Makanan Yang Baik Sebelum Melahirkan Caesar, Wajib Bunda Coba!!!

Makanan Yang Baik Sebelum Melahirkan Caesar

makanan yang baik sebelum melahirkan caesar
makanan yang baik sebelum melahirkan caesar

Jenis persalinan apapun yang akan Anda lakukan baik sudah direncanakan ataupun belum. Melahirkan caesar tidak bisa dikesampingkan, karena jika Anda sudah merencanakan melahirkan normal bisa saja dipertengahan ada permasalahan pada kelahiran dan diharuskan melalui operasi caesar. Setiap ibu juga sudah ditentukan oleh dokter waktu untuk melahirkan yang sesuai dengan perhitungan. Ada baiknya juga untuk konsumsi makanan yang baik sebelum melahirkan caesar, agar masa pemulihan setelah operasi caesar dapat berlangsung cepat. Apa saja makanan yang baik sebelum melahirkan caesar? Yuk kita simak penjelasan dibawah ini.

Persiapan apa saja yang dilakukan sebelum melahirkan caesar?

Apakah Anda ingin melakukan operasi caesar? Maka perhatikan berat badan Anda sejak dini. Melahirkan caesar merupakan proses persalinan yang dilakukan dengan cara menyayat dinding perut dan dinding rahim. Tindakan medis ini boleh dilakukan jika ada masalah kesehatan tertentu atau atas anjuran dokter. Salah satu masalah yang banyak terjadi adalah pinggul kecil atau bayi sungsang. Jika Anda memang dianjurkan untuk melakukan perasi caesar, ini ada beberapa persiapan sebelum melahirkan caesar :

  • Siapkan mental dan fisik.

Pada trimester terakhir kehamilan, Ibu harus senantiasa menjaga tubuh agar lebih fit dan siap menghadapi operasi nanti, misalnya dengan tidur yang cukup. Selain kebugaran tubuh, pikiran Ibu juga harus positif dan percaya bahwa semuanya akan berjalan dengan lancar. Jika keduanya sudah dilakukan, maka mental Ibu pasti akan lebih siap untuk menghadapi operasi nanti.

  • Mandi dengan air hangat sebelum operasi.

Jika operasi caesar sudah direncanakan, bersihkan dulu seluruh tubuh Ibu dengan air hangat sebelum operasi. Pasalnya, air hangat dapat mengatasi stres menjelang persalinan. Ruang operasi memang sudah steril, namun tetaplah bersihkan seluruh tubuh dengan sabun antiseptik ya, Bu.

  • Berdiskusi dengan dokter.

Setelah menyetujui akan melakukan persalinan secara caesar, Ibu harus selalu aktif berkomunikasi dengan dokter yang akan menangani proses persalinan nanti. Ibu juga harus tahu bahwa rasa sakit setelah operasi caesar akan lebih terasa dibandingkan dengan persalinan secara normal akibat bekas jahitan. Konsultasikan juga mengenai riwayat kesehatan Ibu, kebutuhan akan donor darah, dan alergi obat-obatan bila ada.

  • Siapkan semua perlengkapan yang akan dibawa ke rumah sakit.

Sebelum melakukan persalinan caesar, Ibu juga harus memastikan bahwa suami atau kerabat yang menemani proses persalinan nanti membawa keperluan untuk Ibu dan si Kecil. Ibu bisa melihat daftar perlengkapan yang perlu dibawa ke rumah sakit,

baca juga : Masa Nifas Setelah Melahirkan Caesar, Apakah Harus 40 hari?

Ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan juga ketika Anda ingin melahirkan caesar, antara lain sebagai berikut :

  1. Kesehatan ibu

Kesehatan ibu merupakan hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum melahirkan caesar. Meski tak mengalami proses mengedan, melahirkan caesar akan menghabiskan darah dalam jumlah besar dibanding melahirkan normal. Karena kesehatan fisik yang bagus juga akan berpengaruh pada kesehatan mental saat persalinan.

  1. Umur janin

Hal kedua yaitu umur janin dalam kandungan, dokter akan mempersilahkan calon orang tua memilih tanggal pada usia kandungan 38-40 minggu. Saat umur ini janin dianggap sudah organ yang dimiliki sudah berfungsi dengan baik. Meskipun lewat operasi, persalinan yang akan dilakukan ada baiknya ketika sudah terjadi kontraksi. Karena hal itu akan mengurangi resiko organ yang belum berfungsi normal menjadi kecil.

  1. Ketersediaan darah

Hal yang satu ini perlu dipertanyakan pada pihak rumah sakit. Ini dilakukan untuk berjaga-jaga bila terjadi kondisi darurat selama proses persalinan. Standar rumah sakit berbea-beda mengenai ketersediaan darah, maka dari itu jangan sampai terjadi kondisi kritis si ibu mengalami kekurangan darah.

  1. Pro Inisiasi Menyusui Dini di Rumah Sakit

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) adalah proses menyusui pada bayi yang dimulai secepatnya setelah bayi dilahirkan. IMD tak hanya berguna pada bayi tetapi juga untuk ibu, saat ini belum semua rumah sakit melakukan hal ini saat persalinan caesar. Sebenarnya kewajiban memberikan IMD sudah diatur dalam peraturan menteri kesehatan (Permenkes) 5 tahun 2014. Pasal 2 menyebutkan tenaga kesehatan wajib melaksanakan IMD terhadap bayi  yang baru lahir kepada ibu minimal selama 1 jam, jika tidak ada indikasi medis.

  1. Biaya Rumah Sakit

Terakhir yang perlu diperhatikan yaitu mengenai biaya rumah sakit dan persalinan. Jangan malu untuk mencari informasi mengenai biaya persalinan melalui operasi caesar dan fasilitas dari rumah sakit. Karena dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa mempersiapkan uang sesuai dengan informasi yang didapat atau bahkan lebih dari itu untuk persiapan hal lain yang mungkin tidak diduga sebelumnya.

Makan sebelum operasi caesar mempercepat pemulihan? Apa saja makanan yang baik sebelum melahirkan caesar?

Lebih dari 100 tahun protokol medis, Anda biasanya tidak diperbolehkan makan setidaknya 12 jam sebelum operasi dilakukan. Namun, ada pendekatan baru yang mengubah kebiasaan tersebut. Karena makan sebelum operasi justru dapat mempercepat masa pemulihan, dilansir dari Dailymail, pendekatan baru dielopori di akhir tahun 90 oleh ahli bedah Denmark, Profesor Henrik. Menurutnya, protokol medis lama tidak memperbolehkan Anda makan 12 jam sebelum operasi. Selain itu, bila Anda menjalani operasi perut, maka Anda tidak boleh makan hingga seminggu setelah operasi dan hanya boleh bergerak di tempat tidur selama berminggu-minggu.

makanan yang baik sebelum melahirkan caesar
makanan yang baik sebelum melahirkan caesar

Dengan demikian, tidak mengherankan bila Anda sering mengalami penurunan berat badan yang dramatis, khususnya bagi orang yang lemah dan usia lanjut. Bila dibiarkan seperti ini, pasca operasi Anda justru lebih lemah dan rentan terhadap infeksi, sehingga akan memakan waktu laama untuk pemulihan. Bertentangan dengan tradisi konvensional, Prof Kehlet justru merekomendasikan Anda untuk diberi makanan yang kaya karbohidrat seperti kentang dan pasta sampai 6 jam sebelum operasi, serta minuman berenergi tinggi sampai 2 jam sebelum operasi. Selain itu, setelah operasi pun Anda sebaiknya makan sesegera mungkin. Anda juga hendaknya bangun dan banyak bergerak di hari berikutnya, bukan hanya beristirahat di tempat tidur. “Bergerak juga merupakan hal yang penting. Tidak bergerak dan hanya tidur di tempat tidur dalam waktu yang lama akan meningkatkan risiko infeksi sehingga dapat memperpanjang penyakit,” jelas Prof Kehlet.

“Alasan utama tidak memperbolehkan Anda makan sebelum operasi adalah resiko kesulitan bernafas. Karena makanan dari lambung masuk ke paru-paru, tetapi resiko ini sangat minimal.” Kata Prof Kehlet.  Makanan sebelum operasi yang bia Anda konsumsi adalah jenis makanan yang mengandung banyak antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

baca juga : Jahitan Caesar Di lem? Beginilah Yang Terjadi Setelah Operasi Caesar

Jumlah waktu yang diperlukan untuk berpuasa makan sebelum operasi akan tergantung pada prosedur apa yang Anda jalani. Namun, biasanya enam sampai delapan jam untuk makanan, dan dua jam untuk cairan. Dalam pedoman puasa pra-operasinya, American Society of Anesthesiologists mengatakan bahwa aman untuk orang sehat dari segala usia yang menjalani operasi terencana untuk mengonsumsi:

makanan yang baik sebelum melahirkan caesar
makanan yang baik sebelum melahirkan caesar

1. Cairan bening, termasuk air putih, teh, kopi hitam, minuman berkarbonasi, dan jus buah tanpa ampas, hingga dua jam sebelum operasi. Anda mungkin diwanti-wanti untuk menghindari beberapa jenis cairan, seperti susu, atau teh/kopi yang menggunakan krimer karena minuman ini memiliki protein dan lemak di dalamnya yang dapat merusak paru-paru Anda.

2. Makanan ringan yang bisa terasa kenyang sampai 6 jam sebelum operasi, antara lain :

  • Roti, salah satu makanan sumber karbohidrat dan ibu hamil sangat membutuhkan banyak energi untuk melahirkan. Namun, ada juga yang makan nasi dengan lauk, tetapi lebih baik jika Anda makan roti saja. Bisa konsumsi roti gandum agar rasa kenyang bisa tahan lebih lama.
  • Biskuit, biskuit yang dimaksud adalah biskuit sehat sepert biskuit gandum, ini tidak termasuk biskuit krim atau biskuit asin. Sebenarnya Anda tidak membutuhkan makanan yang tinggi gula atau makanan kaya nutrisi. Makanan seperti itu bisa Anda penuhi saat hamil.
  • Buah, buah merupakan salah satu makanan yang baik sebelum melahirkan caesar yang mudah dicerna namun juga mengandung karbohidrat sehat. Hal itulah yang menjadikan buah dipilih menjadi makanan ringan sebelum operasi. Beberapa buah yang biasa dikonsumsi seperti apel, pisang, dan alpukat. Buah tersebut mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk memperlancar persalinan.

baca juga : Buah Pasca Caesar Yang Baik dan Aman Untuk Ibu Menyusui

3. Makanan berat, termasuk gorengan atau makanan berlemak/berdaging, hingga delapan jam sebelum operasi. Namun begitu, orang tua masih disarankan untuk tidak memberikan anak-anak mereka makanan padat pada tengah malam malam sebelum operasi. Cairan bening, seperti air, jus apel, minuman olahraga, puding atau agar, aman untuk dikonsumsi sampai empat jam sebelum prosedur.

Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan yang banyak mengandung lemak, gula, serat dan jenis makanan apapun yang sulit dicerna, seperti:

  • Gorengan
  • Cookies
  • Permen
  • Keripik
  • Santen
  • Kopi hitam
  • Alkohol
  • Soda
  • Makanan produk olahan susu
  • Makanan lain yang merupakan produk junk food

Jika Anda rutin mengonsumsi vitamin dan suplemen, ada baiknya hentikan penggunaannya seminggu sebelum operasi. Diskusikan obat apa pun yang sedang Anda konsumsi dengan dokter. Pasalnya ada beberapa jenis obat yang bisa Anda konsumsi sesuai resep, namun ada juga obat yang harus dihentikan sebelum operasi.

Setelah melahirkan caesar tak ada salahnya juga untuk konsumsi obat herbal yang dapat membantu penyembuhan luka bekas operasi. Nah, kali ini saya akan rekomendasikan produk herbal kami yang benama Kapsul Kutuk Premium, selengkapnya…

makanan yang baik sebelum melahirkan caesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *