Makan Daging Kambing Setelah Operasi Caesar dan Menyusui? Amankah Bunda?

Makan Daging Kambing Setelah Operasi Caesar

makan daging kambing setelah operasi caesar
makan daging kambing setelah operasi caesar

Setiap ibu setelah melahirkan baik operasi caesar ataupun normal, pasti menginginkan makanan yang enak dan terkadang sangat menginginkan makanan tersebut. Tetapi biasanya setelah melahirkan ibu dilarang makan ini itu oleh orang tua atau dokter. Sebenarnya tidak semua makanan itu dilarang di makan oleh ibu setelah melahirkan, ada beberapa makanan juga yang tidak boleh dimakan namun sebenarnya baik untuk di makan. Lalu bagaimana makan daging kambing setelah operasi caesar? Amankah untuk ibu konsumsi?

Semua kembali lagi pada kepercayaan setiap orang yang untuk menghindari atau tidak makan makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk penyembuhan luka. Seperti halnya makan makanan laut, ada beberapa yang melarang dan ternyata tidak semua makanan laut dihindari. Ada makanan laut yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu setelah melahirkan yaitu udang. Karena udang merupakan salah satu  dari sekian jenis seafood yang mengandung mineral tinggi seperti yodium, zat besi, dan selenium. Jenis seafood yang satu ini juga kaya akan omega 3 dan omega 6.

Bolehkah Makan Daging Kambing Setelah Operasi Caesar?

Operasi pasti meninggalkan luka saatan dimana bakteri, jamur dan kuman lainnya dengan senang menempel pada luka. Selain antibodi yang diberikan saat operasi tubuh juga menghasilkan antibodi sendiri untuk melawan kuman – kuman tersebut. Unsur pembentuk antibodi adalah rantai gula dan asam amino. Luka sayatan operasi caesar otomatis butuh menempel erat, agar bisa menempel sel-sel  di daerah sayatan akan membelah diri. Sepanjang proses membelah diri ini, sel-sel tersebut butuh enzim untuk membantu mempercepat prosesnya. Salah satu penyusun enzim adalah protein.

baca juga : Nutrisi Pasca Caesar Yang Baik Untuk Dikonsumsi Bunda

Daging kambing merupakan salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium terbaik. Vitamin B dapat membantu tubuh untuk membakar lemak, sedangkan kolin dan selenium mampu menangkal kanker. Setiap 100 gram daging kambing memiliki kandungan 154 kalori, 9,2 mg lemak, 3,6 mg lemak jenuh. Selain itu daging kambing juga mempunyai manfat dan khasiat, makan daging kambing dipercaya dapat meningkatkan tekanan darah. Sehingga orang yang mempunyai tekanan darah rendah sangat dianjurkan mengonsumsi daging kambing.

Makan daging kambing setelah operasi caesar boleh saja, tetapi perhatikan cara memasak yang benar dan tidak makan secara berlebihan. Mengapa demikian? Karena daging kambing ini termasuk dalam daging merah yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi dan kemungkinan lebih tinggi menyebabkan sembelit. Sebaiknya jika ingin makan daging, makanlah daging ayam dan kalkun bukan konsumsi daging merah. Setelah operasi caesar yang dibutuhkan oleh tubuh bukan lemak jenuh, melainkan protein agar dapat membantu tubuh untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Oleh karena itu, setelah operasi caesar disarankan untuk banyak konsumsi makanan yang mengandung banyak protein. Hal itu dilakukan karena agar proses pemulihan dapat menjadi lebih cepat.

makan daging kambing setelah operasi caesar
makan daging kambing setelah operasi caesar

Selain daging kambing ternyata susu kambing juga bisa membantu mengembalikan kesehatan seorang ibu yang baru melahirkan, terutama jenis kambing etawa. Seperti menyembuhkan pendarahan sesudah melahirkan, memulihkan zat besi setelah haid, menyembuhkan penyakit kurang darah, menghambat kerapuhan tulang, mengatasi penyakit TBC dan asma. Bahkan susu kambing juga bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah, menyembuhkan asam urat tinggi serta kelainan ginjal yang disebut Nepbratic Syndrom.

Efek makan daging kambing setelah operasi caesar di perut yaitu banyak anggapan yang mengatakan bahwa daging kambing menyebabkan efek panas di perut. Mungkin ini adalah salah satu asalan mengapa ibu hamil ataupun setelah operasi caesar tidak boleh konsumsi daging kambing berlebihan. Ternyata, efek panas tersebut tidak sepenuhnya berat. Mengapa? Karena rasa panas hanya akan terjadi ketika ibu adalah tipe orang yang memiliki lambung lemah saat mencerna protein yang terkandung dalam daging kambing. Kondisi inilah yang menyebabkan perut terasa sesak dan kemudia mual hingga akhirnya efek  panas itu muncul.

Ibu Menyusui Makan Daging Kambing Setelah Operasi Caesar?

Daging kambing ataupun daging sapi dapat diolah berbagai macam makanan yang sangat di sukai oleh banyak orang, seperti sate, gulai, semur, dan lain-lain. Tetapi bagaimana jika ingin makan daging kambing setelah operasi caesar dan sedang menyusui? Menurut dr Juwita Surapsari MGz SpGK, kandungan ASI yang sesensial adalah asam  lemak dan mikronutrien yaitu vitamin dan mineral. Sehingga, makanan yang dimakan oleh ibu berpengaruh pada komposisi asam lemak pada ASI. Hidangan yang menggnakan daging kebanyakan menggunakan santan, sedangkan santan adalah sumber dari asam lemak jenuh. Padahal yang baik untuk ibu menyusui adalah asam lemak tak jenuh, sesuai rekomendasi, idealnya tambahan asupan makanan ibu sekitar 330-400 kkal perhari.

makan daging kambing setelah operasi caesar
makan daging kambing setelah operasi caesar

Makan daging kambing saat menyusui sebenarnya boleh saja, asalkan sesuai dengan rekomendasi makan untuk ibu menyusui. Harus juga diseimbangkan dengan banyak mengonsumsi makanan berserat. “ Cara memasak daging kambing saat hamil dan menyusui paling baik dengan cara di steam. Tetapi jika memng hidangan dimasak menggunakan santan, jangan lupa ditambah acar dan jangan makan terlalu banyak,” kata dr Juwalita.

baca juga : Buah Pasca Caesar Yang Baik dan Aman Untuk Ibu Menyusui

Bagi mayoritas mansyarakat indonesia, daging kambing merupakan menu yang favorit. Selain halal, rasa dan aromanya membuat lidah tak kuat untuk memakannya. Menurut referensi dikatakan bahwa daging kambing juga penambah produksi ASI, sehingga jangan ragu untuk mengonsumsi daging kambing dan tentunya dengan porsi yang sesuai. Setelah makan daging kambing minumlah air putih yaang banyak, agar metabolisme pencernaan bertambah lancar dan diimbangi pula dengan sayuran yang kaya akan serat.  Kandungan daging kambing untuk ibu menyusui dan anaknya, adalah sebagai berikut :

  1. Sumber energi besar, manfaat pertama dari daging kambing yang tidak dapat kita pungkiri yaitu sumber energi yang besar untuk beraktifitas sehari-hari. Kandungan kalori, lemak, dan protein akan menjaga tbuh tetap fit selama mengonsumsi daging ini.
  2. Mencegah Anemia, daging kambing ini salah satu daging yang termasuk dalam kelas daging merah. Seperti yang diketahui bahwa daging merah sangat penting untuk dikonsumsi saat ibu mengalami anemia.
  3. Pembentukan otot, kandungan protein dalam daging kambing adalah yang paling besar dibandingkan dengan daging lainnya. Protein merupakan zat yang sangat penting untuk pembentukan otot dan pertumbuhannya.
  4. Sistem Antioksida, ternyata daging kambing merupakan salah satu sumber selenium yang cukup besar, total ada 38.0mcg atau 54% kebutuhan harian. Manfaat antioksida sendiri sebagai sumber antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.
  5. Meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh, daging kambing memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, tercatat per 10 gram dapat memenuhi 26% kebutuhan zat besi setai harinya. Manfaat zat besi salah satnya yaitu untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

REKOMENDASI OBAT HERBAL SETELAH OPERASI CAESAR

Tidak hanya protein yang dibutuhkan oleh tubuh setelah operasi caesar agar dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Konsumsi obat-obatan setelah operasi caesar juga bisa ibu lakukan, berbagai macam obat ditawarkan di beberapa tempat dari obat herbal hingga obat cina. Kali ini saya akan rekomendasikan untuk ibu obat herbal yang 100% aman untuk dikonsumsi dan sudah terbukti keasliannya. Sudah terbukti pada BPOM dengan Nomor Registrasi 143 380 041 dan label HALAH MUI dengan Nomor Registrasi 12270001560515, jadi tak usah khawatir lagi untuk konsumsi obat herbal yang satu ini. Obat herbal tersebut adalah Kapsul Kutuk Premium.

Apakah Kapsul Kutuk Premium itu? Kapsul kutuk (Premium) merupakan obat herbal yang sudah teruji kemampuannya menyembuhkan dan mempercepat pengeringan luka pas operasi caesar (maupun luka lainnya). Membantu dan mempercepat proses penyembuhan luka (Helps Healing Process Of Injury).  Kandungan utamanya yaitu filtrasi ikan kutuk. Memberi tekanan osmotik di dalam kapiler supaya albumin bisa menjaga adanya air dalam plasma darah. Dengan begini volume darah akan tetap stabil. Setelah operasi, jika kadar albumin turun (hipoalbumin) biasanya didapati kaki bengkak (oedem/edema) karena penimbunan cairan terjadi dalam jaringan. Atau bisa mendapati penumpukan cairan di rongga tubuh misalnya di perut yang dinamai asites.

Saat mencoba Kapsul Kutuk ini maka Anda akan merasakan Khasiat dan Manfaat yang jauh lebih baik seperti:

  • Tingkatkan Kadar Albumin dan Daya Tahan Tubuh
  • Membangun & Memperbaiki Jaringan Sel Tubuh
  • Mempercepat proses penyembuhan semua Luka pada tubuh (Diabet, Luka Bakar, Pasca Operasi, pasca melahirkan, dll)
  • Terapi Penyakit Berat (Anti Oedema/Pembengkakan, Gagal Ginjal, Diabetes Melitus, Stroke, Hepatitis/Sirosis, Kanker, TBC/Infeksi Paru, Nephrotic Syndrome, Tonsilitis, Thypus, Patah Tulang, Gastritis, ITP, Sepsis, dll)
  • Suplemen Terbaik untuk Penderita ODHA (HIV/AIDS)
  • Membantu penyembuhan Autis
  • Memperbaiki Gizi Buruk pada Anak, Ibu hamil, Menyusui dan Lansia
  • Membantu menghilangkan Oedem (pembengkakan)
  • Perlancar ASI
  • Meningkatkan hemoglobin darah

makan daging kambing setelah operasi caesar

Untuk pemesanan bisa hubungi WA 0812-1744-1404

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *