Buang Air Besar Setelah Melahirkan Caesar Terasa Sulit? Ini Solusinyaaa!!

Buang Air Besar Setelah Melahirkan Caesar

buang air besar setelah melahirkan caesar
buang air besar setelah melahirkan caesar

Mengalami susah buang air besar setelah melahiirkan caesar mungkin bisa saja terjadi pada setiap ibu. Namun, susah buang air besar sebenarnya tidak hanya dialami oleh ibu setelah melahirkan caesar. Hampir semua orang pasti pernah mengalami hal tersebut, bahkan bayi sampai anak-anakpun pernah mengalami masalah ini. Mengapa demikian? Untuk penjelasan lebih lanjut, simaklah penjelasan dibawah ini mengenai penyebab dan cara mengatasi susah buang air besar setelah melahirkan caesar atau lebih umum diartikan sebagai sembelit.

Apa sih Penyebab Susah Buang Air Besar Setelah Melahirkan Caesar?

Susah buang air besar setelah melahrkan caesar atau yang lebih sering disebut sembelit adalah suatu kondisi dimana buang air besar lebih jarang dari biasanya karena feses atau tinja yang kering keras. Sehingga susah dikeluarkan dan menimbulkan rasa sakit saat hendak BAB. Dalam bahasa kedokteran sembelit ini disebut dengan istilah konstipasi, pada orang dewasa disebut konstipasi jika tidak buang air besar (defekasi) selama 3 hari berturut-turut dalam seminggu. Sedangkan sembelit pada anak, jika tidak buang air besar selama 5 hari. Masalah sembelit lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki terutama sembelit saat wanita hamil. (baca juga : Kembung Setelah Operasi Caesar, Inilah yang Menjadi Penyebabnya!!)

Sebenarnya melahirkan caesar berhubungan dengan organ reproduksi, sedangkan BAB berhubungan dengan saluran pencernaan. Sehingga jika sudah 2 bulan seharusnya hal ini sudah tidak berkaitan lagi. Saat akan dilakukan operasi caesar ibu akan dibius dan obat bius memang akan berpengaruh pda pergerakan usus. Sehingga ibu setelah operasi akan dipuasakan sampai ususnya sudah kembali normal. Hal ini ditandai dengan sudah biang angin ataupun didengarkan melalui stetoskop. Keluhan perih uang dirasakan jika terjadi pada perut, mungkin karena bekas operasi. Pada saat buang air besar, khususnya mengedan akan meningkatkan tekanan di dalam perut sehingga bekas operasi tersebut mungkin akan terasa sakit. Rasa nyeri biasanya tidak berlangsung hingga 2 bulan, setelah melahirkan caesar ibu akan dirawat sampai dirasa dapat berobat jalan.

buang air besar setelah melahirkan caesar
buang air besar setelah melahirkan caesar

Namun, penyebab keluhan susah buang air besar setelah melahirkan caesar bisa terjadi karena banyak hal antara lain :

  • Kurangnya asupan cairan juga dapat membuat tinja makin keras dan susah untuk keluar.
  • Asupan makanan yang kurang
  • Aktivitas fisik sedikit
  • Kebiaaan BAB terlalu lama sehingga membuat tinja makin lama dan mengeras di dalam kolon.
  • Makanan yang kurang mengandung serat menyebabkan tinja makin keras dan peristaltik usus kurang baik.
  • Pengaruh obat anestesi saat operasi, obat bius yang diberikan memiliki efek samping mengurangi kontraksi usus.
  • Kebiasaan minumobat pencahar yang berlebihan malah akan mengganggu peristaltik usus
  • Terbentuknya perlengketan/adhesi. Adhesi dpat terbentuk akibat peradangan dari bekas operasi dan berpotensi menarik usus hingga menyebabkan penyumbatan.

Agar buang air besar lancar ibu dapat mengonsumsi serat dari sayuran dan buah dan juga mengonsumsi air putih yang cukup. Apabila keluhan tidak membaik dan rasa nyeri pada anus, sebaiknya periksakan diri ke dokter khususnya dokter spesialis bedah untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Bisa juga terdapat gangguan lain seperti ambien dan lainnya.

Segera mengatasi sembelit atau susah buang air besar sangatlah penting, karena jika berlangsung lama dan parah akan menimbulkan komplikasi antara lain :

  • Fecal Impaction, sembelit kronis yang disebabkan oleh pengumpulan feses yang keras terjebak pada usus besar sehingga tiak bisa dikeluarkan melalui proses defekasi
  • Rektum Prolaps, rektum atau bagian yang lebih dalam dari anus dapatmenonjol keluar karena feses keras.
  • Wasir, sembelit yang berlangsung lama dan sering akan mempermudah terjadinya pelearan pembuluh darah vena di sekitar anus
  • Anal Fissure atau robeknya anus, feses yang keras dan besar berpotensi melukai anus hingga robek dan berdarah.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Setelah Melahirkan Caesar

Susah buang air besar setelah melahirkan caesar merupakan hal yang mungkin akan terjadi. Gangguan buang air besar yang sering dialami salah satunya adalah sembelit atau konstipasi. Sembelit yang terjadi setelah operasi caesar biasanya disebabkan oleh kondisi postoperative ileus yaitu ketika gerakan saluran pencernaan melambat atau bahkan berhenti sama sekali. Biasanya hal ini terjadi sampai beberapa hari setelah melahirkan caesar.

buang air besar setelah melahirkan caesar
buang air besar setelah melahirkan caesar

Mengatasi sembelit setelah melahirkan caesar sama dengan operasi pada umumnya, yaitu :

  • Olahraga ringan

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kekuatan otot usus dan membantu pergerakannya. Ibu bisa lakukan jalan ringan setiap pagi selama 15-30 menit untuk melancarkan peredaran darah. Di usahakan tidak melakukan olahraga berat agar bekas jahitan cepat kering.

  • Kunyah permen karet

Hal ini mungkin banyak yang belum tau, ada suatu penelitian menyebutkan bahwa mengunyah permen karet bisa membantu mengurangi sembelit. Kegiatan mengunyah tanpa harus menelan membuat air liur mengalir di mulut dan mengirim sinyal ke usus bahwa ada makanan yang harus dicerna dan kunyahlah permen karet hingga ibu ingin kentut.

  • Banyak minum air putih dan serat

Memperbanyak air putih dan serat dapat membantu feses menjadi lebih lunak sehingga mudah melewati usus. Minum air minimal 2 liter per hari dan tambahkan buah-buahan atau sayur pada menu makanan Anda sehari-hari untuk membantu mengatasi sembelit.

baca juga : Buah Pasca Caesar Yang Baik dan Aman Untuk Ibu Menyusui

  • Konsumsi buah-buahan

Konsumsi buah tidak hanya bisa dimakan langsung, melainkan bisa juga dijadikan sebuah minuman seperti jus. Nah untuk itu berikut 5 jenis jus buah yang dapat membantu atasa sembelit :

  1. Jus Tomat

Mengonsumsi jus tomat juga bisa mengatasi sembelit atau susah buang air besar yang kamu alami. Sebab, serat dan mineral cukup tinggi. Tomat bisa pula melindungi fungsi hati. Jadi jika pencernaanmu lancar, maka wasir dan sembelit tidak akan terjadi.

  1. Jus Mangga

Selain memberikan kesegaran yang alami, jus mangga memiliki banyak nutrisi, misalnya seperti vitamin C, kalium, dan beta karoten. Fungsinya pun beragam, antara lain menutrisi kulit dan rambut, mencegah penyakit jantung, mencegah dehidrasi, mengontrol tekanan darah, hingga mencegah sekaligus mengatasi sembelit.

  1. Jus Apel

Apel mengandung sorbitol yang berfungsi membantu dan mengatur pencernaan usus besar agar lebih lancar. Apel juga memberi tambahan mineral dan serat yang dibutuhkan pencernaan. Zat besi di dalam apel juga bisa memberikan kekuatan tambahan pada tubuhmu.

  1. Jus Lemon

Kandungan vitamin C yang kaya dari jus lemon ini bisa membantu melembutkan feses supaya tidak sembelit. Selain itu, lemon juga bisa mengobati gangguan pencernaan. Kamu yang memiliki masalah pencernaan, setidaknya harus minum jus atau air lemon dua gelas setiap hari.

  1. Jus Semangka

Semangka mengandung banyak mineral, tentu saja jus buah berwarna merah ini jadi pilihanb yang tepat. Semangka juga mengandung banyak serat, sehingga pencernaanmu akan lancar kalau mengonsumsinya.

  • Jangan menahan buang air besar

Ketika sudah ingin buang air besar sebaiknya dituruti saja. Karena menunda buang hajat akan membuat feses tertahan dan akan membuatnya semakin keras akhirnya susah dikeluarkan.

Lalu, buang air besar dengan cara jongkok bermasalahkah? Jawabnya Tidak. Namun apabila dirasakan nyeri yang berlebihan ketika jongkok, maka disarankan mengambil alternatif lain agar BAB tidak perlu jongkok. Usahakan untuk melakukan beberapa cara diatas agar otot perut lebih cepat stabil, sehingga dapt mengurangi keluhan tidak nyaman yang dirasakan srta mempercepat penyembuhan luka setelah melahirkan caesar.

baca juga : Masa Nifas Setelah Melahirkan Caesar, Apakah Harus 40 hari?

Selain itu, ada juga obat yang saya rekomendasikan untuk ibu setelah operasi caesar agar luka bekas operasi cepat kering dan sembuh yaitu Kapsul Kutuk Premium.

KLIK DISINI

buang air besar setelah melahirkan caesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *