Menstruasi Pasca Operasi Caesar Tak Kunjung Kembali? Inilah Penyebabnya!!!

mesntruasi pasca operasi caesar

menstruasi pasca operasi caesar
menstruasi pasca operasi caesar

Hai bunda, setelah melahirkan pastinya banyak hal yang berubah bukan, seperti bentuk badan, aktifitas, dan lain sebagainya. Apalagi bagi bunda yang memilih persalinan melalui operasi caesar pastinya kesehariannya akan jauh lebih beda dari biasanya. Apalagi bunda harus merawat luka bekas operasi agar tidak terjadi komplikasi seperti infeksi. Selain itu, saat masa kehamilan siklus menstruasi bunda juga akan berhenti selama kurang lebih 9 bulan atau bahkan lebih. Mengapa bisa seperti itu? Apakah penyebab menstruasi pasca operasi caesar tak kunjung kembali? Simaklah penjelasan mengenai penyebab siklus menstruasi pasca operasi caesar tak teratur.

Sedikit Mengenai Operasi Caesar

Persalinan melalui operasi caesar menimbulkan bekas luka akibat sayatan pada bagian dinding rahim. Minimnya pengetahuan tentang persiapan caesar akan berdampak pada pemulihan bunda.
Apapun yang Bunda rencanakan terhadap operasi caesar ataupun mencoba mempersiapkan persalinan. Selain nutrisi yang harus dipersiapkan perlengkapan lain untuk melahirkan juga perlu Bunda perhatikan. Karena setelah melakukan operasi caesar Bunda akan dirawat di rumah sakit untuk beberapa hari. Apa yang harus bunda tahu selama operasi dan ruang operasi itu sendiri:

Sesuatu yang tak terduga setiap kelahiran adalah unik sama seperti setiap kehamilan saya berbeda dan masing-masing anak saya berbeda, masing-masing operasi caesar saya juga berbeda. Salah satunya tulang belakang saya tidak bekerja. Saya bisa merasakan mereka menusuk dengan benda tajam (untuk mengetes anestesi sudah bekerja) dan saya tetap bisa menggerakan kaki. Mereka harus memberi anestesi spinal lagi.Di operasi caesar yang terakhir bahwa usus kecil saya telah melekat pada rahim saya. Mereka harus menghubungi ahli bedah lain untuk mengatasinya. Ini bukan untuk menakuti bunda. Tetapi untuk bunda harus sadar bahwa hal-hal tak terduga dapat terjadi selama operasi dan untuk mempersiapkannya, bunda harus siap secara mental untuk kemungkinan itu. Mereka memberi banyak cairan infus IV sebelum, selama dan setelah operasi sehingga membuat bagian tubuh bunda cukup bengkak.

Jika bunda diberi anestesi umum, bunda mungkin tidak akan pernah terbangun sekitar satu jam kemudian. Bunda tidak akan melihat langsung anak bunda keluar dari perut bunda.
Jika bunda memiliki spinal atau epidural bunda akan berada di ruang pemulihan sampai bisa menggerakkan jari-jari kaki. Biasanya memakan waktu beberapa jam. Nikmati momen ini bersama pasangan bunda dengan suasana yang sunyi dan damai. Jika berencana menyusui bayi, bunda akan mulai di ruang pemulihan. Hal ini akan mengembalikan suasana hati bunda setelah berjuang saat operasi.

Persiapan selama di rumah sakit setelah operasi caesar. Perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan di rumah sakit :

  • Perlengkapan mandi (pasta gigi, sikat gigi, sikat rambut, sampo, kondisioner, makeup, deodoran)
  • Breast pads (Susu saya biasanya masuk saat saya masih berada di rumah sakit dan begitu masuk, bocor. Saya menggunakan Breast pads sekali pakai di rumah sakit dan Breast pads yang bisa dicuci begitu saya pulang.)
  • Kaus kaki
  • Sandal
  • Pakaian bayi untuk dipakai di rumah
  • Cemilan
  • Buku bacaan untuk menghilangkan bosan.
  • Obat sakit. Jangan sampai hilang untuk memintanya kembali
  • Bangun dan berjalan sesegera mungkin. Saya selalu ingin bangun dan mandi sesegera mungkin, meski saya mandi sebelum pergi ke rumah sakit. Cukup seka jika rumah sakit tidak menyediakan air hangat di kamar mandi.

Bunda tidak boleh makan makanan padat sampai berhasil kentut. Jangan malu. Mungkin bunda belum makan setidaknya 12 jam dan pastinya lapar. Perawat akan mendengarkan perut bunda dengan stetoskop dan akan ditanya apakah bunda sudah membuang gas di perut bunda. Begitu sudah melakukannya, makanan pertama akan menjadi cairan dan makanan lezat seperti sup ayam, teh, jahe, jus apel dll (tergantung rumah sakit). Gunakan pakaian dan bantal yang disediakan rumah sakit. Atau bisa mempersiapkannya dari rumah (pakaian yang longgar dan kebutuhan wanita lainnya).

Selain mempersiapkan perlengkapan operasi caesar, Bunda juga perlu mengetahui mengenai makanan supaya luka cepat sembuh. Idealnya, setelah kelahiran bayi bunda, setiap makanan yang dipilih harus sehat dan bergizi untuk menebus pekerjaan berat selama kehamilan dan persalinan.

menstruasi pasca operasi caesar
menstruasi pasca operasi caesar

Apa faktor yang mempengaruhi menstruasi pasca operasi caesar?

Belum haid setelah melahirkan merupakan kondisi yang normal, terlebih bila Anda menyusui secara eksklusif dan bayi masih berusia di bawah 6 bulan.  Kehamilan adalah saat wanita bebas dari siklus menstruasi bulanan selama 9 bulan dan bahkan lebih. Tetapi hal tersebut akan kembali setelah melahirkan, tidak memiliki efek baik melahirkan secara caesar atau melahirkan normal. Kembalinya menstruasi pasca operasi caesar tergantung pasa masa menyusui dan seberapa cepat hormon ibu kembali normal. Tingkat hormon estrogen, progesteron, dan Human Chorionic Gonadotropin (HCG) menurun pasca kehamilan, kata Gordon Edlin dan Eric Golanty. Namun, kadar hormon prolaktin tidak menurun jika bunda menyusui. Jadi, ini menekan hormon reproduksi dan bunda tidak dapat berovulasi atau menghasilkan sel telur untuk pembuahan. Ini berarti ibu tidak mengalami menstruasi pasca operasi caesar.

Hormon prolaktin yang memproduksi ASI akan menekan estrogen sehingga menstruasi terhambat. Saat menyusui, hisapan bayi menyebabkan perubahan hormonal dimana hipothalamus mengeluarkan Gonadotrophin Releasing Hormone (GnRH) yang menekan pengeluaran Luteinizing Hormone (LH) dan menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur). Jadi, dapat dikatakan bahwa menyusui merupakan salah satu metode kontrasepsi alami yang sangat efektif  bila memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Ibu sama sekali belum pernah mendapat menstruasi sejak melahirkan
  • Bayi berusia < 6 bulan
  • Menyusui setiap 4 jam pada siang hari, dan setiap 6 jam pada malam hari
  • Makanan tambahan hanya diberikan 5-10% dari total

Angka keberhasilan metode ini dapat mencapai 98-99,5%. Kehamilan terjadi pada 2 per 100 wanita 6 bulan setelah melahirkan, dan 6 per 100 wanita 6-12 bulan setelah melahirkan. Anda tidak perlu merasa khawatir karena keadaan amenorea atau tidak mendapatkan menstruasi selama menyusui bervariasi setiap individu (antara 3 bulan-2 tahun), dan ini merupakan hal yang normal.  Siklus haid setelah melahirkan  dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda tidak menyusui kembali.

Jika Anda memberikan ASI eksklusif kepada anak Anda(menyusui), maka Anda tidak perlu merasa khawatir karena kemungkinan penyebab belum kembalinya haid Anda adalah karena suatu proses yang normal sebagai hasil penerapan MAL (Metode Amenore Laktasi).

Perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh setelah melahirkan akan memiliki efek yang signifikan pada beberapa periode pertama. Perubahan hormonal tersebut seperti :

  • Masalah kesehatan yang bunda miliki sebelum hamil
  • Mengbah tingkat hormonal
  • Haid tidak teratur sebelum kehamilan

Faktor lain yang mempengaruhi menstruasi pasca operasi caesar yaitu :

  • Kelelahan
  • Gangguan tiroid
  • Aktifitas fisik tidak teratur

Sebenarnya operasi caesar tidak sepenuhnya mempengaruhi menstruasi, tetapi hanya mengubah sedikit siklus menstruasi bunda. Proses persalinan melalui operasi caesar atau persalinan normal tidak akan sama dengan sebelum bunda melewati masa kehamilan. Sekali lagi tubuh akan menyesuaikan dengan siklus menstruasi dna kemungkinan bunda akan melihat perubahan seperti :

  • Bekuan darah kecil
  • Kram yang lebih kuat atau lebih ringan dari biasanya
  • Aliran darah tidak teratur

Perubahan ini akan berkurang dengan siklus berkelanjutan. Namun sampai hormon bunda seimbang dan tubuh terasa lebih baik, menstruasi tidak akan normal.

Beda darah menstruasi dan pendarahan setelah caesar

Masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga alat-alat kandungannya kembali seperti sebelum hamil. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Pada umumnya keluar sampai jangka waktu 40 hari. Setelah masa nifas selesai, diperkirakan fungsi alat-alat reproduksi telah normal kembali seperti sebelumnya, karena itu menstruasi sudah dapat terjadi lagi. Bunda yang tidak memberikan ASI pada bayinya, 80% menstruasi pasca operasi caesar akan kembali dalam 20 minggu. Sedangkan bunda yang memberikan ASI pada bayinya, proses kembalinya menstruasi akan berlangsung lebih lambat. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa seorang wanita dapat mengalami menstruasi kembali dalam 1 bulan setelah melahirkan, karena proses menstruasi diatur oleh kadar hormon di dalam tubuh dan hal ini berbeda-beda pada setiap orang.

Adapun darah nifas yang keluar sebenarnya dibedakan menjadi 4 tahap yang secara berurutan, yaitu:

  • lokia rubra ( berwarna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta, dsb) sekitar 1 minggu.
  • lokia sanguelenta (berwarna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu
  • lokia serosa (berwarna kekuningan) selama 2 minggu, dan
  • lokia alba (berwarna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu. Lokia alba merupakan darah nifas yang terakhir keluar, menandakan tahap pemulihan dan hampir berakhirnya masa nifas.

Pada beberapa perempuan ( 13%), lokia dapat keluar hingga 60 hari setelah melahirkan. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Namun, jika yang terjadi adalah perdarahan terus menerus, sebaiknya bunda kontrol ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk deteksi segera dan penanganan optimal.

Jika bunda memberikan ASI ekslusif kepada anak bunda selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, maka terdapat kemungkinan bunda tidak akan mengalami menstruasi pasca operasi caesar beberapa bulan kemudian. Isapan bayi pada payudara saat minum ASI akan menekan hormon-hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Karena itu, selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga dirinya tidak akan hamil lagi selama memberikan ASI ekslusif dan tidak mengalami haid.

menstruasi pasca operasi caesar
menstruasi pasca operasi caesar

Bila bunda mulai memberikan makanan tambahan lain/susu formula sebagai pendamping ASI. Pemberian makanan lain itu akan mengurangi frekuensi isapan bayi pada payudara. Sehingga secara perlahan kesuburan bunda akan kembali dan bunda akan mendapat haid kembali dan memiliki peluang untuk hamil kembali. Siklus haid juga akan kembali normal secara perlahan. Jika ibu ingin menunda kehamilan, maka sebaiknya ibu mulai mempertimbangkan untuk segera menggunakan kontrasepsi tanpa perlu menunggu haid pertama. Siklus haid setelah melahirkan memang dapat kembali normal dalam waktu 1-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah bunda tidak menyusui kembali.

Tahukah Bunda?

  1. Operasi caesar tidak akan menunda siklus menstruasi

Melewati proses persalinan operasi caesar tidak berpengaruh pada seberapa cepat siklus menstruasi akan berlanjut. Siklus menstruasi sepenuhnya bergantung pada perubahan hormonal. Setelah semua kembali normal siklus menstruasi bunda baru akan kembali seperti sebelum kehamilan.

  1. Waktu menstruasi bunda mungkin lebih ringan

Untuk beberapa wanita, waktu menstruasi pertama biasanya lebih ringan dan lebih pendek. Kram lebih ringan, karena peregangan rahim selama kehamilan. Kadar hormon progesteron yang tinggi selama kehamilan akan meringankan gejala menstruasi

  1. Siklus menstruasi bunda tidak teratur

Banyak faktor akan mempengaruhi siklus menstruasi yang tidak teratur, seperti berat badan, setres, dan masalah tiroid. Beberapa wanita juga kan mengalami menstruasi yang tidak teratur karena mereka dapat mencapai perimenopause yang mungkin dimulai pada pertengahan umur 30-an. Tetapi kebanyakan dari mereka akan mencapai umur 40-an.

  1. Pendarahan pasca operasi caesar

Bunda yang melalui operasi caesar atau normal akan mengalami keputihan disertai pendarahan yang disebut Lochia (kata Yunani yag berarti ‘berhubungan dengan kelahiran’) dalam istilah medis.

Operasi caesar dapat menyebabkan pendarahan hebat dalam beberapa hari pertama. Mungkin karena sayatan selama pembedahan dan pemulihan dinding uterus. Jangan gunakan “pembalut” selama 6 minggu, karena akan meningkatkan resiko infeksi di rahim dan vagina. Meskipun alirannya deras bunda harus selalu memeriksanya. Bunda bisa memeriksakannya ke dokter jika terjadi hal yang tidak biasa seperti bau busuk disertai demam yang bisa menjadi tanda infeksi pascapartum atau keinginan mendadak untuk buang air kecil hampir seminggu setelah melahirkan.

artikel terkait :

 

Advertising

menstruasi pasca operasi caesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *