Melahirkan caesar di usia kehamilan 38 minggu??

Melahirkan caesar di usia kehamilan 38 minggu

melahirkan caesar di usia kehamilan 38 minggu
melahirkan caesar di usia kehamilan 38 minggu

melahirkan caesar di usia kehamilan 38 minggu – Usia kehamilan ini tentu saja menjadi momen yang mendebarkan bagi sebagian wanita hamil. Betapa tidak, tak selang beberapa saat lagi Anda akan melahirkan dan bertemu dengan si buah hati. Seorang wanita yang mendapatkan kehamilan pertama hal ini tentu saja akan menjadi suatu momen yang membuat mereka panik dan dicampuri dengan perasaan takut akan masa kelahiran yang sebentar lagi. Sehingga dalam hal ini dibutuhkan dukungan dan perhatian dari orang – orang terdekat untuk meringankan rasa takut dan panik yang Anda alami.

Akan tetapi, pada kenyatannya di usia kehamilan bulan ini seharusnya menjadi hal yang menyenangkan. Impian dan angan memeluk serta menggenggam buah hati akan segera terwujud. Maka dari itu, segala persiapan menyambut buah hati dipersiapkan sebaik mungkin supaya menjadi momen yang mengesankan dan dapat dikenang selamanya. Melahirkan caesar di usia kehamilan 38 minggu bayi sudah siap untuk dilahirkan ke dunia. Tubuh bayi akan mempersiapkan diri pada kelahirannya, semakin penting perubahan dalam tubuhnya. Kulit bayi menjadi halus, vellus lenyap, dan pembentukan vernix caseosa berhenti.

Setiap harinya berat badan si kecil akan terus bertambah. Setelah kelahiran usus besar di bersihkan dari sel – sel mati yang mengisinya dengan sempurna. Mereka mudah lepas secara bersamaan dengan kotoran pertama, kadang kala terjadi di rahim ibu. Sel – sel mati ditutupi oleh lendir dengan warna kehijauan, hal itu tidak membahayakan ibu dan bayinya. Berat badan bayi di usia kehamilan 38 minggu yaitu sekitar 3100gram. Sedangkan untuk panjang badan mereka diukur dari kepala sampai kaki yang mungil adalah 39 cm.

baca juga :

Menurut statistik, sekitar 5% wanita hamil yang melahirkan secara normal pada waktu perkiraan yang ditentukan oleh dokter. Karena persalinan bisa saja terjadi lebih awal, jadi harus segera menuju ke rumah sakit atau bidan. Tanda pertama persalinan yang akan datang adalah kontraksi, biasanya kontraksi disertai rasa nyeri parah dibagian panggul dan perut.

Melahirkan Caesar di usia kehamilan 38 minggu dan posisi bayi sungsang

Si kecil sekarang sudah masuk dalam posisi untuk menyusuri jalan lahir sementara kepalanya mungkin telah bergerak ke panggul. Namun dalam beberapa kasus, bayi kemungkinan akan gagal untuk berpaling berada di posisi di bawah kaki (sungsang) pada teahap terakhir dari trimester ketiga. Dokter mungkin akan merekomendasikan versi cephalic eksternal (EVC) untuk mengubah bayi sungsang atau melintang dengan menerapkan tekanan eksternal pada titik tertentu diperut Anda. EVC memiliki sekitar 50% tingkat keberhasilan, tergantung dengan berat janin, usia ibu dan tingkat sungsang. Bila dengan menggunakan cara itu tidak berhasil maka ibu akan melahirkan melalui operasi caesar.

Sebenernya posisi bayi sungsang sering menjadi alasan utama wanita hamil harus melahirkan melalui operasi caesar. Bagi Anda yang menginginkan melakukan persalinan secara normal, posisi bayi dalam rahim dengan posisi kepala di atas sering menjadi ketakutan tersendiri. Apalagi bagi yang baru pertama kali mengandung dan akan menjalani proses persalinan.

Posisi bayi sungsang sering terjadi pada trimester akhir kehamilan, secara teori masih bisa diperbaiki. Berikut beberapa hal yang menyebabkan bayi sungsang :

  • Letak plasenta
  • Terlilit tali pusar
  • Jumlah air ketuban
  • Terlalu sering merubah posisi saat bayi dalam perut
  • Panggul terlalu sempit
  • Bayi kembar
  • Tumor jinak rahim (mioma)

Saat usia kehamilan 28 minggu bayi belum dikatakan sungsang, posisi bayi akan terus berubah seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun, bila pada usia kehamilan 37 minggu bayi Anda menunjukkan posisi bayi sungsang ketika di USG. Selama tidak ada kontra indikasi, dokter akan mencoba melakukan pemutaran dari luar untuk mengembalikan posisi di kecil.

baca juga : 6 Cara Menghindari Tindakan Operasi Caesar

Kelahiran secara normal pada bayi sungsang masih mungkin dilakukan, selama tidak ada kondisi khusus seperti :

  • Kehamilan melewati lebih dari 42 minggu
  • Sebelumnya Anda pernah melakukan operasi caesar, sehingga tidak bisa diinduksi dengan obat atau infus. Jika ketuban pecah dini dan tidak disertai kontraksi persalinan atau persalinan tidak maju.
  • Bayi Anda sungsang lahi setelah dilakukan berbagai tindakan untuk mengembalikan posisinya.
Tips untuk memperbaiki posisi bayi sungsang :
  • Bersujud

Bersujud merupakan salah satu cara alami yang sering dianjurkan oleh dokter, karena relatf mudah dan aman. Sebaiknya lakukan kegiatan ini dengan keadaan perut kosong, sambil bernafas secara perlahan. Tujuannya agar tidak terjadi ketegangan otot atau kontraksi. Lakukan hal ini 3 kali sehari selama 10 – 15 menit.

  • Berenang

Olahraga satu ini mempunyai segudang manfaat bagi ibu hamil. Dapat membuat lebih rileks dan longgar, jadi dapat merubah posisi bayi dengan mudah.

  • Yoga

Khusus yoga, sebaiknya dilakukan oleh Anda yang terbiasa melakukan olahraga ini. Karena gerakan yang efektif membuat posisi bayi sungsang adalah headstand dan yoga downward position.

melahirkan caesar di usia kehamilan 38 minggu
melahirkan caesar di usia kehamilan 38 minggu
  • Pijat ringan

Letakkan tangan kiri di bagian bawah perut dan tangan kanan di atas. Gerakkan tanga  searah jarum jam di sekitar sisi kanan perut. Saat tangan kanan mencapai perut bagian atas, geser yang kiri dengan memindahkan ke sisi kiri perut. Lalu tangan kiri memutar satu lingkaran penuh searah jarum jam. Gunakan lotion dan lakukan beberapa kali setia harinya.

Tanda – tanda persalinan tiba di minggu ke 38 minggu

Berikut tanda yang perlu diketahui tentang melahirkan di usia kandungan 38 minggu :

  • Mendapatkan 5 atau lebih kontraksi dalam 1 jam.
  • Menstruasi seperti kram
  • Pendarahan / bercak
  • Meningkatnya keputihan
  • Merasa tekanan di daerah perut bagian bawah atau panggul
  • Banyak cairan bening, encer atau air ketuban pecah
  • Pelepasan lender berwarna kecoklatan, merah muda atau berdarah atau kehilangan sumbat lendir.
  • Gejala mirip flu (mual, muntah, dan diare).

Sekian yang dapat saya bagikan mengenai melahirkan caesar di usia kehamilan 38 minggu, semoga Anda dan bayinya selalu diberikan kesehatan pada saat melahirkan nantinya. baik melalui operasi caesar maupun melalui persalinan normal.

*** Semoga Bermanfaat ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *