Pantangan Setelah Melahirkan Caesar Yang Harus Diketahui!!!

Pantangan setelah melahirkan caesar – Seorang ibu yang memilih melahirkan caesar, pastinya sudah mengetahui tentang resiko dan pantangan setelah melahirkan caesar. Karena melahirkan caesar akan menimbulkan bekas luka yang akan Anda rawat dengan baik supaya tidak infeksi. Jika bekas luka menimbulkan infeksi ataupun yang lainnya, hal tersebut dapat merugikan Anda. Kegiatan sehari – hari yang sebenarnya sudah bisa Anda lakukan, maka akibat timbul infeksi Anda tidak dapat melakukannya. Sehingga bagi Anda yang telah menjalankan persalinan caesar sebaiknya rawat dengan benar bekas luka operasi. Melakukan beberapa gerakkanpun ada yang harus Anda hindari agar bekas luka caesar cepat sembuh. Kali ini saya akan memberi tambahan pengetahuan Anda mengenai pantangan setelah melahirkan caesar.

Hal – hal Mengenai Melahirkan Caesar??

Melahirkan caesar adalah proses melahirkan yang dapat direncanakan atau tidak direncanakan. Selama proses operasi caesar, dokter akan membuat sayatan pada kulit Anda melalui sel – sel lemak, jaringan ikat, dan ke dalam rongga perut. Otot perut kemudian menyebar ke kandung kemih dipindahkan ke bawah dan keluar dari jalan menuju ke rahim. Sayatan yang dibuat ke rahim dan bayi akan keluar, plasenta akan diambil setelahnya.

Rahim kemuadian akan dijahit, kandungan kemih kembali ke tempatnya, kemudian jaringan ikat, otot perut, dan kulit dijahit hingga beberapa derajat. Melahirkan caesar bukanlah prosedur yang paling lembut pada tubuh dan organ Anda. Hal tersebut membuat proses istirahat dan pemulihan yang cukup lama dan perlu bersabar tidak berburu – buru. Sembuh dengan baik agar tidak mengandung resiko pada masa yang akan datang. Berfikirlah bahwa proses melahirkan caesar seperti perbaikan ACL di lutut, waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan sekitar 9 – 12 bulan. Ada langkah – langkah dan pemeriksaan dengan dokter kandungan, fisioterapis, dan waktu yang aman untuk kembali ke aktifitas tertentu.

Pada minggu ke 6 setelah melahirkan caesar, jika dokter telah memperbolehkan untuk berolahraga. Maka jenis olahraga yang sebaiknya Anda lakukan saat ini adalah bernafas, berjalan, pemulihan inti, dan berat badan. Pantangan setelah melahirkan caesar untuk melakukan olahraga berat seperti berlari, melompat, mengangkat beban berat, dan lain sebagainya yang dapat membahayakan Anda.

Proses penyembuhan tidak pada minggu ke 6 setelah melahirkan caesar. Terihat dari luar, bekas luka terlihat sembuh. Namun lapisan yang lebih dalam masih membutuhkan waktu lebih lama, banyak lapisan yang ada dalam jaringan yang tidak dapat Anda lihat dan masih membutuhkan waktu lebih lama untuk pemulihan. Karena bekas luka yang terlihat sembuh dari luar, bukan berarti jaringan di bagian dalam sembuh juga.

Fokus Pada Kondisi Panggul Setelah Melahirkan Caesar

Meskipun persalinan normal dapat meningkatkan resiko terjadinya disfungsi dasar panggul. Terlepas dari persalinan caesar, kehamilan itu sendiri meningkatkan resiko pada panggul. Karena itu masih harus memprogram ulang inti yang melibatkan integrasi dengan dasar panggul.

Berikut beberapa alasan perlu fokus pada kesehatan dasar penggul setelah melahirkan caesar :

  • Rahim yang membesar memberi tekanan pad aorgan panggul lainnya, termasuk kandung kemih dan rektum. Karena dapat mengganggu fungsi normalnya.
  • Tekanan ke bawah dari bayi Anda pada otot – otot dasar panggul dapat meregang dan jaringan ikat dapat lebih kendur dari basanya.
  • Perubahan kesejajaran yang terjadi selama kehamilan dan setelah persalinan dapat memperngaruhi otot dasar panggul menjadi kaku dan pendek.
  • Bekas luka melahirkan caesar dapat menjadi sulit untuk fungsi saraf pelvis, mengarah ke hal – hal seperti urethral burning, buang air setiap saat, dan nyeri di klitoris serta labia.

Pantangan Setelah Melahirkan Caesar Yang Harus Diperhatikan

Saat ini banyak ibu yang memilih prosedur operasi caesar dalam persalinan. Proses ini membuat ibu tidak terasa sakit dan tanggal kelahiran si kecil dapat ditentukan. Namun dibalik kenyamanan itu ada beberapa pantangan setelah melahirkan caesar yang harus diperhatikan, dilansir Boldsky (15/7) :

  1. Berhati – hatilah saat akan pulang ke rumah setelah operasi. Gunakan bantal kuri mobil saat duduk untuk melindungi Anda saat jalan rusak atau bergelombang naik.
  2. Setiap kali akan bersin, Anda akan merasakan sakit pada bekas operasi. Jadi pastikan menjauhi makanan yang membuat Anda sakit.
  3. Jauhi makanan penyebab gas, seperti kol, brokoli, lobak, dan lain sebagainya. Makanan tersebut harus dihindari dalam jangka waktu cukup lama atau hingga Anda benar – benar sembuh.
  4. Jangan mengangkat beban berat karena dapat menekan perut Anda. Naik turun tangga juga akan meningkatkan rasa sakit pada bekas operasi
  5. Jangan lupa control dan ikuti saran dokter. Setelah melahirkan caesar menyebabkan stress dan trauma. Beberapa obat dapat membantu menjaga Anda dalahm kesehatan yang lebih baik.
  6. Menjauhi makanan yang menyebabkan sembelit. Sembelit akan meningkatkan rasa sakit pada sayatan bekas caesar. Seperti daging merah, gula, susu, dan lain – lain.
  7. Jangan terlalu cape supaya dapat mempercepat proses penyembuhan bekas luka.

Setelah melahirkan caesar pastinya merasakan sakit yang ditimbulkan. Sakit tersebut tidakah hilang dalam beberapa hari, tetapi akan sembuh total setelah pemulihan selama beberapa bulan bahkan satu tahun. Badan Anda mungkin sangatmembutuhkan relaksasi agar dapat beraktifitas secara normal kembali.

baca juga : Cara Terbaik Agar Cepat Sembuh Pasca Operasi Caesar

Apabila ingin melakukan pemijatan untuk mengembalikan kebugaran tubuh, tunggulah luka Anda sudah membaik. Kemungkinan hal ini akan memakan waktu 1 – 2 minggu setelah melahirkan caesar. Namun akan lebih baik jika Anda meminta ijin dokter dan mengecek apakah sudah siap untuk dipijat atau belum. Pijatan – pijatan yang dilakukan pastinya akan membantu Anda menjadi lebih baik. Mintalah pada tukang pijat untuk tidak menyentuh bagian perut dan bekas luka. Adanya tekanan di sekitar area perut akan berbahaya dan menghasilkan masalah. Pijatan aman dilakukan di area kaki, kepala, tangan, dan bagian belakang badan.

Menurut babycenter.in, kira – kira setelah 5 – 6 minggu, Anda dapat memulai pijatan di bagian urat – urat yang lebih dalam untuk menyembuhkan sakit yang lebih dalam. Beberapa ahli percaya bahwa pijatan urat akan mencegah menyatunya organ dan jaringan – jaringan yang seharusnya terpisah, biasanya terjadi setelah operasi. Memilih tukang pijat yang sudah mengetahui cara memijat setelah melahirkan sangatlah penting. Supaya hasil baik, mulailah lakukan pemijatan selama 14 hari setelah melahirkan caesar.

pantangan setelah melahirkan caesar

Pantangan setelah melahirkan caesar dalam merawat luka, berikut penjabarannya ;

  1. Membasahi luka bekas operasi

Jahitan operasi caesar akan dicabut sekitar 2 – 3 minggu kemudian. Hal ini agar membuat Anda menjaga jahitan tetap kering, sehingga penyembuhan bekas luka dapat cepat kering.

  1. Tidak menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan bagi Anda yang telah melakukan persalinan caesar sangatlah penting. Karena menjaga luka operasi agar tetap bersih dan terhindar dari infeksi. Tidak perlu mengganti perban luka jahitan sendiri. Biasanya akan dilakukan ketika Anda control ke dokter kandungan, biasakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Serta memastikan agar area luka tetap bersih.

Selain pantangan setelah melahirkan caesar yang telah dilansir oleh Boldsky, berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah melahirkan caesar :

  • Mandi air panas

Mandi air panas bagi Anda yang telah melakukan persalinan caesar dapat memperlambat penyembuhan luka. Usahakan mandi dengan air dingin agar badan lebih segar dan luka caesar dapat sembuh lebih cepat.

  • Menggunakan korset

Menggunakan korset bagi wanita yang baru menjalani operasi sangatlah berbahaya, berbeda dengan yang telah elahirkan normal. Hal ini dapat menimbulkan resiko hernia di kemudian hari, biarkan perut Anda kempes dengan sendirinya terlebih jika luka belum benar – benar kering.

  • Perhatikan asupan makan

Makan makanan yang bergizi setelah melahirkan caesar sangatlah penting. Sebenranya setelah melahirkan caesar tidak ada pantangan makanan bagi, karena operasi caesar tidak melukai usus. Hanyalah memerlukan tahapan makanan, karena bius mempengaruhi kerja usus dalam mencerna makanan jadi lebih lambat. Jauhi makanan yang menyebabkan gas dan menimbulkan sembelit.

baca juga : Nutrisi Sehat Pasca Caesar Yang Baik Untuk Dikonsumsi Bunda

  • Tidur terlentang

Kebanyakan orang mengira bahwa posisi tidur terbaik setelah melahirkan caesar adalah tidur terlentang. Ternyata tidur terlantang dapat memicu timbulnya rasa nyeri, sedangkan posisi tidur miring atau menyamping akan meminimalisir nyeri dan membuat tidure terasa lebih nyaman.

  • Mengabaikan nyeri

Jangan pernah sesakli Anda mengabaikan rasa nyeri yang timbul seperti sakit kepala dan mual. Karena hal ini dapat menyebabkan timbulnya gejala infeksi dan harus segera konsultasikan dengan dokter. Perharikan juga bekas luka caesar, jika terjadi pembengkakan luka, mengeluarkan cairan atau darah segeralah tanyakan pada dokter.

Setelah mengetahui pantangan setelah melahirkan caesar, kali ini saya juga akan membagikan makanan yang baik dikonsumsi setelah melahirkan caesar :

pantangan setelah melahirkan caesar

  1. Protein

Asam amino dari protein terlibat langsung pada proses penyembuhan luka dan regenerasi jaringan. Protein berasal dari jenis makanan yang rendah lemak seperti ungags, ikan, makanan laut, telur, kacang – kacangan, dan masih banyak yang lain.

  1. Lemak Sehat

Lemak sehat tidak hanya memberikan energy, namun juga terlibat dalam memperkuat system kekebalan tubuh setelah operasi. Selain itu, lemak juga membatu penyerapan vitamin dalam tubuh.jenis makanan yang kaya akan lemak sehat yaitu minyak zaitun, alpukat, kacang – kacangan, dan biji – bijian.

  1. Karbohidrat

Sumber energy utama otak dan juga mampu mencegah kerusakan otot adalah karbohidrat. Karbohidrat yang tinggi serat adalah biji – bijian, buah – buahan, kacang – kacangan yang sangat bermanfaat. Karena menurut The Diet Channel, jenis makanan tersebut dapat mencegah sembelit.

  1. Vitamin

Vitamin A dan vitamin C sangat penting dikonsumsi setelah operasi, karena sifatnya yang dapat menyembuhkan luka. Vitamin A dapat diperoleh dari sayuran berwarna orange dan hijau gelap, seperti wortel, ubi jalar, kangkung,brokoli, dan bayam. Sedangkan vitamin C dapat di dapat dari jeruk, paprika manis, buah beri, kentang , dan melon. Selain 2 jenis vitamin diatas, konsumsi vitamin D, E, dan K juga sangat dianjurkan. Vitamin D mampu mempercepat penyembuhan tulang, vitamin E berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas, dan vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah.

  1. Air mineral

American Cancer Society merekomendasikan, dengan mengosumsi 8 gelas air setiap hari setelah melahirkan caesar dapat membantu proses pembuangan dan metabolisme tubuh yang mampu membuang racun lewat urine atau keringat.

Semoga Bermanfaat dan Sehat Selalu

www.melahirkancaesar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *