Cara Diet Pasca Melahirkan Caesar Yang Benar dan Aman

Cara Diet Pasca Melahirkan Caesar

cara diet pasca melahirkan caesar
cara diet pasca melahirkan caesar

Cara diet pasca melahirkan caesar – Menginginkan bentuk badan yang proposional itu adalah salah satu keingin wanita setelah mereka mengandung dan melahirkan. Setelah melahirkan banyak dari mereka yang menjalani diet ketat yang dapat berbahaya bagi tubuh mereka. Namun tak usah risau jika berbagai cara telah dilakukan dan tubuh ibu belum kembali ke bentuk tubuh semula sebelum melahirkan. Cara diet pasca melahirkan caesar dapat dilakukan dengan cara yang aman dan tidak mengganggu kesehatan ibu dan nutrisi yang dibutuhkan tetap ada. Berikut akan dijabarkan mengenai cara diet pasca melahirkan caesar yang benar dan aman.

Pemulihan pasca melahirkan caesar-Cara Diet pasca melahirkan caesar

Operasi caesar adalah salah satu cara untuk melahirkan seorang bayi. Pasca melahirkan caesar, “Bolehkah untuk caesar lagi?”. Pada umumnya pertanyaan yang muncul adalah “Apakah boleh melahirkan normal setelah caesar?”. Kalau untuk melahirkan melalui operasi sesar lagi, boleh kapan saja. Setelah melakukan operasi caesar dua kali, maka sangat dianjurkan untuk caesar berikutnya dilanjutkan dengan tubektomi (steril). Karena resiko yang semakin tinggi jika ingin melahirkan secara normal, tidak boleh hamil dalam 2 tahun pasca caesar dan tidak boleh berulang indikasi sesarnya.

Tubuh sebenarnya memiliki kemampuan untuk memulihkan diri dari semua aspek kehamilan secara alami. Rahim akan menutup dan kembalu ke ukuran semula dalam waktu sekitar 6 minggu, sedangkan ligamen tubuh akan kembali ke panjang dan elastitas normal sekitar 3-6 bulan. Agak disayangkan, jaringan otot tidak merespon dengan cara yang sama. Sehingga perlu latihan dan rutinitas baru untuk mengembalikan kekuatan, kepadatan, dan fungsionalitas otot-otot tersebut. Penting untuk ibu ingat, bahwa latihan dan pengaturan pola makan yang tepat dan tetap menjadi dasar yang kuat untuk mendapatkan kembali berat ideal ibu.

baca juga : Infeksi Jahitan Caesar? Beginilah Gejala dan Cara Mengatasinya

Pasca melahirkan caesar adalah saat yang menyakitkan bagi ibu karena kelelahan mental dan fisik. Inilah saat yang tepat untuk ibu memerlukan makanan sehat, baik untuk diri sendiri atau untuk si kecil saat ibu mulai untuk menyusui. Ada yang bilang, ibu bisa memiliki makanan padat/berat setelah melahirkan caesar serta ada yang bilang tidak diperbolehkan konsumsi makanan padat/berat. Jadi, “Apa sebenarnya yang baik untuk dimakan pasca operasi caesar?”. Penelitian memberitahu tentang cara diet pasca melahirkan caesar dan makanan yang harus dihindari selama fase pemulihan.

Menurut Pedoman Diet yang diterbitkan oleh Departemen Pertanian Amerika dan didukung oleh American Dietitic Association, ibu yang menyusui memerlukan asupan kalori tambahan sebanyak 500 kalori. Sedangkan asupan kalori tidak boleh melebihi 1.800Kkal perhari. Asupan nutrisi yang baik dapat mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan energi ibu setelah melahirkan caesar dan menimbulkan bekas luka. Makanlah makanan yang seimbang dan mencakup protein tinggi, vitamin, karbohidrat, dan zat besi. Seperti misalnya susu yang ibu minum selama masa kehamilan.

Cara Diet Pasca Melahirkan Caesar Yang Aman Untuk Ibu Lakukan

cara diet pasca melahirkan caesar
cara diet pasca melahirkan caesar

Banyak hal diet yang bisa ibu lakukan untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan caesar ataupun melahirkan normal. Berikut cara diet melahirkan caesar yang aman :

1. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan tidak berlebihan

Konsumsi makanan yang bergizi dan tidak berlebihan setelah melahirkan caesar sangatlah dianjurkan. Karena itu baik untuk kesehatan ibu dan perhatikan juga pola makannya. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, minuman bersoda, dan kandungan gula yang berlebihan yang akan memperburuk berat badan. Membiasakan pola makan dalam porsi kecil tetapi sering dapat membantu ibu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ASI bagi si kecil dan menjaga berat badan setelah melahirkan caesar.

2. Konsultasi pada dokter sebelum melakukan latihan

Bagi ibu yang ingin melakukan cara diet pasca melahirkan caesar dapat melalui beberapa latihan terutama latihan yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan ibu. Ibu yang mengalami operasi caesar akan membutuhkan waktu 6 minggu untuk meredakan nyeri dan pemulihan sayatan. Jika perlua konsultasi dengan dokter kandungan ibu untuk mengurangi resiko latihan pasca melahirkan caesar.

3. Melatih postur yang baik dengan cara duduk tegak dan tarik nafas dalam dalam

Pstur tubuh yang tidak baik dapat dinilai dari cara duduk, cara duduk yang seringkali merosot dari sofa menandakan ibu masih belum melakukan poster yang baik. Alhi kebugaran menyarankan bagi ibu untuk duduk dengan posisi tegak yang akan membantu ibu merampingkan bagian perut setelah melahirkan caesar ataupun melahirkan normal.

4. Menjaga gaya hidup sehat

Setelah melahirkan caesar, ibu akan merasakan kekhawatiran pada gerakan yang akan dilakukan. Salah satunya kekhawatiran yang akan memperburuk kondisi sayatan, hal ini memang jauh lebih sulit apalagi mengurangi lemak perut. Selain mendisiplinkan kebiasaan dalam menjaga pola makan, ibu dalam melakukan latihan-latihan setelah melahirkan caesar ataupun normal yang aman adalah jalan kaki di pagi hari atau senam nifas. Ibu juga harus bersabar dalam menjaga gaya hidup sehat ini, mungkin awalnya akan mengalami kesulitan. Tetapi sebaiknya bersabar dan tenang sehingga dapat menyesuaikan dengan gaya hidup yang sehat dan fokus dengan tujuan untuk melakukan cara diet pasca melahirkan caesar.

5. Menyusui si kecil

Menyusui si kecil juga salah satu cara diet pasca melahirkan caesar yang wajib ibu ketahui. Pasalnya, menyusui si kecil dapat membakar 500 kalori perhari dalam tubuh ibu. Selain itu memberian ASI juga dapat merangsang kontraksi rahim yang dapat menyusutkan ukuran uterus agar kembali seperti semula. Manfaat ASI bagi si kecil adalah sebagai berikut :

  • ASI mengandung Zat yang sangat penting bagi si kecil
  • ASI memberikan kekebalan tubuh yang optimal
  • Sarana mendekatkan ibu dengan si kecil
  • ASI tidak bisa basi dan akan selalu segar
  • ASI menjadi pelindung yang baik
  • ASI makanan yang tepat untuk si kecil
  • Memperkecil resiko kanker ovarium pada ibu

6. Konsumsi Kayu Manis

Konsumsi kayu manis dapat membantu ibu menstabilkan kadar gula dalam darah. Efek yang paling menonjol dari kayu manis adalah emmbuat ibu tidak merasa lapar atau bisa dibilang merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kayu manis dapat membuat proses metabolisme lemak dalam tubuh ibu meningkat. Pada sebuah penelitian dari Diabetes Care Journal tahun 2003, disebutkan bahwa orang yang diberikan kayu manis sebanyak 6 gram perhari akan mengalami penurunan kadar glukosa antara 18-29% setelah 40 hari. Tak hanya itu, kayu manis juga terbukti membanyu tubuh mengontrol kadar gula darah yang memungkinkan untuk memperoduksi hormon insulin lebih sedikit.

7. Konsumsi sup, sayuran dan buah-buahan

Kelompok makanan nabati mengandung fitonutrien yang bermanfaat untuk mengurangi lemak perut. Contoh makan sup, buah, dan sayur sayuran seperti sup kaldu, sayur brokoli, kale, kubis, bunga kol, mangga pepaya, jeruk, lemon, dan lain sebagainya. Uniknya adalah sayuran tidak akan membuat ibu gemuk walaupun makan sebanyak apapun. Tetapi tetap saja, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan ibu.

baca juga : Buah Pasca Operasi Caesar Yang Baik Dikonsumsi

Cara Diet Pasca Melahirkan Caesar dengan Jenis Olahraga yang Aman dilakukan
cara diet pasca melahirkan caesar
cara diet pasca melahirkan caesar

Ada beberapa latihan fisik yang bisa ibu lakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, bagi ibu yang telah melahirkan caesar manfaat latihan fisik bisa untuk mengurangi resiko cedera, membantu pemulihan pasca operasi caesar, dan mengencangkan otot perut. Meskipun ibu mungkin merasakan sedikit sakit pada luka rambut, tetapi secara umum aktifitas fisik ringan tidak membahayakan. Berikut latihan yang dapat dilakukan dimana saja dan tidak memerlukan alat khusus :

1. Peregangan

Cara untuk meredakan ketegangan dan mengembalikan kelenturan, ibu dapat mencoba melakukan gerakan peregangan di bawah sepuluh kali sehari. Setiap setengah jam, seret 2-3 napas dalam dan dalam. Untuk membantu melatih pernapasan yang dibutuhkan nanti selama gerakan. Duduk tegak dan putar bahu Anda 20 kali ke depan dan ke belakang. Ini bisa dilakukan setiap jam untuk meregangkan sendi sehingga tubuh terasa lebih rileks. Ibu juga bisa meregangkan cahaya dengan berdiri sambil bersandar di dinding. Memperpanjang lengan Anda dan perlahan angkat tangan sampai otot perut Anda tertarik. Tahan selama 5 detik, rileks dan ulangi hingga 5-10 kali untuk meningkatkan kelenturan di sekitar area jahitan sebelumnya.

2. Pernapasan perut

Latihan ini bisa dilakukan di tempat tidur atau di depan TV. Jauh, berbaring telentang di sofa atau tempat tidur. Bawa tubuhmu, taruh tanganmu di perut. Tarik napas melalui hidung Anda dan rasakan perut Anda mengembang dengan tangan ibu Anda. Biarkan nafas melalui mulut, perut kempiskan. Tahan selama 3 detik. Ulangi gerakan di atas 5-10 kali, tiga kali sehari. Latihan ini ringan dan baik untuk relaksasi, juga dapat membantu melatih otot perut.

3. Kegel sambil duduk

Latihan kegel adalah latihan untuk mengaktifkan dan mengencangkan lantai panggul, Ibu juga membantu mengontrol pascabersalin urin. Ibu bisa duduk di tepi kursi, menginjak lantai dengan kakinya dan kemudian mengencangkan otot-otot dasar panggul karena ibu ingin terus buang air kecil. Pegang selama mungkin, mulai dari 5 detik, dan kemudian digunakan sekali, durasi dapat diperpanjang hingga 10 detik, tergantung pada kemampuan Ibu. Iringi dengan menarik napas dalam-dalam dan dalam. Ibu dapat mencoba melakukan gerakan ini sambil berdiri miring atau berbaring. Ulangi 8-12 kali, dengan 2 menit istirahat setiap kontraksi.

4. Peregangan kaki

Ibu bisa berbaring telentang, menekuk lututnya dan masuk ke telapak kaki. Tempatkan handuk atau kenakan kaus kaki sehingga kaki bisa bergerak lebih mudah di lantai atau tempat tidur. Tarik napas, lalu buang. Saat Anda menghembuskan napas, tarik otot perut ke dalam dan kencangkan, tetapi jagalah agar punggung tetap lurus. Perlebar kaki Anda perlahan-lahan dari tubuh sampai benar-benar meregang. Lalu kembali ke posisi semula. Ulangi secara bergantian 10 kali pada setiap tahap. Ibu dapat melakukan latihan ini 1 set per hari. Latihan ini membantu melatih otot perut dan hanya disarankan jika rasa sakit dari operasi sebelumnya telah menurun drastis.

baca juga : Tips Pemulihan Rahim Setelah Melahirkan Melalui Operasi Caesar

5. Squat dinding

Berdiri cukup dekat dengan dinding. Perlahan bersandar di dinding dengan lutut ditekuk sehingga tubuh Anda dalam posisi duduk sambil bersandar di dinding. Pastikan lutut dan paha membentuk sudut 90 derajat. Tarik napas dalam-dalam dan tarik perut ke dinding saat Anda mengeluarkan napas. Dalam posisi ini, Ibu juga bisa melatih gerakan Kegel. Tahan selama 1 menit. Ulangi 5 kali. Jenis latihan ini baik untuk melatih berbagai otot tubuh, seperti otot dasar panggul, paha, betis, ke punggung bawah.

Itulah beberapa hal cara diet pasca melahirkan caesar yang aman dan baik untuk dicoba.

*** Semoga Bermanfaat ***

Advertisement

cara diet pasca melahirkan caesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *