Inilah Fakta Melahirkan Caesar Yang Perlu Ibu Ketahui

Fakta Melahirkan Caesar

fakta melahirkan caesar
fakta melahirkan caesar

Fakta Melahirkan Caesar – Masih percaya dengan mitos melahirkan caesar? Mencari fakta melahirkan caesar secara tepat tidak akan membuat Anda menjadi keliru mengenai informasi melahirakn caesar. Sekitar 30 persen wanita hamil berakhir dengan operasi caesar. Menjalankan proses persalinan melalui operasi caesar bukan berarti lebih mudah dan tidak menyakitkan jika dibandingkan dengan persalinan normal. Rasa sakit akan tetap Anda rasakan, namun rasa sakit itu akan dirasakan setelah operasi caesar selesai. Rasa sakit itu akan Anda rasakan hingga beberapa minggu kedepan dan meninggalkan bekas luka.

Mengapa Membutuhkan Operasi Caesar? Fakta Melahirkan Caesar

Mengapa Anda memerlukan waktu yang cukup lama untuk pemulihan. “Setiap wanita harus mempersiapkan diri untuk menjalani operasi caesar sebelum proses persalinan berlangsung”, kata Dr. William Camann, seoran profesor anestesi di Harvard Media School. Banyak melahirakn caesar yang direncanakan sebelumnya untuk alsan-alasan seperti kelahiran sungsang, plasenta previa (plasenta menghalangi pembukaan cervix) dan plasenta abrupsi (plasenta mulai memberi jalan dari dinding uterus), tetapi sebagian besar bedah caesar adalah non-elektif. Terlepas dari rencana persalinan Anda harus bersiap untuk kemungkinan kelahiran caesar.

Operasi caesar merupakan operasi besar, itu adalah prosedur yang sangat umum dan biasanya tidak ada komplikasi. Namun ada beberapa resiko yang harus diperhatikan oleh ibu, diantaranya adalah :

  • infeksi luka dapat terjadi 5% hingga 10 %
  • Resiko kecil pembekuan darah atau lubang di kandung kemih
  • Masalah potensial dikehamilan berikutnya, sebegai contoh plasenta previa lebih sering terjadi pada wanita setelah operasi caesar
  • Ada kemungkinan jaringan parut menumpuk di rahim setelah melahirkan caesar

Hal ini bukan masalah wanita yang sekali atau dua kali melakukan operasi caesar, tetapi jika ingin berencana untuk memiliki keluarga besar, ketakutan, dan dalam kasus yang parah mungkin harus kehilangan rahimnya setelah melahirkan.

Semua wanita sembuh pada tigkat yang berbeda, tetapi berbicara secara umum kateter anda akan dihapus pagi hari setelah operasi. Anda dapat berjalan-jalan dan mandi 24 jam setelah operasi, anda akan bisa berjalan dengan nyaman 2 minggu setelah operasi. Anda bisa berhenti mengonsumsi obat pereda nyeri 1 minggu – 2 miggu setelah operasi. Dapat melanutkan kegiatan latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan setelah 6 minggu operasi.

Meningkatkan pemulihan dan menurunkan resiko infeksi penting untuk bangun dan bergerak secepat mungkin setelah operasi. Terlalu banyak istirahat dapat menyebabkan pembekuan darah. Ini juga membantu untuk dilakukan selama kehamilan dan makan tepat sebelum dan sesudah operasi. “Anda akan sembuh lebih baik dengan diet bergizi”, kata Dr. Marnach.

fakta melahirkan caesar
fakta melahirkan caesar
Berikut Tentang beberapa fakta melahirkan caesar yang perlu diketahui :

1. Tetap melibatkan vagina

Walaupun proses melahirkan tidak secara langsung melalui vagina, namun dokter akan tetap memberikan cairan untuk membersihkan vagina setelah melahirkan. Bahkan cairan ini umumnya akan diberikan lebih dari satu kai, tujuannya untuk membersihkan semua darah yang nantinya akan bocor melalui vagina setelah operasi.

2. Tubuh mungkin akan gemetar

Ini mungkin fakta melahirkan caesar yang mungkin jarang ibu tau yaitu setelah menjalani proses persalinan melalui operasi caesar. Umumnya pasien akan merasakan bagian tulang belakang yang gemetar. Sehingga bisa mempengaruhi seluruh tubuh menjadi gemetar.

3. Merasakan dingin

Banyak ibu hamil yang mengeluh merasa kedinginan setelah menjalani proses persalinan operasi caesar. Bahkan cenderung menyalahkan suhu AC yang terlalu dingin di ruangan operasi.

4. Perut serasa ditarik

Bagi ibu yang menjalani operasi caesar benar-benar akan mati rasa pada bagian perut selama menjalankan operasi sampai beberapa jam sesudahnya. Sehingga ibu tidak akan merasakan sedikitpun pada bagian perut ketika operasi. Namun, ada juga beberapa diantaranya yang menyebutkan. Bahwa ketika mejalankan operasi caesar, mereka merasakan adanya sensasi seperti adanya dorongan juga tarikan pada bagian perut yang akan reda setelah bayi keluar.

5. Batuk dan bersin akan menimbulkan rasa sakit pada bagian perut

Batuk dan bersin atau bahkan tertawa bisa membuat keadaan luka bekas operasi di perut akan terasa nyeri. Maka dari itu Anda bisa mengambil bantal untuk mendukung keadaan perut. Jika hal ini dilakukan bisa membantu anda mencegah rasa nyeri akibat aktifitas tertentu.

6. Darah keluar dari vagina

Walaupun melalui operasi caesar, namun pendarahan terhadap vagina akan tetap terjadi walaupun telah beberapa hari setelah operasi. Ini dinamakan dengan pendarahan postpartum yang akan terjadi ketika bagian dinding rahim menyembuhkan diri sendiri setelah plasenta terlepas serta pembuluh darah menanggapi turunnya kadar hormon.

7. Memerlukan pelunak feses

Buang air besar merupakan salah satu masalah besar bagi anda yang telah menjalani proses operasi caesar. Karena anda akan merasakan kesulitan untuk mendorong tinja ketika keadaan perut masih sakit serta luka bekas operasi belum sembuh total.

8. Meninggalkan bekas luka

Ini merupakan salah satu fakta melahriakn caesar yang pasti akan ibu temui setelah melahirkan caesar. Karena sayatan operasi caesar dan luka bekas operasi tidak akan menghilang begitu saja. Luka bekas opersi akan emmudar seiring dengan berjalannya waktu.

baca juga : Penyembuhan Luka Pasca Operasi Caesar Menggunakan Obat Herbal

9. Wanita gemuk cenderung caesar

Kenaikan berat badan selama hamil normalnya adalah berkisar 13-15 kg. Sebenarnya bukan itu yang perlu jadi perhatian, tetapi bagaimana perkembangan janin dalam kandungan. Wanita yang sudah kelebihan berat badan, maka selama masa kehamilan berat badannya akan bertambah. Oleh sebab itu, bila janin sudah waktunya dilahirkan (36minggu) dokter bisa saja mengambil tindakan caesar dengan tujuan mencegah tekanan darah ibu meningkat. Wanita hamil yang memiliki berat badan lebih dari 90 kg, cenderung sulit melahirkan secara normal.

10. Jarak kehamilan selanjutnya 2 tahun

Umumnya masa pemulihan luka bekas jahitan operasi di lapisan kulit perut memerlukan waktu sekitar 6 minggu. Tentu saja ini mencakup perawatan luka yang baik, istirahat cukup, dan pola makan ibu sehat. Sebenarnya yang penting bukan hanya luka bekas jahitan dipermukaan kulit, melainkan kondisi rahim. Saat operasi ada 7 lapisan perut yang dibuka, seperti lapisan kulit, lapisan lemak, sarung otot, dan seterusnya hingga rahim. Setelah bayi dikeluarkan lapisan tersebut dijahit satu persatu, sehngga jahitannya berlapis-lapis. Sebelum hamil lagi, seluruh lapisan yang terbuka tadi harus kembali normal. Karena itu jangka waktu 2 tahun dianggap ideal untuk kehamilan berikutnya. Itulah fakta melahirkan caesar mengenai jarak normal pada kehamilan selanjutnya.

artikel terkait :

*** Semoga Bermanfaat ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *