Jahitan Operasi Caesar Terasa Sakit, Benarkah Hingga Bertahun-tahun?

jahitan operasi caesar terasa sakit

 jahitan operasi caesar terasa sakit
jahitan operasi caesar terasa sakit

Menanggapi berbagai hal mengenai operasi caesar yang sekarang ini banyak ibu hamil yang memilih operasi caesar sebagai solusi untuk proses persalinan. Banyak yang beranggapan jika melalui operasi caesar tidak akan merasakan sakit, namun ada juga yang beranggapan jika dengan operasi caesar tidak akan langsung bisa beraktifitas secepatnya. Semua kembali lagi pada masing-masing ibu yang hendak melakukan persalinan, baik operasi caesar ataupun melahirkan normal semua sama baiknya tergantung juga dengan kondisi ibu. Jika awalnya sudah menginginkan melahirkan normal, namun bisa saja terjadi ibu diharuskan melakukan operasi caesar karena satu hal seperti kondisi kesehatan ibu yang tidak memungkinkan atau dapat membahayakan bayi. Terkadang setelah melakukan operasi caesar bekas jahitan operasi caesar terasa sakit, Mengapa bisa terjadi demikian?

Melahirkan caesar akhir-akhir ini mengalami peningkatan permintaan seperti ingin melahirkan di tanggal cantik atau hari bersejarah sekalipun. Pengakuan beberapa ibu yang melakukan operasi caesar mengatakan, bahwa setelah operasi jahitan operasi caesar terasa sakit bahkan masih muncul hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Mesipun rasa nyeri tidak terlalu parah, namun timbulnya rasa nyeri bisa mengganggu aktifitas ibu sehari-hari.

Sekilas Tentang Persalinan Melalui Operasi Caesar

Seperti yang kita tahu, bahwa melahirkan melalui operasi caesar memanglah saat persalinan tidak terlalu merasakan sakit. Namun, efek sakit tersebut akan dirasakan oleh ibu setelah operasi selesai dan obat bius (anestesi) ibu sudah menghilang secara perlahan. Lebih jelasnya mengenai persalinan operasi caesar.

Operasi caesar ini salah satu persalinan yang awalnya banyak ditakuti oleh banyak ibu hamil. Karena mendengar kata “operasi” membuat sebagian orang menjadi takut dan khawatir. Namun sekarang ini ternyata banyak ibu hamil yang memilih operasi caesar menjadi jalan persalinan untuk bertemu dengan sang bayi. Proses melahirkan caesar ini dilakukan dibagian perut berupa sayatan hingga ke dinding rahim dan jumlah sayatan tersebut ada 7 lapisan.

Sebelum operasi, perut ibu akan dibersihkan dan akan siap menerima cairan infus ke lengan ibu. Ini memungkinkan dokter untuk mengatur cairan dan semua jenis obat yang mungkin ibu butuhkan. Keteter juga akan dipasang untuk menjaga kandung kemih kosong selama operasi. Dalam operasi caesar ada 3 janis anestesi yang ditawarkan kepada ibu, antara lain :

  1. Blok spinal,anestesi disuntikkan langsung ke kantung untuk mengelilingi sumsum tulang belakang, sehingga mematikan bagian bawah tubuh.
  2. Epidural, anestesi ini untuk persalinan normal dan operasi caesar, anestesi disuntikkan ke punggung bawah di luar kantung sumsum tulang belakang.
  3. Anestesi umum,anestesi ini menempatkan ibu ke dalam tidur tanpa rasa sakit dan biasanya disediakan untuk situasi darurat.

Ketika ibu telah benar-benar diobati dan mati rasa, dokter akan membuat sayatan tepat di atas garis rambut kemaluan. Biasanya horizontal di panggul, belakangan bekas luka biasanya mudah ditutupi. Dalam situasi darurat kemungkinan sayatan yang dilakukan vertikal. Setelah sayatan ke perut telah dibuat dan rahim terbuka, dokter akan membuat sayatan ke rahim. Area ini akan ditutup selama prosedur sehingga tidak dapat melihat prosedur.

 jahitan operasi caesar terasa sakit

Tak perlu khawatir berikut akan kami beri tips untuk ibu mengenai persiapan sebelum operasi caesar yang simple dan perlu dicoba, antara lain :

  • Siapkan mental dan fisik

Persiapan sebelum operasi caesar dilakukan pada trimester terakhir yaitu ibu harus menjaga tubuh agar lebih fit dan siap menghadapi operasi nantinya seperti istirahat cukup. Selain tubuh yang fit, pikiran ibu juga harus positif dan yakin bahwa semua akan berjalan dengan lancar. Ketika kedua hal tersebut ibu lakukan, maka mental ibu pasti lebih siap untuk menghadapi persalinan melalui operasi caesar.

  • Sebelum operasi caesar mandilah dengan air hangat

Bagi ibu yang sudah memilih operasi caesar sebagai persalinan yang akan dilakukannya, maka ada baiknya lakukan persiapan sebelum operasi caesar dengan mandi air hangat. Karena air hangat dapat mengatasi stres menjelang persalinan, walaupun ruang operasi sudah pasti steril. Namun tak ada salahnya ibu membersihkan tubuh terlebih dahulu sebelum dilakukan operasi, bisa juga dengan menggunakan sabun antiseptik.

  • Berdiskusi dengan dokter

Ketika dokter telah menyetujui persalinan operasi caesar, ibu harus selalu aktif berkomunikasi dengan dokter yang nantinya akan menangani ibu dalam proses persalinan. Ibu juga harus mengetahui resiko yang akan dirasakan setelah operasi caesar yang salah satunya luka bekas operasi akan lebih terasa dibanding melahirkan normal. Konsultasikan juga riwayat kesehatan ibu dan alergi obat-obatan bila ada.

  • Siapkan perlengkapan untuk ke rumah sakit

Sebelum berangkat kerumah sakit ibu pastinya akan menyiapkan perlengkapan yang akan dibawa ke rumah sakit. Mengapa? Karena setelah operasi caesar ibu sudah pasti akan di rawat di rumah sakit selama kurang lebih 3-4 hari tergantung dengan kondisi kesehatan ibu.

Solusi dan Penyebab Jahitan Operasi Caesar Terasa Sakit

Jahitan operasi terasa sakit pastinya disebabkan karena suatu hal. Maka dari itu jahitan operasi caesar yang terasa sakit memerlukan perhatian khusus, mungkin terjadi masalah pada bekas luka operasi. Umumnya jika rasa sakit bersifat ringan itu tidaklah membahayakan ibu, tetapi jika rasa sakit pada bekas luka berkepanjangan. Alangkah baiknya sesegera mungkin bawa ke dokter. Dikhawatirkan terjadi perlekatan antara jaringan parut di sekitar bekas operasi.  Beberapa penyebab tersebut antara lain :

  • Peritonitis (radang selaput rongga perut)
  • Batu saluran kemih
  • Infeksi saluran kemih
  • Endometriosis (pertumbuhan abnormal jaringan endometrium di luar rahim)
  • Mioma (tumor jinak sel otot)
  • Jahitan yang terbuka
  • Terbentuk adhesi (jaringan ikat yang muncul di dalam rongga perut luka sayatan didinding perut)
jahitan operasi caesar terasa sakit
jahitan operasi caesar terasa sakit

Penyebab diatas bisa saja terjadi pada ibu pasca operasi caesar, jika ingin hal tersebut tidak terjadi. Maka rawatlah bekas luka operasi caesar dengan benar, berikut akan kami beri solusi mengurangi jahitan operasi caesar yang terasa sakit, antara lain :

  • Kompres dengan air dingin atau es batu yang dibungkus dalam plastik, lalu dibungkus lagi dengan kain bersih. Jangan gunakan lebih dari setengah jam.
  • Jika ibu tidak merasa nyaman untuk duduk, cobalah duduk dengan bantal.
  • Siram dengan air hangat di area jahitan vagina setelah buang air kecil, hal ini dapat membilas urin dan mengurangi rasa sakit
  • Berdiri baik untuk sirkulasi, tetapi bila merasa tidak nyaman di perineum, duduk setiap sudah berdiri lama
  • Perbanyak minum air putih

Selain dengan solusi tersebut diatas, ibu dapat juga konsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol yang merupakan solusi terbaik untuk mengurangi jahitan operasi caesar terasa sakit. Sebelum rasa sakit pada jahitan terjadi, ada baiknya ibu menghindari bukan. Nah, untuk itu ada obat herbal yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu pasca operasi terutama operasi caesar.

Apakah obat herbal itu? Kapsul Kutuk Premium namanya, obat herbal ini terbukti sangat baik dikonsumsi oleh ibu atau siapa saja yang telah operasi. Mengapa harus kapsul kutu? Karena kapsul kutuk premium ini mengandung ekstrak ikan gabus atau ikan kutuk yang memiliki tinggi protein yang sangat baik untuk tubuh yaitu Albumin. Albumin merupakan protein utama yang terdapat dalam darah manusia yang diproduksi oleh organ hati. Albumin memiliki fungsi untuk mengatur tekanan dalam pembuluh darah dan menjaga supaya cairan yang terdapat dalam tubuh tidak bocor ke jaringan tubuh sekitarnya.

Maka dari itu, pemberian daging ikan gabus atau ikan kutuk atau ekstrak proteinnya telah dicoba dapat untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit. Seperti kanker, gagal ginjal, diabetes, stroke, dan penyembuhan luka (operasi).

Penasaran dengan produk herbal satu ini, dijamin jika ibu mencobanya pasti proses penyebuhan lebih cepat dan terhindar dari infeksi. Inilah produk Kapsul Kutuk premium.

 jahitan operasi caesar terasa sakit

Manfaat dan Khasiat dari Kapsul Kutuk sendiri adalah :

  1. Mempercepat penyembuhan luka dalam/luka luar (1minggu pertama)
  2. Membantu menghilangkan Edema (pembengkakan) pasca melahirkan
  3. Sebagai suplai gizi ibu menyusui ASI eksklusif
  4. Terbukti menstabilkan Hemoglobin darah (Hb) pasca melahirkan
  5. Menghindari infeksi seperti darah nifas bau busuk

Selain Ampuh sebagai obat luka, manfaat lainnya yaitu :

  1. Meningkatkan kadar albumin darah
  2. Memperbaiki gizi buruk/anak susah makan
  3. Membantu penyembuhan autis
  4. Membantu merevitalisasi kesehatan kulit agar lebih sehat berseri (merangsang pembentukan kolagen)
  5. Membantu proses penyembuhan pada penyakit : Hepatitis/Sirosis, Kanker, TBC/Infeksi Paru, Nephrotic Syndrome, Tonsilitis, Thypus, Patah Tulang, Gastritis, ITP, Sepsis, dll)
  6. Suplemen Terbaik untuk Penderita ODHA (HIV/AIDS)

artikel terkait :

jahitan operasi caesar terasa sakit

jahitan operasi caesar terasa sakit

Shopee Hanya di link berikut

https://shopee.co.id/familyshopee

atau

Whatsapp 0812.1744.1404

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *