Melahirkan Melalui Operasi Caesar dan Keuntungannya

Semua proses melahirkan, baik itu persalinan normal maupun Caesar (sesar) sama-sama menimbulkan rasa sakit, baik itu sebelum, saat proses, maupun sesudah persalinan berlangsung dan rasa sakit ini memang sudah pasti dilalui setiap wanita yang ingin menjadi seorang ibu. Biar bagaimanapun tubuh wanita sudah diciptakan Tuhan untuk melahirkan secara normal. Hal ini terbukti bahwa umumnya seorang manusia hanya dapat menahan 45 del (unit) dari rasa sakit. Ketika sedang melahirkan, seorang wanita mampu merasakan sekitar 57 del (unit) dari rasa sakit, atau rasa sakit ini yang sama dengan sekitar 20 tulang mengalami retak di waktu yang bersamaan.

Semakin majunya teknologi kedokteran, datangnya waktu melahirkan bukan lagi menjadi hal yang terlalu dirisaukan. Meskipun momen melahirkan adalah hal yang ditunggu, sebagai wanita tetap khawatir bahkan tak sedikit yang ketakutan berlebihan. Operasi caesar adalah terobosan dari ilmu kedokteran, dimana hal ini bisa meminimalkan risiko umum melahirkan dan selalu diandalkan sebagai jalan yang lebih aman bagi seorang ibu yang berisiko tinggi melahirkan secara normal. Seperti halnya yang memiliki komplikasi preeklampsia, bayi sungsang, usia, atau kondisi medis lainnya. Operasi caesar selain bermanfaat untuk menolong kelahiran ibu yang berisiko tinggi, rupanya ada sebagain wanita yang melihat hal ini sebagai cara yang baik untuk mempertahankan “keutuhannya” atau sebagai jalan pintas yang aman.

Operasi Caesar memang tidak terasa sakit karena diberikan obat bius saat proses pembedahan berlangsung, tetapi ibu tetap akan merasakan sakit ketika proses pemulihan berlangsung karena bekas luka dan jahitan akibat operasi Caesar ini. Selain itu proses penyembuhannya membutuhkan waktu lebih lama dibanding bila ibu melakukan persalinan secara normal. Saat persalinan normal mungkin 1-2 jam setelah melahirkan, ibu sudah bisa jalan dan melakukan aktivitas kembali. Pada proses persalinan dengan operasi Caesar mungkin ibu akan membutuhkan waktu hingga 6 minggu untuk bisa melakukan aktifitas kembali, atau hal ini tergantung dari kondisi dan daya tahan tubuh ibu.

Meskipun operasi caesar memiliki keuntungan dan manfaat yang baik, namun yang namanya tindakan bedah tentu saja ada resiko dan efek sampingnya. Risiko umum yang mungkin terjadi akibat operasi caesar bisa termasuk rasa nyeri yang cukup lama, pendarahan, infeksi, penggumpalan darah, adhesi atau perlengketan. Namu dokter menganjurkan operasi caesar tentu saja sudah mempertimbangkan yang terbaik dan mengambil risiko terkecil yang mungkin terjadi pada kondisi seorang ibu yang akan melahirkan dengan kata lain operasi caesar akan dilakukan untuk menyelamatkan ibu dan bayinya.

operasi caesar dan keuntungannya

Perlu diketahui bahwa dokter menutup sayatan saat melahirkan secara caesar bisa dengan tiga cara, yaitu:
  • Staples

Menutup sayatan dengan staples kulit merupakan cara yang paling mudah dan paling cepat dilakukan. Sebelum meninggalkan rumah sakit, dokter akan mencabut staples dari luka sayatan.

  • Jahitan

Cara ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan dilakukan menggunakan jarum dan benang. Jahitan ini kemudian akan menyatu sendiri dengan kulit Anda. Terdapat penelitian bahwa cara ini merupakan cara yang lebih baik dilakukan. Penelitian tahun 2014 menunjukkan bahwa wanita yang jahitannya ditutup dengan cara dijahit. Kemungkinan lebih kecil sebesar 57% untuk mengembangkan komplikasi luka. Dibandingkan dengan wanita yang menggunakan staples untuk menutup jahitan.

  • Lem

Lem khusus digunakan untuk menutup luka sehingga kulit menyatu kembali. Beberapa ahli mengatakan bahwa cara ini dapat menyembuhkan luka lebih cepat dan meninggalkan bekas luka yang lebih baik. Dokter akan menggunakan cara lem dengan faktor-faktor tertentu. Bagaimana operasi caesar dilakukan, apakah dilakukan dengan sayatan horizontal, serta konsistensi kulit dan lemak perut.

Bekas luka sayatan akan ditutupi dengan kertas seperti pita atau dikenal sebagai Steri-Strips. Pita ini berguna untuk melindungi luka supaya tetap tertutup dan bersih, serta akan terlepas sendiri sekitar 1 minggu. Pada saat penyembuhan, mungkin anda akan merasakan gatal dan ini hal yang normal. Setelah sekitar 6 minggu, bekas luka akan sembuh dan anda bisa menjalankan aktivitas seperti biasa. Walaupun bekas luka sudah sembuh atau mengering, namun mungkin warnanya masih agak kemerahan, hal ini normal terjadi. Membutuhkan waktu 6 bulan sampai warna luka memudar, menjadi lebih pucat, dan hampir menyamai warna kulit yang sebenarnya.

Keuntungan/Manfaat Kelahiran dengan Operasi Caesar yaitu jika dokter menyarankan operasi caesar. Artinya adalah cara yang paling aman untuk ibu dan bayinya yang bisa dikarenakan sebab tertentu yang bisa membahayakan keduanya jika melahirkan normal. Jika operasi caesar berarti Anda bisa tahu persis kapan waktu kelahiran bayi. Melahirkan Caesar tentunya ibu tidak akan merasakan sakit saat kontraksi melahirkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *