CARA PEMULIHAN PASCA CAESAR YANG AMAN DAN CEPAT

Cara Pemulihan Caesar

cara pemulihan caesar
cara pemulihan caesar

Cara Pemulihan Caesar – Melahirkan merupakan proses melelahkan dan menguras tenaga. Perubahan hormon tubuh yang dialami ibu secara bertahap selama 9 bulan akan kembali semula dalam waktu singkat. Salah satu hal yang akan membantu ibu memulihkan tenaga dan kondisi fisik adalah nutrisi yang baik dan pola makan yang sehat.

Operasi caesar adalah salah satu prosedur bedah dimana janin dilahirkan melalui irisan pada perut dan rahim ibu. Operasi caesar sering kali dibutuhkan bila ibu hamil bayi kembar, bayi terlalu besar, atau terjadi komplikasi kehamilan.

Apa yang Anda rasakan setelah melakukan persalinan caesar?

Selain rasa bahagia yang teramat sangat karena akhirnya dapat berjumpa dengan sang buah hati. Bunda tentunya akan merasakan beberapa hal yang kurang menyenangkan pasca persalinan. Mulai dari  masalah yang umum terjadi seperti mood swing, keluarnya cairan dari vagina, serta perubahan payudara. Pasien yang menjalani persalinan caesar biasanya menjalani perawatan inap di rumah sakit selama dua hingga empat hari sampai diperbolehkan pulang oleh dokter.

Namun, keseluruhan proses penyembuhan pasca operasi akan memakan waktu berminggu-minggu lamanya sehingga Bunda memerlukan bantuan orang lain selama proses tersebut berlangsung. Apalagi jika Bunda memiliki anak lain untuk diasuh, waduh pasti semakin kerepotan. Pasalnya, si sulung pasti menjadi lebih rewel karena ingin mengalihkan perhatian Bunda dari sang bayi. Mau bagaimana lagi, minta tolonglah pada kerabat terdekat atau menyewa pengasuh untuk membantu kerja Anda.

Sesaat setelah melahirkan, Bunda kemungkinan besar akan merasakan mual hingga 48 jam ke depan. Cukup mustahil bagi Bunda untuk dapat segera merawat si kecil sendiri, karena Anda sendiri membutuhkan perawatan dan obat-obatan. Banyak ibu yang juga merasakan gatal di sekujur tubuh, terlebih bagi mereka yang menerima obat-obatan di area sekitar epidural dan spinal. Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk memberi tahu perawat bahwa Anda membutuhkan obat untuk meredakan rasa gatal yang mengganggu itu.

Baca Juga : Makan Untuk Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Cara Pemulihan Caesar Di Rumah

Setelah sekitar 3 hingga 5 hari di rumah sakit dan Anda diperbolehkan pulang, Anda memiliki banyak istirahat di rumah dan menerima bantuan sebanyak mungkin dari untuk merawat si kecil. Jangan angkat barang apa pun yang lebih berat dari si kecil. Dukung perut Anda saat Anda bisa dan minum banyak cairan. Hindari seks sampai dokter mengatakan itu baik-baik saja dan merasa nyaman. Ini bisa memakan waktu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan. Jika luka telah ditutup dengan staples, ini harus dihapus 3 hingga 7 hari sehabis operasi. Jika Anda memiliki jahitan, mereka biasanya akan diserap oleh tubuh.

Pastikan Anda menjaga luka Anda bersih dan kering. Kenakan pakaian longgar, dan cari tanda-tanda infeksi. Beritahu dokter Anda segera jika Anda perhatikan:

  • kemerahan, rasa sakit atau bengkak di sekitar lokasi luka
  • debit bau yang buruk
  • demam tinggi
  • buang air kecil yang menyakitkan
  • pendarahan berat dari vagina (yang membasahi pembalut wanita dalam satu jam), atau pendarahan yang berlangsung lebih dari 8 minggu setelah operasi caesar.

Anda mungkin mengalami kram dan nyeri di sekitar sayatan selama beberapa minggu. Sebagian besar wanita merasa sehat setelah sekitar 6 minggu, meskipun beberapa mati rasa dapat berlangsung lebih lama. Anda tidak akan diizinkan untuk mengemudi sampai Anda benar-benar pulih dan luka telah sembuh.

beberapa tips cara pemulihan caesar yang akan membantu Anda agar terasa lebih nyaman dan aman :

Kondisi ini akan tercapai jika Anda merawat tubuh dengan benar. Cara pemulihan caesar yang aman dan nyaman adalah:

  • Istirahat yang secukupnya

Operasi caesar sama seperti operasi lainnya di mana tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup setelah dilakukan operasi. Mungkin ini sulit ketika Anda ingin sepenuhnya memberi perhatian untuk bayi Anda. Untuk mencegah Anda mengalami kelelahan, sebaiknya Anda juga ikut istirahat di saat bayi sedang istirahat. Beberapa hari setelah melahirkan, mungkin Anda memerlukan bantuan orang lain untuk membantu mengurus bayi Anda sehingga Anda juga tidak terlalu lelah. Namun ini bukan berarti Anda hanya berdiam saja di tempat tidur. Lakukan aktivitas sesegera mungkin semampu yang Anda bisa untuk mempercepat pemulihan.

  • Perhatikan tubuh

Tubuh Anda butuh perhatian yang lebih karena ia baru saja mengalami sebuah operasi. Anda disarankan untuk tidak dulu mengangkat beban berat dan menaiki tangga, sebaiknya tempatkan semua kebutuhan dekat dengan Anda sehingga lebih mudah menjangkaunya. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari melakukan hubungan seksual dan menempatkan sesuatu pada vagina selama beberapa minggu untuk mencegah infeksi.

  • Perhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh

Nutrisi baik penting untuk Anda setelah melahirkan. Selain untuk mempercepat pemulihan, nutrisi yang sehat juga diperlukan karena Anda menyusui bayi Anda. Makan berbagai jenis makanan dapat membantu Anda memenuhi berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan bayi Anda sehingga juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Jangan lupa untuk banyak minum dan makan makanan yang berserat tinggi, ini berguna untuk mencegah sembelit karena biasanya Anda akan mengalami kesulitan buang air besar setelah operasi.

cara pemulihan caesar
cara pemulihan caesar

 

  • Rawat bekas jahitan dengan baik

Jahitan akan dilepas beberapa hari setelah operasi caesar. Namun, tetap harus merawatnya karena luka bekas jahitan belum mengering sehingga jika tidak dirawat dengan baik dapat menimbulkan infeksi. Segera beritahukan dokter bila hal ini terjadi. Jika luka masih ditutupi dengan perban, ganti perban setiap hari dan jaga luka agar tetap bersih dan kering. Dalam waktu 6 minggu, luka bekas jahitan akan mulai menyusut dan berubah warna seperti warna kulit Anda kembali, mungkin Anda akan merasakan sedikit gatal ketika luka akan sembuh.

  • Berguling

Trik ini dapat Anda lakukan untuk menggulingkan tubuh dari punggung ke samping dengan mudah dan tidak sakit. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menekuk lutut kemudian juga panggul, dengan demikian maka kaki Anda akan terlentang rata di atas kasur. Tekan kaki di atas tempat tidur kemudian angkat bagain panggul hingga posisi tubuh Anda lurus dari bahu hingga lutut. Tubuh bagian atas menghadap ke satu sisi sedangkan panggul diputar ke arah yang sama, dan saat ini Anda sedang dalam posisi menyamping. Cara seperti ini hanya akan memberikan sedikit rasa sakit dan pada bagian perut yang tersayat hanya akan meregang sedikit.

  • Berdiri dan Berjalan

Setelah 24 jam melahirkan, Anda sebaiknya berdiri dan berjalan-jalan. Hal ini biasanya dibantu oleh perawat dan perawat tersebut akan membantu untuk bangun dan berdiri. Reaksi pertama kali ketika berdiri adalah pusingg, lemas, dan kepala terasa sakit. Agar dapat mengurangi rasa sakit, sebaiknya melakukan beberapa gerakan. Seperti pergelangan kaki diputar, tungkai lutut ditekuk untuk memperlancar peredaran darah, hal ini baik dilakukan sebelum Anda bangun dari tempat tidur.

Beri kesempatan tubuh agar terbiasa pada posisi barunya, seperti bangun ke posisi duduk dari posisi duduk ke posisi berdiri. Berikut ini adalah beberapa tahapannya, dari posisi berbaring kemudian beralih ke posisi miring dekat dengan pinggir tempat tidur. Posisi kaki menggantung di tepi tempat tidur, setelah itu bangun ke posisi duduk. Pada posisi ini, pergelangan kaki diputar untuk sedikit memperbaiki peredaran darah. Ketika sudah siap, maka pijakkan kaki di atas lantai dan kemudian berdiri. Gerakan Berdiri ada baiknya jika dibantu oleh seseorang. Berdiri dengan posisi lurus, beberapa posisi ini tidak akan membahayakan luka sayat pada perut walaupun akan sedikit terasa sakit. Setelah terbiasa dengan posisi berdiri, coba langkahkan kaki. Setelah berlatih bangun dari tempat tidur, maka Anda akan menjadi terbiasa dan akan terasa mudah setiap kali bangun tidur.

  • Menyusui

Setelah melahirkan, seorang ibu tentunya harus bisa memberikan ASI terhadap bayinya sekalipun setelah melakukan operasi caesar. Namun yang menjadi masalah adalah mencari posisi yang tepat agar dapat menyusui tanpa memberikan rasa sakit pada sayatan perut. Hal itu dapat diatasi dengan melakukan beberapa posisi, seperti menggunakan pegangan berupa bola atau sesuatu yang dapat dijepit, posisi tubuh sebaiknya menyamping. Bisa juga menggunakan bantal yang disimpan di atas luka juga dapat Anda lakukan sebelum menaruh bayi diatas pangkuan. Biasanya Anda akan menjalani rawat inap di rumah sakit selama 2 sampai 3 hari. Setelah operasi kondisi tubuh belum pulih 100%, maka dari itu ikuti beberapa aturan yang mengharuskan beristirahat dirumah pada minggu pertama. Kondisi tubuh dapat membaik lebih cepat jika ada yang membantu Anda dalam mengurus rumah dan anak.

  • Buang Air Kecil

Cara pemulihan caesar yang selanjutnya adalah buang air kecil. Setelah mengalami pembiusan, operasi pada perut dan pemasangan kateter biasanya akan membuat Anda sulit untuk buang air kecil. Jika dalam jangka waktu yang ditentukan belum dapat buang air kecil, maka Anda akan dikateter ulang, yaitu dengan metode in-out. Perawat tersebut akan memasangkan kateter yang ukurannya lebih kecil, agar air kemih dapat keluar, kateter tersebut akan dilepas setelah Anda dapat buang air kecil secara lancar tanpa bantuan.

  • Gas perut

Adanya gas dalam perut setelah operasi caesar atau operasi lainnya tentu akan menjadi sebuah masalah. Ketika gas tidak keluar dari dalam perut, maka perut akan terasa kembung atau begah. Bahkan tidak jarang perut terasa seperti ditusuk-tusuk, hal ini akan mereda ketika gas tersebut berhasil dikeluarkan. Terjebaknya gas yang dalam perut tersebut terjadi karena melambatnya aktifitas pada usus akibat proses operasi. Perawat tidak akan memberikan Anda makanan sebelum melihat adanya aktifitas di usus. Aktifitas ini biasanya terjadi setelah beberapa jam setelah operasi selesai. Beberapa gerakan seperti tidur, kemudian bangun dari tempat tidur, pernafasan dalam dan juga bergoyang-goyang di atas kursi akan membantu menghilangkan gas yang ada di dalam perut. Anda juga akan diminta untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat menimbulkan gas dalam perut.

Cara pemulihan caesar, Kapan waktu yang pas untuk penggunaan korset?

Luka operasi caesar umumnya membutuhkan waktu 4-6 minggu agar pulih sempurna. Kosrset yang Anda maksud apakah korset untuk kepentingan estetik ataukah bebat perut? Jika untuk penggunaan bebat perut, boleh digunakan segera setelah pasien sadar dari operasi caesar. Sedangkan penggunaan korset untuk keperluan estetik tidak ada anjuran waktu pemakaian yang definitif.

Selain itu pemakaian korset setelah melahirkan juga memiliki manfaat, diantaranya adalah :

1. Melatih otot perut agar proses pengencangan kembali berjalan lebih cepat
2. Membuat terlihat jauh lebih ramping atau langsing
3. Mengencangkan pemukaan perut
4. Mengecilkan perut yang buncit
5. Membantu perut kembali pada ukuran semula
6. Mengembalikan rahim pada ukuran semula
7. Menahan perut agar tidak kendur

Penggunaan korset yang terlalu kencang dapat mengganggu sirkulasi darah, sesak nafas, dan bisa menyebabkan susah BAB. Tak hanya itu pemakaian korset yang terlalu kencang juga akan mengakibatkan kandung kemih menjadi turun, yang akan menyebabkan pengguna sering buang air kecil. Hal yang sangat mengejutkan ialah penggunaan korset yang terlalu lama dan berlebihan yaitu selama lebih dari 6 jam sehari, akan memicu resiko pengguna terserang penyakit myoma.

Itulah Cara Pemulihan Caesar yang dapat saya bagikan, semoga dapat membantu Anda yang sedang dalam proses pemulihan setelah operasi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam proses penyembuhan sempurna.

*** Semoga Bermanfaat 😊 ***

artikel terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *