5 Jenis Makanan Sehat Pasca Caesar Yang Dipercaya Mempercepat Penyembuhan Luka

Makanan Sehat Pasca Caesar

makanan sehat pasca caesar
makanan sehat pasca caesar

Makanan sehat pasca caesar – Supaya kebutuhan nutrisi Ibu terpenuhi dan untuk pertumbuhan serta perkembangan si kecil harus memperhatikan gizi seimbang. Makan makanan sehat pasca caesar dapat ibu lakukan dengan teratur maka hasilnya pun akan bagus dan pemulihan luka ibu pasca operasi akan cepat kering.

Kewajiban bagi Ibu sudah menunggu meskipun bekas luka belum sembuh total. Pemulihan makanan sehat pasca caesar sangatlah penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan pemulihan ibu pasca operasi sesar. Makan makanan sehat pasca caesar sangat dianjurkan, supaya tidak makan makanan sembarangan seperti junk food atau makanan yang membuat ibu susah untuk BAB.

Menurut Amierican Dietic Association, sebagai ibu yang baru menyusui anaknya membutuhkan asupan tambahan sebanyak 500 kalori. Sementara jumlah kalori harian yang dikonsumsi tidak boleh kurang dari 1800 kalori. Jumlah itu akan bertambah apabila ia menyusui lebih dari satu bayi.

Makanan sehat Pasca caesar agar cepat pulih dan jahitan cepat kering

makanan sehat pasca caesar
makanan sehat pasca caesar

Berikut adalah jenis makanan agar pemulihan dan luka operasi caesar cepat sembuh dan kering sebagai berikut :

  1. Protein

Makanan sehat pasca caesar yang lainnya yaitu makanan yang mengandung protein. Protein membantu dalam penyembuhan jaringan lama dan membangun jaringan baru pada wanita yang telah menjalani operasi sesar. Makanan yang kaya akan protein seperti : kacang, tofu, kemiri, susu, yogurt, keju alpukat, bayam, dan lain – lain.

  1. Makan Makanan Yang Mengandung Serat

Makanan yang mengandung serat salah satunya adalah buah – buahan untuk mencegah sembelit. Macam buahnya seperti : pisang, pir, apel, rasberry, dan konsumsi biji – bijian gandum , roti, kacang polong, kacang – kacangan, dan sayuran seperti kacang hijau dan beberapa makanan tinggi serat. Buah dengan kulit yang dapat dimakan untuk memberikan lebih banyak serat agar sistem pencernaan lancar.

  1. Vitamin C

Wanita yang telah menjalani operasi caesar harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Karena untuk memperbaiki jaringan selama operasi. Hal ini membantu pengembangan kolagen untuk memangun tedon baru, jaringan bekas luka, pembuluh darah dan kulit segar. Vitamin C selain terdaat pada jeruk dan tomat juga dapat ditemukan dalam brokoli, kentang manis, dan paprika. Vitamin C memperepat proses pemulihan dan memerangi infeksi. Sifat antioksida vitamin C membantu tubuh memperbaiki jaringan.

  1. Perbanyak Konsumsi Cairan

Memperbanyak cairan selain menghindari dehidrasi juga mencegah terjadinya sembelit. Minum banyak cairan dapat membantu dalam gerakan usus halus dan pemulihan setelah operasi. Setidaknya 8 – 10 gelas air setiap harinya. Cairan juga pentin, terutama ketika menyusui si kecil. Cairan seperti minuman yang diperkaya kalsium, yogurt rendah lemak, dan juga susu dapat meningkatkan pasokan ASI.

  1. Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Seseorang pasca operasi caesar mungkin kehilangan banyak darah selama operasi. Oleh karena itu, harus mengisi zat besi yang hilang dengan makan makanan yang mengandung zat besi. Bayam, daging merah, makanan laut, kacang – kacangan, dan kentang adalah beberapa makanan yang mengandung banyak zat besi untuk mengkompensasi besi yang hilang dalam tubuh.

Cara Untuk Diet Melalui Makanan Sehat Pasca Caesar

Hampir 33% ibu yang melahirkan pada tahun 2003 melalui operasi caesar, melaporkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Jika ibu salah satunya, bagaimana ibu memperlakukan tubuh sehari-hari setelah melahirkan. Operasi Caesar adalah operasi besar pada bagian perut dan melibatkan pemotongan melalui dinding perut serta rahim untuk melahirkan bayi. Proses pemulihan membutuhkan nutrisi yang optimal untuk penyembuhan. Nutrisi atau makanan sehat pasca caesar yang tepat juga akan membantu menurunkan berat badan yang diperoleh selama kehamilan.

Beberapa jam setelah melahirkan caesar ibu mungkin mengalami mual yang berlangsung selama beberapa hari, terutama jika ibu melakukan anestesi umum. Tergantung pada kemajuan ibu, dokter akan mengizinkan diet cairan jernih dan kemudian makanan nyata. Sangat penting jika ibu melewati tahap mengeluarkan gas dan indikasi saluran usus yang berfungsi sebelum ibu beralih ke makanan utuh. Berjalan dengan perlahan segera setelah ibu dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan membuat saluran pencernaan bekerja dengan normal. Fokus pada pilihan makanan tinggi serat seperti biji-bijian, sayuran segar, dan kacang-kacangan saat ibu dapat mengonsumsi makanan padat. Hidrat secara menyeluruh dan sesekali minum jus, terutama jus prune untuk membuat semuanya bergerak.

Cara diet pada beberapa minggu pertama, dibutuhkan sekitar 6 minggu untuk sembuh sepenuhnya dari operasi caesar. Mungkin lebih lama jika ibu mengalami komplikasi setelah melahirkan caesar. Awalnya ibu mungkin masih terlihat sedikit hamil, tetapi rahim ibu akan kembali ke ukuran normal pada waktunya. Jangan mencoba untuk diet dan menurunkan berat badan selama 6 minggu pertama, karena tubub masih dalam proses pemulihan. Jika ibu menyusui, maka membutuhkan kalori dan nutrisi yang cukup untuk memberikan ASI terbaik pada si kecil. Makanan sehat pasca caesar yang seimbang seperti makanan yang mengandung protein tanpa lemak, banyak sayuran, dan buah segar terutama buah yang mengandung vitamin C. Sebab vitamin C dapat membantu proses penyembuhan, susu rendah lemak, dan biji-bijian harus terdiri dari sebagian besar makanan.

makanan sehat pasca caesar
makanan sehat pasca caesar

Menghindari makan malam, seperti makan malam beku atau makanan olahan lainnya. Sebagai gantinya, siapkan makanan yang mudah dibuat seperti ayam panggang, salad, sayuran cincang, dan pasta whole-grain. Nikmati cemilan sehat seperti buah, kacang, dan yogurt rendah lemak. Setiap wanita kehilangan berat badan setelah masa kehamilan pada tingkat yang berbeda-beda. Pada 6 bulan setelah melahirkan banyak yang mungkin akan kehilangan berat badan jika sudah makan dengan baik. Jika ibu mendapat 35 pon atau lebih, mungkin memerlukan 10 atau 12 bulan untuk menurunkan berat badan. Menyusui secara alami meningkatkan pembakaran kalori harian untuk membantu menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan hingga 6 minggu setelah operasi caesar, ada baiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum memulai diet apapun. Makan antara 500 dan 750 kalori lebih sedikit daripada yang ibu bakar setiap harinya akan menyebabkan penurunan berat badan 1-1,5 pon perminggu. Latihan juga membantu dalam proses penurunan berat badan seperti jalan-jalan dengan kereta dorong. Hindari diet yang membahayakan kesehatan, tingkat metabolisme, dan kualitas ASI (jika ibu menyusui).

Ekspektasi Melahirkan Caesar Jangka Panjang

Memiliki bayi dapat menyebabkan perubahan permanen pada tubuh. Sebuah operasi caesar meninggalkan bekas luka, sementara kehamilan dapat meninggalkan stretch mark dan payudara yang sedikit lebih kendor. Beberapa wanita memiliki lemak perut ekstra yang berkembang di sekitar situs bekas luka dan tidak pernah sepenuhnya menghilang. Lebih mudah untuk mencapai satu post-kehamilan jika ibu berolahraga dan makan dengan benar selama kehamilan, terus menambah berat badan hingga sekitar 30 kilogram dan kemudian menyusui bayi Anda. Berkonsultasilah dengan dokter atau temui ahli diet untuk mendapatkan saran makanan sehat pasca caesar yang mendetail jika ibu memerlukan bantuan dengan rencana penurunan berat badan.

Mengkonsumsi makanan yang dijabarkan diatas saja tidak cukup, dapat juga dengan mengkonsumsi obat herbal seperti obat herbal yang satu ini yaitu Kapsul Kutuk Premium. Kapsul Kutuk Premium merupakan salah satu obat herbal untuk mempercepat pengeringan luka pasca operasi caesar.

Khasiat dan Manfaat Kapsul Kutuk Premium yaitu :

  • Luka bekas operasi Anda akan lebih cepat kering.
  • Mengurangi nyeri peradangan / pembengkakan.
  • Tanpa adanya Efek Samping terhadap Anda.
  • Tidak mempengaruhi ASI Anda (untuk perawatan pasca caesar).
  • Lebih cepat proses penyembuhannya hanya (1-2 Minggu).
  • Menghindari bekas jahitan Anda terkena Infeksi.
makanan sehat pasca caesar
makanan sehat pasca caesar

Kapsul Kutuk sudah TERDAFTAR BPOM dengan Nomor Registrasi 143 380 041 dan Terdaftar juga untuk label HALAL MUI dengan Nomor Registrasi 12270001560515. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk konsumsi Kapsul Kutuk.

Itulah informasi seputar makanan sehat pasca caesar untuk mempercepat penyembuhan luka salah satunya agar luka cepat kering. Semoga lekas sembuh dan selamat mencoba.

*** Semoga bermanfaat ***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *