Operasi Caesar Berapa Jahitan? Inilah Yang Perlu Ibu Ketahui Sebelumnya

Operasi caesar berapa jahitan

operasi caesar berapa jahitan
operasi caesar berapa jahitan

Yakin dengan pilihan persalinan operasi caesar? Jika itu memang yakin pilihan ibu maka harus siap menanggung resiko apapun efek dari melahirkan caesar. Melakukan operasi caesar adalah salah satu bentuk operasi besar, operasi ini dilakukan di bagian perut yang nantinya akan membentuk sayatan dan meninggalkan bekas luka. Salah satu keluhan yang sering muncul dari para ibu yang memilih melakukan operasi caesar adalah munculnya nyeri sesaat pada bekas operasi caesar. Keluhan lain yang biasa muncul juga adanya bekas luka operasi yang terkadang timbul dan tak halus sehingga mengganggu penampilan. Lalu, pada operasi caesar berapa jahitan? Mungkinkah lebih dari 7 lapisan? Yuk cari tahu mengenai hal tersebut baca artikel dibawah ini

Lebih dari 7 lapisankah jahitan operasi caesar?

Melahirkan caesar atau operasi caesar adalah proses pengeluaran bayi dalam kandungan dengan cara di bedah atau operasi. Melakukan hal ini melibatkan satu sayatan di perut ibu dan satu lagi di rahim. Operasi caesar umumnya dihindari sebelum kehamilan 39 minggu sehingga anak memiliki waktu yang tepat untuk berkembang di dalam rahim. Terkadang sebelum 39 minggu komplikasi timbul dan operasi caesar harus dilakukan. Komplikasi yang terjadi misalnya mengakibatkan resiko pada ibu dan bayi, sehingga persalinan nrmal tidka mungkin dilakukan. Tetapi ada juga yang sudah merencanakan operasi caesar dari awal kehamilan, namun paling sering dilakukan ketika komplikasi muncul selama persalinan.

Alasan lain yang membuat ibu melakukan operasi caesar seperti masalah kesehatan ibu (tekanan darah tingi atau penyakit jantung yang tidak stabil), sudah melakukan operasi caesar sebelumnya, dan lain sebagainya. Jika ibu memutuskan bahwa melahirkan caesar adalah pilihan terbaik, dokter akan memberi instruksi lengkap tentang apa yang dapat ibu laukan untuk menurunkan resiko komplikasi dan melahirkan caesar berjalan dengan lancar. Dokter akan memastikan untuk mencatat golongan darah jika memerlukan transfusi darah selama operasi. Namun jarang yang memerlukan transfusi darah selama operasi.

Sebelum operasi, perut ibu akan dibersihkan dan akan siap menerima cairan infus ke lengan ibu. Ini memungkinkan dokter untuk mengatur cairan dan semua jenis obat yang mungkin ibu butuhkan. Keteter juga akan dipasang untuk menjaga kandung kemih kosong selama operasi. Dalam operasi caesar ada 3 janis anestesi yang ditawarkan kepada ibu, antara lain :

1. Blok spinal, anestesi disuntikkan langsung ke kantung untuk mengelilingi sumsum tulang belakang, sehingga mematikan bagian bawah tubuh.
2. Epidural, anestesi ini untuk persalinan normal dan operasi caesar, anestesi disuntikkan ke punggung bawah di luar kantung sumsum tulang belakang.
3. Anestesi umum, anestesi ini menempatkan ibu ke dalam tidur tanpa rasa sakit dan biasanya disediakan untuk situasi darurat.

baca juga : Penjelasan Dan Efek Samping Anestesi Sebagai Pengetahuan Bagi Ibu Hamil

Ketika ibu telah benar-benar diobati dan mati rasa, dokter akan membuat sayatan tepat di atas garis rambut kemaluan. Biasanya horizontal di panggul, belakangan bekas luka biasanya mudah ditutupi. Dalam situasi darurat kemungkinan sayatan yang dilakukan vertikal. Setelah sayatan ke perut telah dibuat dan rahim terbuka, dokter akan membuat sayatan ke rahim. Area ini akan ditutup selama prosedur sehingga tidak dapat melihat prosedur.

Lalu dalam operasi caesar berapa jahitan? Jawabnya ada sekitar 7 lapisan, mulai dari kulit perut sampai ke dinding rahim yang akan di jahit satu persatu ketika dokter menutup luka bekas operasi caesar. Mereka akan menutup sayatan jahitan yang diserap monocryl, jadi mereka tidak terlihat di luar. Karena jenis jahitan menyerap, ibu tidak akan menemukan jumlah gerakan dari luar dan hanya ujungnya yang harus dipotong. Daerah jahitan inilah yang menjadi salah satu faktor penentu mengerinngnya luka jahitan. Kesembuhan setiap lapisan perut hingga ke rahim yang dibuka saat operasi memiliki masa yang berbeda-beda.

Bagian kulit luar biasanya jahitan sudah akan mengering sekitar 2 minggu, sedangkan jahitan pada lapisan otot akan menyatu dalam waktu 1 bulan. Agar semua jaringan otot menyatu semua, mulai lapisan terdalam hingga lapisan bawah pelindung otot dibutuhkan waktu sekitar 4-6 bulan untuk sembuh dan kering total..

Bekas Luka Operasi Caesar Monjol, Mengapa?

Meski tak sakit atau nyeri tetap saja sebagai perempuan, tentunya bekas luka tersebut menimbulkan perasaan risih. Dr Febriansyah Darus SpOG(K) dari RSPAD Gatot Subroto mengatakan bahwa bekas luka pada operasi caesar yang timbul dan menonjol dari tubuh tersebut disebut keloid. Penyebab antara lain memang karena faktor genetik atau pengaruh gesekan pakaian. “Keloid itu tergantung sama genetik atau keturunan, kalau ada bakatnya ya tetap akan timbul,” ujar dr Febriansyah. Penyebab lainnya menurut dr Febriansyah adalah gesekan yang ditimbulkan oleh penggunaan pakaian antara lain celana atau korset. Bekas luka operasi yang tergesek celana atau korset akan merangsang jaringan hingga terluka.

operasi caesar berapa jahitan
operasi caesar berapa jahitan

Sementara itu menurut dr Febriansyah, penggunaan krim penghilang bekas luka untuk menghilangkan keloid tidak akan berpengaruh jika diberikan jauh setelah operasi berakhir. Menurutnya, krim penghilang bekas lupa memang memberi efek dapat menghilangkan keloid. Namun harus dilakukan sesegera mungkin, minimal 1 minggu setelah operasi. Ia menyarabkan bagi ibu yang memiliki keloid untuk melakukan operasi laser yang dapat menghilangkan bekas tersebut. “Atau jika tidak, bekas lukanya ditutup saja pakai plester,”pungkasnya. Keloid disebabkan juga oleh infeksi bakteri dan akan tumbuh lebih besar pada ibu yang sedang menjalani pemulihan pasca operasi caesar. Infeksi bakteri dapat dihindari dengan pemberian salep secara rutin pada luka serta merawatnya dengan benar dan teratur.

Tanda bekas luka caesar menonjol dan bermasalah :

1. Demam parah, seseorang yang telah menjalani operasi caesar akan mengalami demam ringan yang menandakan adanya penyembuhan yang dilakukan oleh tubuh. Kondisi tersebut juga bisa terjadi pada mereka yang mengalami operasi lainnya dan tidak pada kehamilan saja.

2. Iritasi kemerahan pada luka caesar, Setelah beberapa hari operasi biasanya bekas luka jahitan memang akan berwarna merah dan kondisi tersebut bisa dikatakan wajar asalkan tidak ada gejala lain yang menyakitkan.

3. Bekas jahitan mengeluarkan nanah, Nanah yang keluar pada bekas luka caesar dan disertai bau tidak sedap adalah karena tidak sering mengganti perban sehingga luka menjadi lembab atau basah.

baca juga : Infeksi Jahitan Caesar? Beginilah Gejala dan Cara Mengatasinya

4. Keputihan abnormal, Keputihan menjadi hal yang wajar ketika seorang wanita telah melakukan persalinan, hal tersebut merupakan proses penyembuhan dengan keluarnya racun atau sisa kotoran pada tubuh.

5. Perut terasa nyeri dan sakit, Rasa nyeri setelah operasi memang menjadi hal yang wajar, nyeri tersebut akan berangsur menghilang setelah beberapa jam operasi. Namun tetap ada yang masih merasa nyeri setelah berminggu-minggu bahkan bertahun-tahun.

Setelah mengetahui operasi caesar berapa jahitan, maka perlu diketahui juga jahitan caesar yang bagus bagaiman. Berikut ciri-ciri jahitan caesar yang bagus :

1. Bekas jahitan akan menyusut dalam waktu kurang lebih 6 minggu setelah tindakan operasi
2. Jahitan menggunakan benang khusus yang dapat larut menjadi daging dan aman dipakai oleh ibu
3. Bekas jahitan caesar memiliki panjang sekitar 10-15 cm dan lebar 0,3 cm
4. Kontur kulit akan menjadi tidak rata/sedikit timbul
5. Warna bekas jahitan agak lebih gelap dan lama kelamaan akan mirip seperti warna kulit
6. Terdapat bengkak disekitar jahitan yang terjadi pasca operasi

Kapan Sebaiknya Mandi setelah operasi caesar?

Khusus untuk mandi, mungkin belum diperbolehkan mandi setelah operasi caesar, karena dapat meningkatkan resiko infeksi karena kontaminasi bakteri. Luka pada operasi caesar merupakan luka yang besar dan dalam sehingga perlu perawatan khusus. Dikutip dari Reuters, dalam sebuah studi baru yaitu para pasien setelah operasi caesar diperbolehkan mandi 48 jam setelah operasi. Dalam penelitian menyatakan bahwa pasien yang diperbolehkan mandi setelah operasi ternyata memiliki semangat penyembuhan yang lebih besar dari pasien yang tidak menjalani operasi.

operasi caesar berapa jahitan
operasi caesar berapa jahitan

Sebenarnya banyak cara untuk mempercepat penyembuhan luka, namun proses penyembuhan harus melewati fase-fase ini, diantaranya adalah :

1. Fase Hemostatis

Fase hemostatismerupakan fase awal proses penyembuhan, ketika keping darah atau platet akan berkumpul pada sekitar luka dan menimbulkan adanya pembekuan darah, sehingga dapat menghentikan darah. Di fase ini berlangsung cepat dengan mempersempit pembuluh darah, sehingga darah yang keluar melalui luka segera terhenti.

2. Fase Inflamasi

Fase pada point ini adalah jahitan caesar mengalami peradangan atau inflamasi dan biasanya lazim pada penyembuhan luka. Peradangan ini bisa memberikan efek positif berupa pendarahan dan mencegah terjadinya infeksi karena cairan yang muncul memungkinkan timbulnya perbaikan sel untuk pindah. Selama fase ini, sel rusak, potagen, dan bakteri dikeluarkan dari area luka. Ciri utama fase inflamasi adalah adanya rasa sakit, panas, pembengkakan, dan kemerahan.

3. Fase Poliferasi

Pada fase ini adalah tahap awal pembentukan sel dan juga jaringan baru untuk menggantikan sel-sel yang telah lama dan rusak akibat luka. Fase poliferasi memerlukan nutrisi dan oksigen lebih yang memungkinkan untuk terjadi proses regenerasi, karena tubuh akan terus bekerja lebih keras agar jaringan baru terbentuk. Tahap akhir penyembuhan luka akan terjadi sel epitel yang memperbaiki cedera. Proses ini akan lebih cepat apabila luka dalam kondisi terhidrasi dan tetap lembab.

4. Fase Maturasi atau Remodelling

Tahap terakhir ini yaitu suatu kondisi dimana luka telah menutup sempurna, dalam fase ini terjadi pembetukan ulang kolagen dari tipe III ke tipe I dan juga jumlah pembuluh darah dan aktivitas seluler berkurang sepenuhnya.

Menutup jahitan caesar sebenarnya ada beberapa cara dan tidak semua dijahit. Menutup luka dengan cara di lem salah satu cara yang mungkin jarang ditemukan di Indonesia. Dokter akan menggunakan lem super khusus yang kering dalam waktu 10 detik saja. Lem ini tahan air dan kedap udara, sehingga Anda tak perlu khawatir luka akan terbuka. Banyak wanita yang menyukai mtode ini karena tidak menimbulkan luka yang terlihat. Tak perlu ada yang ambil kembali, baik itu staples atau benang den mereka bisa langsung mandi tanpa mengkhawatirkan lukanya.

baca juga : Jahitan Caesar Di lem? Beginilah Yang Terjadi Setelah Operasi Caesar

Dikutip dari Science Alert, ilmuwan menjelaskan lem itu merupakan gel yang berbasis methacryloyl-substituted tropoelastin (MeTro), protein elastis hibrida. Prinsip utama penggunaan jahitan caesar di lem yaitu hanya untuk tropical closure (penutup di permukaan). Harus dipastikan merembs ke dalam luka karena dapat memperlambat proses penyembuhan dan meningkatkan resiko infeksi. Tak semua dari anda dapat menggunakan lem tersebut, biasanya hanya untuk Anda yang tidak ada riwayat pendarahan dan infeksi serta status gizi baik. Efek samping berupa reaksi kulit seperti gatal, perih atau kemerahan serta reaksi alergi terhadap lem. Apapun cara yang dipilih ibu untuk menutup jahitan pasca operasi caesar, itulah yang terbaik untuk ibu dan rawat bekas luka operasi dengan baik supaya tidak terjadi infeksi.

Makanan sebagai tambahan untuk mempercepat penyembuhan luka juga bisa ibu lakukan. Seperti konsumsi makanan yang kaya akan serat, makanan yang mengandung banyak protein, makanan yang mengandung lemak sehat, dan makanan yang kaya akan antioksida. Konsumsi tambahan seperti buah dan sayur sayuran juga baik untuk ibu dalam proses penyembuhan.

Inilah yang dapat saya sampaikan mengenai pertanyaan operasi caesar berapa jahitan, semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan bagi ibu yang baru pertama kali akan melakukan operasi caesar.

*** Semoga Bermanfaat ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *