6 Makanan Penyembuhan Luka Operasi Caesar Terpercaya

Makanan Penyembuh Luka Operasi Caesar

makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar
makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar

Makanan merupakan faktor yang penting untuk mempercepat penyembuhan luka setelah operasi caesar. Selama masa nifas, agar luka cepat kering bunda dianjurkan untuk tidak sembarang memilih menu makanan sehari-hari. Terutama seperti makanan junk food, pembentuk gas dan makanan yang membuat bunda susah Bab.

Untuk memenuhi kebutuhan bunda dan untuk pertumbuhan serta perkembangan bayi, bunda pintar harus memperhatikan Gizi Seimbangnya. Lalu apa saja makanan yang mempercepat penyembuhan luka operasi caesar.

Agar luka cepat kering, inilah Makanan Mempercepat penyembuhan Luka operasi Caesar

Berikut adalah jenis makanan mempercepat penyembuh luka operasi caesar cepat sembuh, kering serta rendah kalori dan cara diet Anda pun tidak terganggu.

1.Good Nutrition

Nutrisi yang baik akan membantu bunda mempercepat proses penyembuhan dan mengembalikan energi setelah operasi caesar. Teruslah mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang seperti yang bunda makan selama kehamilan seperti makanan kaya protein, zat besi dan vitamin C.

Protein berkontribusi pada pertumbuhan jaringan baru dan bantuan dalam proses penyembuhan. Vitamin C diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan melawan infeksi. Zat besi dibutuhkan untuk hemoglobin dan untuk memenuhi kebutuhan darah yang hilang selama kehamilan dan berfungsinya sistem kekebalan tubuh. Diet seimbang meliputi makanan yang mengandung karbohidrat, semua vitamin dan protein utama.

2. Makan makanan yang mudah dicerna

Wanita yang memiliki persalinan caesar sering mengalami peningkatan gas setelah melahirkan. Jadi mereka tidak boleh makan apapun yang menyebabkan gas dan konstipasi. Hindari makanan yang digoreng dan minuman berkarbonasi yang menghasilkan gas. Sebaiknya makan makanan berserat untuk menghindari sembelit.

Cobalah sup hangat yang kaya nutrisi yang bisa dicerna dengan mudah. Beberapa makanan yang direkomendasikan yang dapat bunda masukkan dalam makanan adalah kaldu, keju cottage dan yogurt.

Kabarnya yogurt adalah sumber kalsim yang baik. Masukkan yogurt ke menu harian bunda untuk mengembalikan keseimbangan bakteri dalam tubuh setelah operasi caesar.

Hindari mengonsumsi makanan olahan seperti pasta, roti dll. yang sulit dicerna dan membuat bunda mengalami konstipasi. Lanjutkan diet normal bunda setelah tidak sakit saat buang air besar dan makan yang mudah dicerna.

Penyerapan kalsium pada makanan akan lebih bagus apabila bunda membiasakan diri berjemur dibawah sinar matahari pada pagi hari.

3. Protein

Makanan yang mengandung protein tinggi termasuk ikan, ayam, telur, daging, makanan olahan susu, kacang-kacangan, kacang polong dan kacang kering. Mengonsumsi makanan kaya protein akan membantu tubuh untuk sembuh dengan cepat. Karena protein memudahkan perbaikan sel jaringan dan menjaga otot pasca operasi.

Pilihlah makanan berprotein yang mudah dicerna, terutama saat bunda sedang menyusui bayinya. Bunda dapat memasukan menu protein seperti olahan ikan gabus sampai dibolehkan untuk makan makanan padat setelah melahirkan. Manfaat ikan gabus diperacaya bisa menyembuhkan luka operasi dengan cepat.

Pesan Gizi Seimbang dari KemenKes juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi pangan sumber protein hewani seperti ikan, susu dan telur. Tapi kabarnya, diet dari 15 telur per hari selama 8 hari memberikan protein albumin, namun kadar kolesterol juga mengangkat . Ini membahayakan kesehatan pasien dengan kolesterol tinggi.

4. Vitamin C

Makanlah banyak buah dan sayuran yang mengandung vitamin C seperti jeruk, stroberi, pepaya, melon, anggur, brokoli, ubi jalar, tomat dll. Antioksidan hadir dalam vitamin C  untuk perbaikan jaringan dan mempercepat proses penyembuhan.

makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar
makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar

Diutamakan untuk memilih buah-buahan dan sayuran lokal, karena bunda sedang menyusui. Alasan lainnya vitamin C dibutuhkan oleh Ibu menyusui, untuk membantu penyerapan zat besi. Adapun makanan yang mengandung vitamin D dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium.

5. Zinc & Zat Besi

Banyak darah yang hilang selama melahirkan caesar, yang bisa menguras zat besi (hemoglogin) dalam darah dan membuat bunda cepat kelelahan. Daging segar merah, kuning telur, hati, buah kering dan biji kering diperkaya dengan zat besi.

Kekurangan Zn juga menyebabkan terganggunya perusakan mikroba dan proses penyembuhan luka. Sehingga pemberian Zn meningkatkan dan mempercepat proses penyembuhan luka bedah. Ini bisa jadi karena fakta bahwa Zn ber-peran penting dalam mengikat protein dan dalam perkalian sel.

Selain susu yang mengandung banyak Zinc (Zn) untuk mempercepat penyembuhan, ikan gabus adalah yang terbaik karena kaya akan protein albumin dan Zn.

6. Minum banyak cairan

Minum banyak cairan diperlukan untuk mencegah dehidrasi dan menghindari sembelit. Bersamaan dengan cairan lainnya seperti susu rendah lemak, teh herbal, jus buah non-jeruk (tanpa pemanis), air kelapa dll.

Minum banyak cairan bahkan lebih penting lagi saat menyusui bayi karena bisa membuat haus. Untuk meningkatkan suplai susu, minum jus, jus dan yoghurt rendah lemak. Minum cukup cairan akan membantu mengisi cairan yang telah hilang selama proses melahirkan caesar.

Kebutuhan air minum pada ibu menyusui pada 6 bulan pertama adalah 14 gelas sehari dan pada 6 bulan kedua adalah 12 gelas sehari. Itu sudah merupakan prosedur perawatan setelah melahirkan sesar maupun normal.

Hidrasi akan membantu pergerakan usus dan juga membantu pemulihan lebih cepat. Dapatkan cukup vitamin, terutama vitamin E dan C, dari makanan dan suplemen untuk membantu tubuh lebih cepat dan hindari infeksi.

Itulah tips informasi seputar makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar agar cepat kering.

*** Semoga bermanfaat. ***

sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *