Simak Tips Membersihkan Jahitan Caesar Bernanah Yang Perlu Anda Tau!!!

Bekas luka operasi memang memerlukan perawatan yang baik supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka pasca operasi setiap ibu berbeda – beda. Tergantung dari ada tidaknya infeksi, nutrisi yang ibu konsumsi, aliran darah, dan riwayat penyakit yang diderita.

Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. Jika salah dalam perawatan bekas luka setelah melahirkan caesar dapat menyebabkan infeksi.

Jahitan caesar bernanah juga dapat terjadi, hal ini pasti akan membuat ibu menjadi panik dan khawatir. Mungkin baru kali pertama ibu mengalami hal ini, konsultasikan langsung pada dokter kandungan supaya tidak menjadi semakin parah. Simak tips membersihkan jahitan caesar bernanah.

Hal – hal yang menyebabkan jahitan caesar bernanah

Operasi caesar merupakan salah satu persalinan yang dapat dilakukan jika persalinan normal tidak bisa dilakukan karena beberapa hal. Namun saat ini banyak ibu yang sengaja memilih melahirkan caesar walaupun dapat melahirkan secara normal.

Hal itu dilakukan supaya ibu tidk merasakan sakit saat proses persalinan. Memang benar jika memilih proses melahirkan caesar saat proses persalinan tidak akan merasakan sakit. tetapi rasa sakit itu akan muncul setelah operasi selesai dan itulah yang akan memberikan berbagai dampak negatif.

Berjalan ke kamar mandi mungkin tampak mustahil dilakukan awal nya. Tetapi bergerak di sekitar, penting utuk pemulihan setelag melahirkan caesar. Ini akan membuat sirkulasi dan membuatnya jauh lebih kecil kemungkinan untuk megalami pembekuan darah. Terlebih lagi, ini akan membantu usus ibu kurang lamban dan akan membantu ibu merasa jauh lebih nyaman.Proses penyembuhan setelah operasi caesar dibilang cukup lama, tetapi ada juga yang cepat tergantung dengan kondisi ibu. Bagi seorang ibu yang telah melahirkan caesar tidak menjaga luka bekas operasi dengan benar. Kemungkinan lukanya tak kunjung kering bahkan jahitan caesar bernanah. Maka bagi ibu yang telah melakukan operasi caesar, rawatlah bekas luka operasi agar cepat kering dan sembuh total dan jangan samapai luka tetap basah dan bernanah.

Keluar nanah pada luka merupakan tanda adanya infeksi yang sedang berlangsung pada luka. Infeksi mungkin terjadi akibat perawatan luka yang tidak baik, missalnya tidak mengunakan cairan yang steril untuk mencuci luka, pergantian perban tidak teratur, luka terkena air sebelum waktunya. Infeksi luka jika tidak cepat ditangani dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya seperti terbentuknya abses (kantong yang berisi nanah pada daerah sekitar luka operasi).

Selain infeksi menyebabkan jahitan caesar bernanah, tanda infeksi yang lain adalah :
  • Kemerahan dan bengkak
  • Nyeri yang memburuk atau nyeri yang tiba – tiba muncul
  • Demam (bahkan jika sayatan ibu terlihat baik – baik saja)
  • Cairan vagina berbau busuk
  • Ras sakit atau terbakar saat buang air kecil, dorongan untuk buang air kecil sering ketika banyak keluar atau urin yang gelap dan berdarah
  • Pendarahan dan peneluaran cairan vagina harus berkurang, secara bertahap harus berubah warna darimerah terang menjadi merah muda dan kemudian kuning-putih. Jika pendarahan seperti menstruasi terus melewati 4 hari setelah melahirkan atau kemabli setelah melambat, silahkan konsultasikan pada dokter kandungan.
  • Memiliki tanda – tanda gumpalan darah, seperti nyeri atau kelembutan yang parah dan hangat di area kaki atau terasa bengkak di salah satu kaki.
Tips Membersihkan Jahitan Caesar Bernanah :
  • Melakukan perawatan air hangat dan dingin

Jika diperlukan ketika ibu mengalami pembengkakan, bia lakukan cara mengompres dengan es batu dan air hangat secara bergantian. Cara ini dapat mengurangi bengkak serta membantu meningkatkan sirkulasi darah pada luka. Sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat dari perkiraan.

  • Menjaga pola makan dengan baik

Menjada pola makan yang baik dianjurkan untuk ibu yang telah melahirkan caesar. Pola makan yang baik akan mempengarui proses penyembuhan luka. Menghindari terjadinya infeksi pada jahitan, seperti infeksi yang dapat mengakibatkan jahitan caesar bernanah.

  • Hindari beraktifitas berat setelah melahirkan caesar

Walaupun badan sudah terasa sehat setelah melahiran caesar, namun sebaiknya selama beberapa hari ibu tidak diperkenankan melakukan aktifitas yang berat. Karena dapat menyebabkan jahitan operasi terbuka.

  • Selalu menjaga kebersihan luka

Pastikan luka selalu dalam kondisi higienis akan membuat terhindar dari infeksi. Cara rutin membersihkan area luka menggunakan antiseptic sesuai dengan yang dokter sarankan. Pastikan menggunakan alat – alat yang steril ketika menyentuk luka operasi.

  • Gunakan pakaian yang tepat

Memperhatikan cara berpakaian saat setelah melahirkan caesar harus dilakukan, jangan mengenakan pakaian yang ketat. Karena dapat menghalangi sirkulasi dan menyebabkan iritasi serta pembengkakan disekitar luka operasi

  • Rutin kontrol ke dokter kandungan

Sekalipun tidak ada masalah dengan bekas luka operasi, ada baiknya tetap konsultasi dengan dokter kandungan, agar luka cepat kering setelah opersi caesar sampai sembuh total.

  • Lakukan olahraga ringan

Walaupun rasa sakit setelah operasi caesar cukup menganggu aktifitas, tetapi olahraga ringan bisa saja dilakukanuntuk mempercepat proses kesembuhan, mencegah konstipasi, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, dan mencegah penggumpalan darah.

itulah yang dapat saya bagikan, beberapa hal yang membantu ibu dalam merawat atau menyembuhkan jahitan caesar bernanah. tak perlu khawatir dengan kondisi ini, langsung konsultasikan saja pada dokter kandungan ibu. merawat luka dengan alat dan tangan yang bersih supaya tidak terjadi komplikasi yang membahayakan tubuh ibu.

jahitan caesar bernanah - kapsul kutuk premium

INGIN TAHU LEBIH LENGKAPNYA BISA DI LIHAT PADA LINK DIBAWAH

SEMOGA BERMANFAAT 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *