Makan Mie Instan Setelah Melahirkan Caesar? Beginilah Akibatnya!!!

makan mie instan setelah melahirkan caesar

makan mie instan setelah melahirkan caesar
makan mie instan setelah melahirkan caesar

Ketika sedang hamil ataupun setelah melahirkan, ibu membutuhkan banyak nutrisi demi memenuhi kebutuhan diri sendiri dan si kecil. Makan makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, dan lain sebagainya yang baik untuk ibu dan juga si kecil. Tetapi kadang ada rasa ingin memakan makanan yang siap saji seperti mie instan ataupun makanan lain yang siap saji. Ternyata dampak makan mie instan setelah melahirkan caesar bisa mempengaruhi ASI. Jadi ada baiknya untuk ibu yang terbiasa untuk makan makanan instan untuk mengurangi, Mengapa demikian? Mari kita cari tahu!

Apakah Aman Makan Mie Instan Setelah Melahirkan Caesar?

Operasi caesar merupakan suatu tindakan bedah yang dilakukan di bagian perut untuk melahirkan janin. Waktu penyembuhan setiap orang berbeda-beda sesuai dengan keadaan ibu, seperti ada tdaknya infeksi, nutrisi, kebersihan, dan penyakit yang diderita. Penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama 6 minggu bisa saja lebih. Sebagai pendukung proses penyembuhan luka operasi, ibu perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak infeksi dan memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang.

Kebiasaan buruk selama hamil akan memiliki dampak buruk pula pada kesehatan pasca melahirkan baik pada bayi maupun pada ibu. Jika selama kehamilan ibu sering mengonsumsi mie instan, maka bahaya mie instan setelah melahirkan biasanya akan memperngarhi ASI dan bayi. Karena setelah melahirkan biasanya akan sangat membutuhkan banyak nutrisi untuk menghasilkan ASI, makanan dan kesehatan harus dijaga dan dihindari makanan yang dapat membahayakan tubuh seperti makanan siap saji atau junk food.

Apapun jenis makanan yang ibu makan sebenarnya menjadi bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Seperti makan mie, semua orang pasti menyukainya karena terbilang enak dan praktis. Maka dari itu makan mie instan setelah melahirkan caesar sebenarnya tidak dilarang jika ibu tidak konsumsi mie instan secara berlebihan, misal seminggu sekali. Itupun lebih baik apabila ditambah sayuran agar kebutuhan nutrisi ibu dan si kecil terpenuhi. Alangkah baiknya konsumsi junk food dikurangi agar perkembangan si kecil tidak terhambat. Konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur diimbangi dengan olahraga secara rutin.

Lalu, bolehkah makan mie instan setelah melahirkan caesar bagi ibu yang menyusui? Saat proses menyusui tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan dari segi makanan yang dikonsumsi. Secara umum ibu yang menyusui tidak diperbolehkan makan sembarangan, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas, kuantitas, dan citasara ASI itu sendiri. Sebenarnya mie intan terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan yang membahayakan adalah bahan pendukungnya. Seperti pengawet, penyedap rasa, dan bumbu dari mie. Bumbu mie instan mengandung MSG, perlu diketahui bahwa MSG memiliki efek neurotiksik jika dikonsumsi terus menerus. Selain itu masalah terbesar dengan mie adalah kandungan sodium di dalamnya. ASI yang yang disarankan saat ini untuk orang dewasa dan anak-anak di atas 4 tahun adalah 1500 mg/hari.

baca juga : Nutrisi Pasca Caesar Yang Baik Untuk Dikonsumsi Bunda

Ibu menyusui membutuhkan asupan gizi yang cukup tinggi untuk menjaga kualitas ASI bagi bayi. Tidak disarankan untuk ibu yang sedang menyusui konsumsi mie instan secara terus menerus karena akan berdampak buruk bagi nutrisi yang dibutuhkan bayi. Lebih disarankan bagi ibu menyusui untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung folat, flavonoid, betakaroten, dan nutrisi penting lainnya. Zat aditif maupun MSG yang ada pada mie instan bisa mempengaruhi kualitas ASI sehingga berdampak terhadap proses menyusui. Mie instan tidak memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi. Kandungan pada mie instan seperti MSG justru akan membahayakan kesehatan bayi.

Nah, alangkah baiknya ibu menyusui tidak terlalu banyak mengkonsumsi mie instan. Konsumsilah makanan yang bergizi seperti buah-buahan, sayuran, daging, telur, dan jenis makanan sehat yang lainnya. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk membantu pembentukan tulang dan gigi bayi. Ibu menyusui hendaknya mempebanyak konsumsi air putih untuk menunjang produksi ASI supaya lancar dan kuantitasnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Jika mengalami gangguan selama menyusui segeralah tanya pada dokter.

Berikut tips membuat mie intasn lebih sehat :

Hanya cara yang mungkin untuk membuat mie sedikit lebih sehat adalah dengan menambahkan sayuran segar atau telur rebus. Jika ibu harus menikmati mie ketika sedang hamil, pastikan bahwa ibu memasukkan sayuran segar seperti kacang polong, paprika, tomat, kentang, dan lain sebagainya. Sayuran juga membantu dalam memperkaya cita rasa mie sambil meningkatkan hasil bagi nutrisi. Nestle maggi menduduki peringkat teratas untuk daftar produk mie instan paling laris di negara-negara Asia Selatan.

Mie atta dan mie multigran yang relatif lebih sehat, foodles by holick dinilai paling sehat dari semua mie instan yang tersedia di India. Knorr soupy noodles juga mengandung banyak sayuran, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah minyak yang digunakan dalam persiapan mie. Mie instan tidak memerlukan lebih dari 1 sendok makan minyak untuk hiasan (kebanyakan orang lebih memilih ini daripada hanya direbus dalam air.) Pastikan bahwa minyaknya segar dan bersih, serta tidak tengik. Selalu ingat bahwa mie yang mengandung sayuran ditambahkan sarat dengan pengawet ekstra.

Dampak Makan Mie Instan Setelah Melahirkan Caesar

Mie instan adalah jenis makanan “cepat”, sangat mudah untuk dipersiapkan (yang ibu butuhkan hanya ais panas). Mereka dapat membantu menenangkan perut mual, rasa cukup baik dan sangat terjangkau juga. Namun, 1 porsi bukanlah makanan yang seimbang dan semua dikandungannya adalah pati, banyak garam, dan monosodium glutamat (MSG). Mie instan tidak baik dimakan jika mie instan saja, karena tidak memiliki protein, vitamin, mineral, sayuran, dan serat.

makan mie instan setelah melahirkan caesar
makan mie instan setelah melahirkan caesar

Mie instan mengandung nutrisi yang lebih rendah daripada makanan pokok lainnya. Konsumsi mie lebih baik hanya untuk cemilan saja, bukan sebagai makanan pokok. Terutama untuk ibu hamil ataupun setelah melahirkan, karena mereka membutuhkan nutrisi dua kali lipat untuk diri sendiri dan juga bayinya. Jika ibu hanya konsumsi makanan instan seperti mie, utrisi yang dibutuhkan tidak akan terpenuhi. Selain itu, kandungan MSG yang tinggi dalam bumbunya tidak baik jika dikonsumsi berlebihan karena bisa berdampak pada pertumbuhan si kecil.

Perlu diingat, pada dasarnya MSG dapat menetralkan asam lambung, namun jika dikonsumsi berlebihan dapat membahayakan seperti naiknya asam lambung. MSG juga dapat meningkatkan tekanan darah sehingga dapat menimbulkan penyakit hipertensi pada ibu hamil. Dampak lain yang bisa terjadi jika makan mie instan setelah melahirkan caesar yaitu diabetes. Tepung adalah salah satu bahan utama dalam mie instan yang memiliki kandungan gula tinggi. Apabila dikonsumsi terus menerus, maka gula darah bisa naik dan menyebabkan diabetes. Makan mie instan terlalu sering dan menjadi kebiasaan dapat menyebabkan kanker usus, apabila hal tersebut dialami oleh ibu hamil maka kanker usus dapat terjadi pada janin. Ketika bayi lahir nantinya, dia sudah membawa  sel kanker dan kemungkinan hidupnya tidak terjamin.

Selain diabetes, makan mie instan setelah melahirkan caesar akibat yang dapat ibu rasakan adalah obesitas. Setelah melahirkan berat badan ibu tidak langsung kembali normal, sebab nafsu makan masih sama seperti ketika hamil. Sering konsumsi mie instan rentan terkena obesitas karena banyak lemak yang menumpuk dalam tubuh.

Mengapa MSG Sangat Berbahaya Untuk Kesehatan?

Monosodium glutamat atau MSG adalah garam yang molekul penyusunnya berupa sodium/natrium (Na) dan glutamat. Sebagai perbandingan bagi ibu yang belum tahu, garam dapur yang biasa kita pakai itu sodium klorida atau rumus molekulnya NaCl. Jadi bedanya MSG dengan garam dapur adalah Cl nya dituker sama glutamat. Glutamat merupakan asam amino non esnsial bagi kita. Asam amino tersebut dalam makanan kita karena asam amino tersebut bisa dibuat sendiri di dalam tubuh. Glutamat dalam tubu manusia berperan dalam berbagai proses metabolisme, glutamat juga berperan sebagai building block dari protein atau bisa dibilang bahan baku pembentuk protein.

makan mie instan setelah melahirkan caesar
makan mie instan setelah melahirkan caesar

Saat ini, MSG udah secara luas digunakan sebagai penyedap makanan di dunia, mulai makanan instan macem chicken nugget, baso, sup-sup kalengan sampai makanan ringan seperti yah lo sebutin sendiri lah yang ada di warung-warung gitu. Kayaknya makanan kalo kena MSG, rasanya jadi lebih “nendang”. Sebenarnya MSG itu aman ga sih? Menurut FDA, MSG dikategorikan sebagai zat yang cukup aman dikonsumsi. Tetapi harus diingat, “aman” menurut FDA jika dosisnya sesuai dengan rekomendasi dan tidak berlebihan.

baca juga : Tanda – Tanda Infeksi dan Merawat Bekas Luka Pasca Persalinan Caesar

Pemakaian MSG yang berlebihan dapat memicu berbagai keluhan kesehatan, berikut 10 Dampak MSG Bagi Kesehatan Tubuh, antara lain sebagai berikut :

  1. Nafsu makan hilang

Bahaya msg bagi kesehatan dapat muncul ketika pemakaian msg dilakukan setiap hari dan jangka panjang yang lama kelamaan dapat menyebabkan seseorang menjadi ketagihan. Kondisi ini menimbulkan rasa tidak berselera ketika menyantap masakan yang tidak menggunakan msg. Jika terus menerus maka dapat menimbulkan berkurangnya nafsu makan dan penurunan berat badan. Hal ini tidak baik bagi perkembangan tubuh anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

  1. Kegemukan

Kebiasaan memakai msg dalam jumlah banyak dan jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan dan hanya bisa makan pada masakan yang menggunakan msg saja. Msg mampu meningkatkan nafsu makan karena makanan yang biasa saja dapat berubah menjadi sangat lezat. Salah satu bahaya msg yaitu menyebabkan indera pengecap terbiasa untuk menerima makanan yang mengandung msg dan menyebabkan nafsu makan tinggi hanya pada masakan yang mengandung msg.

  1. Gangguan jaringan otak

Zat yang ada dalam msg dapat mencederai jaringan otak dan merusak kinerja otak sehingga mampu mengendalikan nafsu makan seseorang menjadi tidak wajar. Bahaya msg bagi kesehatan otak dapat berupa otak kehilangan kemampuannya dalam menangkap informasi dari luar tubuh secara baik sehingga menyeabakan seseorang tidak adapat berkonsentrasi.

  1. Menurunnya kualitas kecerdasan

Kulaitas kecerdasan biasanya terjadi pada anak-anak yang sedang masa pertumbuhan. Seperti memperlambat otak untuk menangkap informasi dari luar tubuh, keterlambatan dalam hal motorik, dan menurunkan intelektual kecerdasan.

  1. Gangguan jantung

Gangguan kesehatan pada jantung akibat zat yang terapat pada msg mencemari organ jantung. Misalnya detak jantung menjadi tidak teratur, bisa juga timbul rasa nyeripada dada yang muncul tiba-tiba dan menyebabkan tekana darah naik.

  1. Kerusakan hati

Penggunaan msg secara berlebihan menyebabkan organ hati rentan terserang luka, Iritasi dan peradangan. Akibatnya seiring berjalannya waktu fungsi hati mengalami kemunduran. Bahaya msg bagi kesehatan hati adalah dinding hati akan mengalami peradangan dan pendarahan.

  1. Gangguan psikologi

Bahaya msg pada gangguan psikologi yang dimaksud adalah berupa depresi, stres, tidak mampu mengendalikan emosi, kecemasan berlebihan, bingun, panik, dan terserang penyakit insomnia (susah tidur).

  1. Gangguan janin

Saat hamil sebaiknya berhati hati dalam mengonsumsi makanan terutama makanan yang mengandung msg. Konsumsi makanan yang mengandung msg secara berlebihan dapat mengurangi kualitas gizi dan tidak akan bermanfaat bagi kesehatan janin. Kondisi seperti ini dapat memicu tmbulnya cedera luka, iritasi, dan peradangan pada organ janin. Janin akan tumbuh dengan tidak normal bahkan bisa menyebabkan bayi cacat dala kandungan.

baca juga : Apakah Efek Pada Bayi Yang Terlahir Melalui Operasi Caesar?

  1. Kanker

Tumbuh sel kanker merupakan salah satu gangguang kesehatan akibat konsumsi msg yang mengerikan. Zat pada msg dapat bersifat karsinogen yaitu kondisi yang dapat menyebabkan penumukkan zat msg pada dinding organ tubuh tertentu yang dapat menimbulkan kerusakan sel tubuh menjadi abnormal. Kanker yang terjadi misalnya kanker usus, kanker hati, kanker rahim, dan lain sebagainya.

  1. Gangguan pada kulit

Sebagian orang yang mengkonsumsi msg berlebihan dapat menyebabkan reaksi alergi yang tidak mudah dihilangkan dalam waktu 2-3 hari saja, karena butuh waktu untuk menormalkan kembali pada kondisi semula. Gangguan kulit yang dimaksud adalah gatalgatal, ruam, kemerahan, kulit kering, dan mudahtergores (luka), kulit wajah jadi bengkak dan timbul nyeri pada permukaan kulit.

Hal yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan diatas. Mengenai makan mie instan setelah melahirkan caesar yang mengandung banyak msg dan membahayakan kesehatan yaitu dengan cara tradisional yang bermanfaat untuk menetralkan dan membersihkan organ tubuh dari msg :

  1. Daun ketumbar

Kandungan yang ada pada daun ketumbar salah satunya zat detoks yang efektif mampu mengeluarkan racun dalam tubuh termasuk menghancurkan penumpukkan msg dalam tubuh. Bahkan mampu mengendalikan dan mengikat logam berat yang bersarang didalam tubuh untuk segera keluar melalui urin dan keringat.

  1. Daun kemangi

Selain digunakan untuk lalapan, ternyata daun kemangi uga dapat digunakan untuk mengeluarkan penumpukan racun dari berbagai macam sisa limbah makanan yang termasuk msg yang terjebak pada organ ginjal, hati, dan organ pencernaan.

  1. Jus blueberry

Buah yang satu ini adalah buah yang memiliki kemampuan mengeluarkan racun dalam tubuh. Zat antioksida yang kuat bernama Anthocyanin terbukti mampu mengikat racun dari sisa limbah makanan relatif lebih cepat untuk segera dibuang melalui urin, tinja, dan keringat.

  1. Jahe dan lemon

Jahe dapat meningkatkan daya taha tubuh, sehingga meningkatkan kemampuan organ hati dalam mengendalikan racun dalam tubuh menjadi lebih baik. Sedangkan lemon adalah kandungan antioksidan yang kuat dan mengandung anti bakteri, antibiotik, dan anti peradangan yang dapat menunjang kinerja organ tubuh lain supaya tidak mengalami iritasi akibat mengkonsumsi msg berlebihan.

  1. Daun peterseli

Bahaya msg bagi kesehatan tubuh dapat dinetralisir dengan cepat menggunakan daun peterseli yang direbus terlebih dahulu dengan menggunakan takaran air 2 gelas dan biarkan sampai mendidih dan menyisakan 1/2 gelas saja.

baca juga : Buah Pasca Operasi Caesar Yang Baik Dikonsumsi

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai makan mie instan setelah melahirkan caesar. Semoga dengan apa yang sudah dijelaskan diatas ibu bisa mengerti dan mencoba secara perlahan untuk mengurangi makan mie instan. Memang terasa nikmat, tetapi dampak jangka panjang setelah konsumsi juga harus diketahui. Salam sehat.

*** Semoga Bermanfaat ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *