Apakah Setelah Melahirkan Caesar Boleh Minum Jamu?? Amankah?

Minum jamu setelah melahirkan caesar – Sering terjadi pertanyaan ‘Apakah setelah melahirkan caesar boleh minum jamu?’, pada dasarnya meminum jamu setelah melahirkan caesar tidaklah dilarang. Tetapi ibu harus mengikuti aturan yang baik dan benar agar jamu yang ibu konsumsi dapat berfungsi dengan semestinya. Perbanyak istirahat disarankan pada ibu setelah melahirkan caesar dan konsultasikan pada dokter kandungan ibu mengenai masalah konsumsi jamu agar jamu lebih efektif. Karena dokter kandungan ibu yang paling tahu tentang tubuh ibu dan pastinya akan memberikan saran terbaik untuk pemulihan ibu.

Baca juga : ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan Caesar? Bagaimana Ibu Menyikapinya?

Setelah melahirkan setiap ibu pastinya memiliki tugas tambahan. Selain mengurusi urusan rumah tangga, ibu juga mengurusi si kecil yang pastinya membutuhkan perhatian ibu sepenuhnya. Ibu yang baru saja melahirkan secara caesar akan tambah kerepotan. Karena setelah operasi caesar terdapat luka bekas operasi yang perlu dirawat. Minum jamu usai melahirkan dengan tujuan untuk mengencangkan otot – otot yang kendur akibat kehamilan.

Minum jamu Setelah Melahirkan Caesar, lalu apa Efek jamu Terhadap Luka Operasi

Salah satu jenis jamu yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah kunyit asem. Kunyit memiliki nama latin Curcuma domestica val. Berdasarkan penelitian dengan memanfaatkan hewan percobaan, ekstrak Curcuma memiliki berbagai macam khasiat. Seperti antiinflamasi (antiperadangan), aktivitas terhadap peptic ulcer, antitoksik, antihiperlipidemia, aktivitas antikanker. Selain itu, kunyit juga memiliki efek merangsang kontraksi Rahim. Hal ini menjadi dasar penggunaan kunyit sebagai jamu untuk melancarkan haid.

Selain itu, berdasarkan pengetahuan yang beredar dimasyarakat, tanaman kunyit terdapat beberapa potensi pengobatan pada tubuh. Beberapa kedokteran telah melakukan penelitian yang berhubungan dengan potensi zat aktif kurkumin dalam tanaman kunyit. Kurkumin memiliki efek anti peradangan yang cukup baik. Sedangkan asam memiliki potensi membantu ganggan pencernaan, mengurangi mual, membantu melancarkan buang air besar dan anti racun.

Umumnya melahirkan melalui operasi caesar memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kesembuhan dan pemulihan setelah operasi caesar. Salah satu yang harus diperhatikan adalah pola konsumsi, mengonsumsi jamu setelah melahirkan caesar dapat menyebabkan pembekuan darah.

Kurkumin yang terkandung di dalam kunyit selain memiliki potensi untuk menyembuhkan. Terdapat efek samping yang muncul bila konsumsinya melebihi 1500 gram (1,5kg) dalam sehari. Efek samping yang terjadi pada ibu setelah melahirkan caesar dan menyusui adalah gangguan pendarahan, kontaksi Rahim. Gangguan pendarahan mungkin akan membuat luka setelah melahirkan caesar sulit sembuh. Tetapi bila kunyit yang dikonsumsi sebagai minuman ringan dan tidak mengandung kunyit hingga 500 gram. Kemungkinan tidak akan muncul efek samping yang dikhawatirkan, apalagi jika sudah melalui masa penyembuhan setelah operasi caesar lebih dari 1 bulan.

minum jamu Setelah Melahirkan Caesar, Bolehkah? dan dapatkah untuk menghilangkan bekas luka operasi juga?

Setelah melahirkan caesar pastinya akan meninggalkan bekas jahitan operasi. Proses penyembuhan setelah melahirkan caesar sangat lama dibandingkan dengan melahirkan normal. Waktu normal untu penyembuhan luka bekas operasi caesar kurang dari 3 – 4 minggu, bisa saja lebih dari waktu normal tergantung cara ibu merawat luka bekas caesar. Terjadi infeksi luka pada bekas operasi bisa saja terjadi, jika ibu tidak merawat luka dengan benar.

Menggunakan olahan tradisional salah satunya dengan kunyit  adalah cara mudah dan alami untuk menghilangkan dan menyamarkan bekas luka setelah operasi. Karena kunyit memiliki banyak kandungan yang penting, diantaranya adalah memiliki kandungan antiseptic dan antibakteri yaitu kurkumin dan minyak astiri. Kunyit dapat membanyu membunuh kuman sekaligus merangsang tumbuhnya sel kulit yang baru, sehingga efektif untuk menghilangkan bekas luka pasca operasi sesar.

Baca juga : Berapa Lama Masa Penyembuhan Luka Pasca Operasi Caesar

Perlu diperhatikan penggunaan tanaman kunyit karena dapat membuat kulit kekuningan. Sebab pada tanaman kunyit juga mengandung zat warna kurkuminoid yang dapat memberi warna kuning. Jika penggunaan dilakukan dengan benar, maka resiko tersebut akan minim terjadi. Salah satu cara mudah menggunakan masker kunyit agar tidak kekuningan adalah dengan menambahkan air susu atau yogurt dan beberapa tetes madu. Campurkan bahan tersebut hingga kental, kemudian letakkan dan ratakan pada bekas luka dan jangan gunakan masker ini pada luka yang masih basah dan sakit.

Kemudian sambil diangin – anginkan selama 2-3 menit, lalu pijat dan gosok dengan perlahan. Cara ini bisa meregenerasi kulit dengan lebih menyeluruh dan melancarkan proses penyembuhan. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk. Penggunaan susu dan yogurt sebenarnya bisa mencegah bekas kekuningan.

Konsumsi salah satu obat herbal juga bisa menggantikan jamu, jika ibu yang tidak menyukai jamu mungkin karena baunya. Obat herbal yang dapat ibu konsumsi untuk menggantikan jamu yaitu Kapsul Kutuk Premium. Selain sebagai pengganti jamu, obat ini sangat bagus jika dikonsumsi oleh ibu pasca operasi caesar.

Mengapa Begitu?

Karena Kapsul Kutuk Premium ini merupakan obat herbal 100% alami yang dibuat dari ekstrak ikan Channa Striata, diproses secara ilmiah dan modern. Sangat efektif dan efisien untuk membantu proses pembentukan jaringan sel baru, serta mengandung ekstrak Channa Striata diolah secara higienis dan modern serta memiliki konsentrasi ekstraksi dengan perbandingan 10:1 yang ± setara dengan 5000 mg simplisia kering Channa Striata. Channa Striata dikenal sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting dan sangat diperlukan dalam proses penyembuhan pasca operasi, luka bakar, luka kecelakaan, dan pasca melahirkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *