Cara Cepat Sehat Mengembalikan Kondisi Badan Pasca Caesar

Cepat Sehat Pasca Caesar

cepat sehat pasca caesar
cepat sehat pasca caesar

Cepat sehat pasca caesar – Memilih persalinan melalui operasi caesar pada saat ini banyak diminati. Persalinan caesar atau yang di dunia medis lebih dikenal dengan isitlah section cesarea (c-section) adalah operasi yang cukup besar dan membutuhkan pemulihan yang cukup lama dibandingkan melahirkan secara normal. Setiap ibu pastinya menginginkan kondisi badan agar cepat sehat pasca caesar.

Seorang ibu hamil yang memilih jalur operasi caesar pada saat persalinannya tidak menduga bahwa masa pemulihan pasca operasi lebih lama daripada persalinan normal. Sebagian besar mengeluh lemas dan rasa nyeri yang timbul akibat luka sayatan yang didapat saat operasi, bahkan gerakan kecil seperti menghela nafas saja seringkali membuat rasa nyeri. Pemulihan setelah opersi caesar cepat atau tidaknya berbeda – beda setiap ibu, tergantung penyembuhan luka dan ada atau tidaknya komplikasi.

cara supaya Kondisi badan Cepat Sehat pasca caesar :

Cepat sehat pasca caesar merupakan hal penting yang harus diketahui oleh ibu setelah melakukan persalinan dengan cara pembedahan atau operasi caesar supaya tubuh ibu dan bekas luka sayatan operasi bisa cepat sembuh dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Setelah operasi caesar biasanya masih memiliki keterbatasan dalam melakukan berbagai gerakan fisik. Langkah perawatan dimulai dengan membiasakan diri merasa nyaman dengan luka bekas operasi. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan beberapa latihan fisik. Prosesnya memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan persalinan secara normal. Namun untuk mempercepat proses pemulihan rahim ataupun luka, ibu bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini.

  • Posisi Tubuh Miring

Tekuk lutut dan panggul bergantian sehingga kakimu sejajar dengan tempat tidur. Tekan kaki ke temat tidur dan panggul sedemikian rupa sehingga tubuh lurus dari bahu sampai ke lutut. Cobalah memutar panggul ke satu sisi sambil menggulingkan bagian atas tubuh ke sisi yang sama. Posisikan tubuh berbaring menyamping dan melatih tubuh berguling kiri dan kanan bisa dilakukan sebagai latihan awal untuk melemaskan otot-otot pasca operasi.

  • Tegakkan Badan

Luka bekas operasi memang sangatlah nyeri dan seringkali menahan rasa sakit dengan membungkukkan badan. Padahal poisisi berjalan dan berdiri dengan posisi membungkuk tidak baik, jadi harus tetap berjalan dengan tegap agar melatih otot perut kembali kuat.

baca juga : Persiapan dan Keuntungan Memilih Operasi Caesar Kedua

  • Berdiri dan Berjalan

Biasanya okter atau perawat mengnjurkan agar istirahat total selamat 24 jam sesudah melahirkan. Setelah itu, baru diperbolehkan bangun dari tempat tidur. Perlahan-lahan cobalah berdiri, memang awalnya akan merasakan pusing ketika berdiri. Tetapi jangan mengeluh dulu, karena semua ibu yang bersalin dengan operasi caesar akan mengalami hal yang sama. Supaya mengurangi rasa pusing Anda bisa memutar pergelangan kaki dan menekuk tungkai agar peredaran darah sebelum bangn dari tempat tidur bisa mengalir baik.

Beri waktu sejenak agar tubuhmu membiasakan diri dengan kndisi yang dirasakan. Anda bisa berguling miring ke tep tempat tidur dan biarkan kaki menggantung, kemudian dorong tubuh keposisi duduk. Duduklah sebentar dan lakukan beberapa gerakan memutar pergelangan kaki untuk melemaskan seluruh otot kaki, setelah siap letakkan kaki di lantai dan mulailah berdiri. Minta bantuan pada suami atau perawat saat kamu berusaha untuk berdiri dan berjalan.

  • Menarik Nafas

Rasa nyeri setelah operasi juga akan terasa ketika kamu menarik nafas dalam. Tetapi hal ini harus dilakkan untuk membersihkan lendir di rongga dada yang bisa menyebabkan infeksi. Supaya bekas jahitan tidak terasa nyeri, ambillah bantal kecil atau gulungan handuk lalu tekan di atas perut lalu tarik nafas dalam dan hembuskan. Cara ini bisa untuk mengurangi rasa nyeri.

  • Minum Air Putih

Susah buang air besar atau sembelit juga kerap dialami para ibu usai menjalani operasi caesar. Mengatasinya dengan cara memperbanyak air putih. Selain itu konsimsilah sayur dan buah yang banyak mengandung serat untuk mengatasi hal tersebut.

  • Merawat Luka Dengan Baik & Benar

Cucilah dan bersihkan luka dengan cairan saline (seperti NaCl), Ganti perban sesering mungkin, lalu Oleskan salep antibiotik (tanyakan kepada dokter Anda jika diperlukan).

  • Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Sembelit biasanya banyak dihadapi oleh ibu yang baru saja melakukan operasi caesar. Organ perut dan pencernaan mengalami beberapa perubahan yang sangat besar setelah operasi. Untuk mengatasi hal ini maka ibu harus lebih sering mengkonsumsi makanan berserat. Berbagai jenis jus dari buah dan sayuran sangat disarankan. Konsumsi sayuran yang sudah dimasak juga harus dilakukan secara rutin. Jika sembelit tetap tidak berkurang maka ibu harus mendapatkan bantuan dari obat dokter.

baca juga : Hal – Hal Mengenai Makanan Sebelum Melahirkan Caesar Yang Baik Untuk Dikonsumsi

  • Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Sekitar 6 minggu setelah melahirkan, sebaiknya periksakan diri ibu dengan dokter kandungan untuk memastikan bahwa luka operasi, perut, vagina, rahim dan mulut rahim ibu sembuh dengan sempurna. Sewaktu memeriksakan diri ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan payudara, berat badan dan tekanan darah.

Makanan yang membuat agar luka cepat kering dan badan cepat sehat pasca caesar

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, operasi caesar tetap mengandung beberapa kelebihan dan keuntungan yang bisa didapatkan yakni diantaranya dapat melakukan proses persalinan dengan faktor penyulit yang tidak mungkin dilakukan secara normal. Waktu perencanaan yang dapat diatur dan lebih jelas, serta dapat mengurangi rasa sakit yang dihadapi oleh Anda selama persalinan. Salah satu kelemahan yang berdampak pada Anda pasca caesar adalah penyembuhan bekas luka yang lambat. Berikut Makanan yang dapat membantu agar luka cepat kering :

1. Blueberry

Blueberry merupakan buah dari jenis cerry yang memiliki kandungan vitamin maupun mineral yang tinggi. Selain itu, bluberry juga dikenal akan kandungan flavonoid yang dapat membantu proses penyembuhan luka bekas operasi didukung dengan kandungan lain berupa antioksidan tinggi yang dapat mencegah berbagai macam infeksi masuk kedalam bekas operasi tersebut. Blueberry ini salah satu buah yang membuat badan cepat sehat pasca caesar. Selain blueberry ada beberapa buah dan sayuran lainnya yang juga mengandung flavonoid yang tinggi diantaranya seperti :

  • Bilberry, selain flavonoid bilberry juga termasuk buah yang mengandung kadar vitamin c tinggi sehingga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.
  • Brokoli, jenis sayuran yang dikenal bermanfaat untuk kesehatan ini juga mengandung flavonoid tinggi. Namun perlu diperhatikan bahwa brokoli termasuk jenis sayuran yang dapat menimbulkan gas dan merupakan makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan cesar terutama dalam porsi berlebih.
  • Paprika, sayuran yang mulai banyak dikenal oleh masyarakat ini juga mengandung flavonoid tinggi sehingga mampu membantu proses penyembukan luka operasi caesar.
    Bayam, selain flavonoid bayam juga mengandung zat besi yang cukup tinggi.

2. Teh Hijau

Selain makanan, buah, dan sayuran yang mengandung flavonoid tinggi tersebut, ada satu minuman yang dapat dikonsumsi ibu pasca operasi caesar untuk mempercepat pengeringan luka dan penyembuhan pasca operasi yakni teh hijau. Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan antioksidan serta flavonoid yang sangat tinggi. Kedua kandungan tersebut apabila dikonsumsi secara rutin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta mempercepat pengeringan luka bekas operasi pada ibu pasca persalinan caesar.

baca juga : TIPS PENYEMBUHAN PASCA OPERASI CAESAR YANG AMAN DAN MUDAH

3. Wortel

Wortel adalah salah satu makanan agar luka pasca caesar cepat kering yang dikenal dengan kandungan vitamin A melimpah. Kandungan vitamin A pada wortel inilah yang dapat membantu mempercepat penyembuhan bekas luka pasca operasi caesar. Selain wortel ada beberapa makanan yang juga mengandung banyak vitamin A seperti :

  • Sereal, makanan yang cocok untuk sarapan dengan kandungan vitamin A serta nutrisi lainnya.
  • Hati sapi, jenis protein hewani yang memiliki kandungan vitamin A.
  • Olahan susu, beberapa jenis olahan susu juga merupakan makanan dengan kandungan vitamin A yang cukup banyak.

4. Ikan lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan terkenal dengan penyet lelenya. Ikan lele ini memiliki banyak kandungan protein dan zat besi serta beberapa vitamin D. Kandungan vitamin, mineral, dan terutama protein tersebut dapat membantu mempercepat penyembuhan luka yang terjadi dari bekas operasi caesar. Akan tetapi dalam mengkonsumsi ikan lele, sebaiknya harus diperhatikan jumlahnya karena tetap saja mengkonsumsi suatu hal yang terlalu berlebihan meskipun bermanfaat pasti tetap memiliki efek samping yang buruk. Selain ikan lele ada beberapa protein lainnya yang juga dapat dikonsumsi pasca operasi caesar seperti kepiting, tiram, dan lainnya.

5. Ikan gabus atau ikan kutuk

Ikan gabus atau ikan kutuk merupakan jenis ikan yang tidak banyak dibudidayakan secara khusus namun banyak ditemukan hidup dibeberapa wilayah perairan mulai sungai, kali, rawa-rawa, dan danau. Ikan kutuk merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan protein lebih banyak dibandingkan dengan ikan konsumsi lainnya. Jumlah kandungan protein pada ikan kutuk ini bisa menjapai angka 25,5 %. Selain protein, ikan kutuk juga dikenal memiliki kandungan albumin yang cukup banyak dan sering digunakan dalam terapi pasien hipoalbumin. Kandungan protein tinggi dan albumin yang banyak tersebutlah menjadikan ikan kutuk sangat cocok sebagai makanan agar luka caesar cepat kering dalam proses pemulihan rahim pasca caesar.

Ikan gabus atau ikan kutuk jarang dijumpai di setiap daerah dan sedikit yang membudidayakannya. Selain bisa dikonsumsi secara langsung dibuat sup ataupun yang lainnya, kini ada obat herbal yang mengandung ekstrak ikan gabus atau ikan kutuk tersebut yaitu Kapsul Kutuk (Premium). Kapsul kutuk (Premium) merupakan obat herbal yang sudah teruji kemampuannya menyembuhkan dan mempercepat pengeringan luka pasca operasi caesar (maupun luka lainnya). Membantu dan mempercepat proses penyembuhan luka (Helps Healing Process Of Injury).

Saat mencoba Kapsul Kutuk ini maka Anda akan merasakan Khasiat dan Manfaat yang jauh lebih baik seperti:

  • Luka bekas operasi Anda akan lebih cepat kering.
  • Mengurangi nyeri peradangan / pembengkakan.
  • Tanpa adanya Efek Samping terhadap Anda.
  • Tidak mempengaruhi ASI Anda (untuk perawatan pasca caesar).
  • Lebih cepat proses penyembuhannya hanya (1-2 Minggu).
  • Menghindari bekas jahitan Anda terkena Infeksi.

Kapsul Kutuk sudah TERDAFTAR BPOM dengan Nomor Registrasi 143 380 041 dan Terdaftar juga untuk label HALAL MUI dengan Nomor Registrasi 12270001560515. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk konsumsi Kapsul Kutuk.

cepat sehat pasca caesar
cepat sehat pasca caesar

Mudah dan Aman Pesan Sekarang Juga dengan Menghubungi

Whatsapp 081 217 441 404 dan BBM DD8BA484

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *