka masa penyembuhannya lebih lama dibanding dengan melahirkan normal. Selama masa pemulihan luka bekas jahitan, sebaiknya bunda membatasi aktifitas agar tidak terlalu banyak gerak dan tidak diperkenankan untuk mengangkat benda berat. Sehingga masa pemulihan luka bekas operasi dapat lebih cepat, namun rasa sakit pada perut setelah beberapa minggu operasi caesar masih dianggap wajar. Operasi di daerah perut termasuk operasi caesar inimembutuhkan waktu masa pemulihan minimal 4 minggu atau bisa juga lebih lama.

Hal ini dikarenakan lapisan dinding perut terdiri dari banyak lapisan, seperti kulit, lapisan bawah kulit, lemak, otot, peritoneum, dan rahim. Saat operasi lapisan ini disayat dan dijahit satu persatu dan waktu penyembuhan yang berbeda-beda. Sehingga wajar apabila beberapa minggu terasa sedikit nyeri atau ngilu. Bahkan ada yang merasakan tarikan/rasa nyeri pada gerakan tertentu setelah beberapa bulan. Jika perut sakit setelah operasi caesar bagian kanan dapat terjadi karena :

  • Nyeri bekas operasi
  • Usus buntu
  • Infeksi usus
  • Infeksi ginjal (lebih dominan nyeri pada punggung)

Benang jahitan tak sepenuhnya yang sebabkan perut terasa sakit setelah operasi caesar, jika perut sakit setelah operasi caesar dikarenakan benang jahitan kemungkinan benang jahitan itu tidak cocok dan tubuh menganggap itu adalah benda asing. Jika terjadi sesuatu pada benang jahitan alangkah baiknya konsultasikan ke dokter agar tidak membahayakan tubuh. Batuk terus menerus juga bisa menjadi sebab perut terasa sakit/nyeri, maka jika batuk cobalah tahan perut bunda dan usahakan tidak batuk terlalu kencang. Selain itu untuk mencegah perut sakit setelah operasi caesar hindarilah mengejan terlalu keras dan tahan perut saat tertawa kencang.

perut sakit setelah operasi caesar
perut sakit setelah operasi caesar

Lalu jika ada masalah pada bekas jahitan seperti infeksi, hal tersebut dikarenakan adanya pertumbuhan bakteri pada bekas jahitan bunda. Ini lebih sering terjadi pada bunda yang berisiko tinggi seperti memiliki diabetes, penyakit autoimun, komplikasi kehamilan. Tanda-tanda terjadinya infeksi pada bekas jahitan antara lain :

  • Nyeri, bengkak, atau kemerahan di tempat luka
  • Luka mengeluarkan nanah
  • Perut Anda terasa sakit
  • Demam lebih dari 38° C
  • Masalah saat buang air kecil, seperti nyeri, sensasi terbakar, atau bahkan tidak dapat buang air kecil
  • Keputihan dengan bau tidak enak
  • Perdarahan berlebihan dari vagina Anda, setidaknya dalam waktu satu jam
  • Terdapat gumpalan darah dari vagina
  • Sakit atau bengkak pada kaki

Penanganan segera sangat diperlukan. Jika dibiarkan terus-menerus, bunda mungkin berisiko untuk mengalami sepsis. Sepsis yaitu infeksi yang dapat menyerang seluruh aliran darah, tanda-tanda sepsis adalah menggigil, peningkatan detak jantung, napas cepat, dan demam tinggi yang datang tiba-tiba.

Selain perut sakit setelah operasi caesar, bunda juga bisa mengalami rasa gatal pada sekitar bekas jahitan. Setelah operasi  7 lapisan dinding perut dibuka dan kemudian ditutup kembali dengan jahitan, wajar saja jika kemudian terasa gatal. Karena dinding perut sedang melakukan proses penyembuhan pasca operasi caesar. Rasa gatal mungkin disebabkan infeksi yang muncul akibat peradangan dengan tanda kemerahan di kulit, terasa panas, dan sakit jika ditekan. Gatal juga bisa disebaban oleh reaksi kulit yang berlebihan, tandanya kulit menebal dan mengeras hingga muncul keloid. Bunda bisa mengusapnya untuk meredakan gatal dan tidak menggunakan celana ketat yang dapat menggesek jahitan.

Beginilah Cara Mengatasi Perut Sakit Setelah Operasi Caesar

Menurut dr. Judi Januadi Endjun, SpOG dari RS Gatot Subroto, Jakarta, memang tak dapat dipungkiri ada sejumlah keluhan pasca operasi sesar yang dialami seorang ibu. Namun tak perlu dikhawatirkan secara berlebihan karena semua itu ada solusinya. “Patuhi saja nasihat dan petunjuk dari dokter untuk meminimalkan rasa nyeri dan menimbulkan perasan nyaman,” pesan Judi.

perut sakit setelah operasi caesar
perut sakit setelah operasi caesar

Jika bunda melahirkan melalui operasi caesar dan mengalami masalah perut sakit setelah operasi caesar memanglah cara mengatasinya membutuhkan waktu beberapa minggu atau bahkan bisa berbulan-bulan. Tetapi jika perut sakit setelah operasi caesar berasal dari bekas luka, maka ada baiknya perhatikan beberapa hal ini berikut, antara lain :

  • Makanan bergizi terutama tinggi protein untuk membantu mempercepat proses penyembuhan
  • Hindari kegiatan yang terlalu banyak melakukan pergerakan seperti membungkuk, sit up, mengepel lantai dengan tangan
  • Banyak konsumsi air putih minimal 2L/hari
  • Jaga kebersihan luka operasi, apabila bekas luka belum benar-benar kering sebaiknya hindari terkena air saat mandi. Tetapi bagaimanapun juga luka tetap dibersihkan dengan sedikit air agar tetap bersih, untuk menghindari air saat mandi dapat menggunakan plester anti air.
  • Konsultasikan dengan dokter jika bunda mengalami masalah, sehingga dapat mengevaluasi apakah luka operasi ada infeksi atau tidak
  • Hindari hubungan seksual selama nyeri masih mengganggu
  • Konsumsi obat pereda nyeri, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter
  • Konsumsi juga makanan yang kaya akan serat agar terhindar dari konstipasi yang bisa memperparah rasa sakit

Jika rasa nyeri tak berkurang (melebihi masa nifas) dan disertai gejala lokal pada bekas luka seperti pembengkakan, kemerahan, keluar nanah, ada baiknya konsultasikan ke dokter agar dokter dapat menentukan penyebab peramasalahan yang bunda alami.

artikel terkait :

Advertisement

perut sakit setelah operasi caesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *