Inilah Cara Mengatasi Perut Besar Setelah Melahirkan Caesar

Mengatasi perut besar setelah melahirkan caesar

perut besar setelah melahirkan caesar
perut besar setelah melahirkan caesar

perut besar setelah melahirkan caesar – Kali ini akan membahas tentang cara mengatasi perut besar setelah melahirkan caesar. Melahirkan adalah suatu hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap ibu hamil. Ibu yang memilih melahirkan secara caesar akan menimbulkan bekas luka jahitan yang harus dirawat dengan baik dan benar supaya tidak terjadi komplikasi. Selain itu, beberapa ibu mungkin akan terkejut melihat perut besar setelah melahirkan caesar seperti saat hamil 6 bulan. Jangan khawatir, memang butuh waktu bagi tubuh ibu terutama perut untuk benar-benar kembali pada bentuk asalnya pasca melahirkan.

Kapan Bentuk Perut Besar Setelah Melahirkan Caesar Kembali Normal?

Tak sedikit wanita setelah melahirkan bisa kembali mendapatkan bentuk badannya seperti sebelum hamil, tidak perlu khawatir. Pada dasarnya wanita membutuhkan waktu berbulan-bulan agar tubuh kembali ideal. Kesabaran merupakan salah satu kuncinya, perut memerlukan 9 bulan peregangan untuk menampung bayi. Jadi masuk akal bila untuk mengencangkan kembali diperlukan waktu berbulan-bulan. Kecepatan dan tingkat transisi ini tergantung pada ukuran tubuh normal.

Jika seorang wanita mengalami kenaikan 13 kg dan berolahraga secara teratur selama kehamilan, menyusui, dan baru memiliki anak lebih mungkin untuk langsing dengan cepat. Apabila iu tidak menyusui, sebaiknya perhatikan asupan makanan dan kurangi asupan kalori untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Selain itu agar perut besar setelah caesar dapat kembali seperti sebelum hamil.

baca juga : TIPS PENYEMBUHAN PASCA OPERASI CAESAR YANG AMAN DAN MUDAH

Hal lain seperti yang dipaparkan baby center, saat bayi lahir. Perubahan hormon menyebabkan rahim sulit untuk menyusut kembali pada ukuran pra-kehamilan. Dibutuhkan waktu 6-8 minggu untuk mengembalikan rahim ke ukuran semula. Strech mark yang timbul pra-kehamilan biasanya akan memudar dari 6-12 bulan setelah melahirkan. Pigmentasi akan terjadi lebih mudah dan biasanya permukaannya menjadi lebih ringan dan kulit disekitarnya tapi teksturnya tetap sama.

Sebenarnya segera setelah melahirkan, berat badan dan ukuran perut sudah berkurang sekitar 5,4 kg. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari berat badan bayi, plasenta, serta banyaknya darah dan air ketuban yang keluar. Mengencangkan perut setelah melahirkan tergantung pada beberapa faktor, diantaranya adalah keturunan, bentuk dan ukuran tubuh sebelum mengandung, berapa banyak berat badannya naik selama masa kehamilan, dan berapa banyak ibu bergerak atau berolahraga.

Penyebab perut besar setelah melahirkan caesar yaitu sebagai berikut :

Ketika seorang wanita hamil tubuhnya akan terlihat berbeda dadi sebelum hamil. Tubuhnya akan menjadi lebih melebar atau lebih berisi. Salah satunya ibu yang telah melahirkan mengeluh karena berat badannya tak kunjung turun setelah melahirkan. Ada beberapa ibu juga yang mengeluh perut besar setelah melahirkan caesar , karena masih sama seperti ketika sedang hamil. Berikut penyebab perut besar setelah melahirkan caesar yang perlu ibu ketahui :

1. Makanan manis

Perut besar atau buncit biasanya akan identik dengan makanan. Jika sudah melahirkan namun perut terasa besar, maka penyebabnya karena makanan. Biasanya setelah makan, ibu akan cenderung makan secara berlebihan dan tak terkontrol. Sehingga bisa membuat perut jadi kemabli besar dan terlihat seperti hamil kembali. Oleh karena itu, setelah melahirkan caesar disarankan supaya ibu terlebih dahulu menjauhi makanan yang manis-manis. Karena itu bisa menyebabkan perut besar atau buncit, kondisi ini menyebabkan bahaya caesar sebagai efek samping jangka panjang.

2. Produk susu

Perut besar setelah melahirkan caesar ungkin karena ibu suka mengonsumsi produk yang terbuat dari susu terutama susu sapi. Produk susu seperti es krim, susu skim, dan masih banyak lagi dan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memebuat ibu mengalami kelebihan berat badan. Tidak ada salahnya utuk mengurangi konsumsi produk susu selama masa pemulihan setelah melahirkan caesar.

3. Konsumsi karbohidrat berlebihan

Penyebab perut besar setelah melahirkan caesar lainnya yaitu konsumsi karbohidratsecara berlebihan. Terutama karbohidrat yang kompleks bisa mengakibatkan ibu mengalami kelebihan berat badan. Maka dari itu kami sarankan agar perut tidak besar setelah melahirkan caesar untuk menghindari makan karbohidrat secara berlebih. Seperti bahan makanan yang terbuat dari gandum, konsumsi secukupnya.

4. Malas gerak

Setelah melahirkan caesar, ibu akan mengalami rasa sakit terutama dibagian perut karena bekas jahitan yang membuat agak sulit bergerak. Walau dalam masa pemulihan membutuhkan banyak istirahat, namun setidaknya ibu juga harus melakukan gerakan seperti berjalan di dalam rumah. Jika malas bergerak dan hanya makan tidur, maka itu bisa membuat perut jadi besar atau buncit.

baca juga : Tanda Luka Pasca Operasi Caesar Telah Sembuh!

5. Masalah pencernaan

Perut besar setelah melahirkan caesar tidak selalu karena lemak. Ibu juga harus memperhatikan gejala lainnya, jika perut yang besar itu sangat tidak nyaman atau sering mengalami buang gas dan perut kembung. Maka bisa jadi itu adalah karena masalah pencernaan, karena ada ibu yang mengeluh masalah pencernaan dan engalami perut kembung. Jika masalah pencernaan terjadi pada ibu, maka segeralah untuk mengatasinya.

6. Kurang tidur

Ibu yang baru saja melahirkan caesar biasanya tidak memiliki waktu istirahat yang cukup karena mengurus bayi. Padahal ibu yang baru saja melahirkan harus memiliki waktu istirahat yang cukup, karena perut besar setelah melahirkan caesar salah satu faktor penyebabnya adalah kurang tidur. Jadi, aturlah waktu istirahat ibu dengan sebaik-baiknya dan sempatkan waktu untuk tidur jika si kecil tidur.

7. Stress

Ada beberapa wanita yang mengeluh setress atau depresi setelah melahirkan caesar. Setress bisa disebabkan karena beberapa faktor misalnya, setress karena merasakan sakit setelah operasi atau mungkin belum siap menjadi ibu dan bisa juga karena faktor lainnya. Menurut beberapa penelitian stress ini bisa menjadi salah satu faktor mengapa ibu mengalami perut besar setelah melahirkan caesar.

perut besar setelah melahirkan caesar
perut besar setelah melahirkan caesar
Mengecilkan perut besar setelah melahirkan caesar

Memiliki perut besar atau buncit setelah melahirkan memang tidaklah terasa nyaman akan selalu mengganjal bagi ibu. Oleh karena itu simaklah cara mengecilkan perut besar setelah melahirkan caesar :

1. Menyusui

Setelah memiliki bayi, kebahagiaanpun bertambah walau bentuk dan berat badan membuat tidak nyaman. Salah satu cara alami untuk mengecilkan perut serta menurunkan berat badan adalah dengan menyusui. Sudah jelas memang kalau bayi sudah lahir ibu akan menyusui, sebab ASI merupakan sumber makanan utama bagi sang buah hati. Ini merupakan fakta bahwa dengan menyusui dapat merasa puas karena telah memenuhi asupan nutrisi si kecil. Namun menyusui juga dapat membantu sang ibu mengurangi 5000 kalori perhari. Beruntunglah ibu yang ASInya keluar dengan sempurna dan tidak memiliki masalah, karena bisa berpengaruh baik terhadap tbuh sang ibu yang menginginkan berat badan normal.

baca juga : Apakah Setelah Melahirkan Caesar Boleh Minum Jamu?? Amankah?

2. Jangan diet

Merasa tubuh sudah sehat dan rasa nyeri yang sudah tidak terasa, tidak disarankan untuk benar-benar melakukan diet resmi. Peran sebagai ibu yang sangat sibuk mengurus si kecil ditambah dengan diet yang artinya harus menahan keinginan makanan apapun yang disukai akan membuat tersiksa. Perasaan tertekan akan lebih mudah muncul yang akhirnya justru membuat berat tubuh meningkat. Diet selalu dihubungkan dengan pembatasan porsi makan dan jenis makanan, meski begitu banyak wanita yang pada akhirknya melakukan diet sampai sakit. Kesimbangan nutrisi pada setiap makanan yang dikonsumsi dapat membantu menurunkan berat badan sedikit demi sedikit.

3. Latihan beban ringan

Ketika tubuh sudah benar-benar pulih dan membuat otot perut dan punggung lebih kuat dan kencang, maka bisa lakukan latihan beban ringan. Tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan latihan beban berat jika belum mampu. Mualilah dengan beban yang ringan untuk membuat kondisi tubuh makin baik dan bugar. Latihan Beban setelah operasi caesar tidak akan berakibat buruk sebab dengan latihan ini keseimbangan tubuh akan dapat menigkat. Efek baiknya lagi adalah bahwa koordinasi seluruh bagian tubuh akan dapat ditingkatkan. Lemak yang berkumpul dibagian perut serta di bagian tubuh lain akan berkurang. Pastikan sudah konsultasi dengan dokter akan melakukan latihan ini, demi memastikan kondisi sudah kuat untuk latihan beban.

4. Pola hidup sehat

Pola makan sehat adalah bagian dari pola hidup sehat, untuk pola hidup sehat sendiri selain dari makanan bisa juga menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga ringan saat tubuh benar-benar pulih. Tidak makan makanan yang sembarangan, nutrisi dalam tubuh perlu untuk terus dipenuhi. Makanan dan minuman yang dikonsumsi adalah makanan yang berkalori rendah dan berlemak rendah sehingga proses penurunan berat badan tidak akan sulit. Perbanyak makan sayur dan buah serta hindari makan cepat saji. Pola tidurpun juga perlu diperhatikan, tidak dapat dipungkiri bahwa setelah melahirkan orang tua akan diribetkan dengan bayi yang menangis tenagh malam. Pola tidur serta aktifitas rutin saat dirumah juga akan berubah semenjak kehadiran si kecil. Hal ii bukan menjadi alasan ibu tidak dapat menanamkan pola hidup sehat setelah persalinan. Sehatnya pola makan dan rutinnya olahraga akan membantu proses pengecilan perut.

baca juga : Hal – Hal Mengenai Makanan Sebelum Melahirkan Caesar Yang Baik Untuk Dikonsumsi

5. Atur porsi makan

Mengatur porsi makan salah satu cara untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Makan dengan porsi banyak dan sering akan membuat tubuh ibu semakin gemuk. Namun berbeda jika makan dengan porsi sedikit dan sering, hal ini justru lebih baik dan tidak akan membaut tubuh menjadi gemuk. Cara ini snagat efektif jika dilakukan dengan rutin, intinya adalah untuk mencegah agar lemak yang tertimbun di dalam tubuh beserta kalori dari makanan yang dikonsumsi. Hal ini akan tetap dapat mengendalikan berat badan secara berlebih dengan mudah tanpa harus diet ketat atau ekstrim.

6. Perbanyak air putih

Konsumsi air putih sesering mungkin juga disarankan bagi para wanita setelah melahirkan caesar. Fungsi air putih tentu sudah kita ketahui, yakni air putih dapat membantu membuat semua organ tubuh bersih. Terutama di saluran pencernaan di mana ada racun dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Air putih secara tidak langsung mendetokfikasi tubuh, maka tidak salah bila setelah caesar tetap minum paling tidak 8 gelas perhari atau minimal 2 liter perhari. Tubuh setelah melahirkan memerlukan cairan juga dan sabiknya jangan sampai mengalami dehidrasi. Selain pencernaan menjadi lebih sehat, tubuh akan lebih langsing secara otomatis. Dikarenakan konsumsi air putih dapat mencegah rasa lapar cepat datang. Pastikan bahwa tubuh sudah pulih dari rasa nyeri dan ketikdaknyamanan setelah operasi.

perut besar setelah melahirkan caesar
perut besar setelah melahirkan caesar

7. Berjalan kaki

Ada cara lain lagi yang bisa digunakan oleh para wanita yang bingung mengecilkan perutnya yaitu dengan berjalan kaki. Berjalanlah dipermukaan yang datar dan pelan-pelan saja, bukan jalan cepat melainkan jalan kaki biasa. Banyak yang tidak menduga bahwa hanya dengan berjalan kaki, misalnya dengan jarak 500m tiap harianya. Membuat kondisi otot perut yang kendur dapat dikencangkan kembali. Namun, untuk jarak yang ditempuh disesuaikan dengan kondisi badan, tidak diharuskan untuk berjalan jauh jika belum mampu. Tak hanya bagian perut saja yang mengecil dan mengencang, tetapi olahraga sederhana ini membuat otot kaki makin kuat dan tubuh akan lebih kuat secara menyeluruh.

Itulah yang dapat saya bagikan mengenai informasi cara mengatasi perut besar setelah melahirkan caesar. Semoga dengan membaca ini dapat membantu ibu yang sedang dalam proses mengecilkan perut.

*** Semoga Bermanfaat ***

perut-besar-setelah-melahirkan-caesar---Kapsul-Kutuk-Premium

perut-besar-setelah-melahirkan-caesar-Kapsul-Kutuk-Premium-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *