Buah Setelah Caesar Yang Boleh Dikonsumsi Apa Saja??? Wajib Tau…

Buah Setelah Caesar

buah setelah caesar
buah setelah caesar

Buah setelah caesar – Persalinan caesar merupakan proses melahirkan melalui jalur operasi yang dilakukan pada bagian perut, nantinya akan menimbulkan bekas luka akibat jahitan. Saat operasi dilakukan rasa sakit tidak akan dirasakan oleh ibu karena diberikan obat bius untuk menghilangkan rasa sakitnya. Setelah beberapa lama obat bius akan hilang dan itu merupakan awal proses pemulihan.

Ibu pasti menginginkan proses penyembuhan luka pasca operasi agar lebih cepat. Karena dengan luka yang cepat sembuh, bunda dapat beraktifitas lagi seperti biasa. Mengkonsumsi buah buahan yang bermanfaat baik dalam mempercepat pengeringan luka, beberapa buah antara lain :

  • Buah Kedongdong

    Kandungan protein 1 gr, lemak 0,1 gr, karbohidrat 10,3 gr, kalsium 15 mg, fosfor 22 mg, zat besi 3 mg, vitamin A 233 IU, vitamin B1 0,08 mg, vitamin C 30 mg dalam buah kedongdong mampu mempercepat membantu mengeringkan luka secara alami.

  • Buah Tomat

    Kandungan vitamin C, vitamin A, fosfor, lycopene, vitamin K, kalsium, kalsium dalam bauh tomat terbukti mampu mempercepat mengatasi luka bakar seperti knalpot. Khasiat dari buah tomat ini pernah dipraktekan oleh seorang mahasiswa yang terkena luka bakar dan hasilnya cukup memuaskan.

  • Buah Manggis

    Buah primadona daerah tropis ini mempunyai banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Buah manggis merupakan sumber Antioksidan, antijamur, dan antibakteri.
    Antioksidan yang tinggi dalam manggis membantu mengurangi resiko penyakit kulit seperti radang kulit, penuaan kulit, eksim, alergi maupun infeksi. Cocok untuk membantu proses penyembuhan luka operasi caesar Bunda. Buah di atas mengandung anthocyanidins, senyawa yang tidak hanya meningkatkan efek vitamin C, namun memperbaiki integritas kapiler dan menstabilkan matriks kolagen.

  • Buah Delima

    Delima juga sangat baik dikonsumsi setelah operasi caesar. Ada dua zat yang unik dalam buah delima yang bermanfaat bagi kesehatan dan bersifat sebagai obat. Zat yang pertama adalah Punicalagin, merupakan antioksidan yang sangat kuat ditemukan dalam jus dan kulit buah delima.
    Asam Punicic, juga dikenal sebagai minyak biji delima, yang merupakan asam lemak utama di arils. Ini adalah sejenis conjugated linoleic acid dengan efek biologis ampuh. Jus delima mengandung tiga kali dari aktivitas antioksidan lebih besar dari anggur merah dan teh hijau.

  • Buah Kiwi

    Kandungan vitamin C-nya dua kali lebih banyak daripada buah jeruk, dan jauh lebih banyak ketimbang buah apel. Kiwi mengandung sumber vitamin alami yang tinggi, memiliki keseimbangan mineral yang sempurna, mengandung antioksidan tinggi, dan sarat phytonutrients yang baik bagi kesehatan seperti polyphenols (antioksidan), enzim (bagi pencernaan), dan karotenoids (antioksidan dan kesehatan mata).

  • Buah Jamblang

    Selain mampu mengatasi koesterol berlebih, kandungan glukosida phytomelin, astringent buah jamblang juga sangat baik dalam mengatasi luka diabetes secara alami. Cukup menyediakan 15 butir buah jamblang untuk mengatasi luka diabetes, kemudian tumbuk sampai halus dan rebus. Air rebusan di konsumsi secara teratur 3X sehari sampai badan terasa segar atau luka membaik.

  • Buah Blueberry

    Kandungan vitamin K dan anti oksida yang amat tinggi dalam buah blueberry sangat baik dalam mempercepat penyembuhan luka secara alami. Selain itu sangat baik dalam mengatasi berbagai jenis luka, buah blueberry juga sangat baik dalam mengatasi berbagai masalah pada sendi dan tulang.

Bolehkah Konsumsi Buah Pir Setelah Melahirkan Caesar?

buah setelah caesar
buah setelah caesar

Boleh, ternyata buah pir memiliki khasiat untuk ibu yang telah menjalani operasi caesar. Selain rasanya yang enak dan segar, ternyata makan buah pir juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Banyak yang belum tahu tentang kandungan apa saja yang terdapat dalam buah pir. Buah pir juga sangat baik untuk dikonsumsi pasca operasi yang akan merangsang proses pemulihan stamina. Beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan:

1. Menurunkan kolesterol

Buah pir diketahui bisa membantu kita untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh karena kandungan pektin yang tinggi pada buah pir. Pektin ini bisa menghancurkan kolesterol jahat. Nah, kolesterol yang terikat oleh pektin ini nantinya akan dikeluarkan dari tubuh kita.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Buah yang rasanya agak sedikit mirip apel ini juga menjadi sumber vitamin C yang cukup tinggi. Dimana vitamin C sendiri berguna sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan sistem imun. Untuk bisa membuat sistem kekebalan tubuh kamu lebih kuat, cobalah konsumsi pir secara rutin.

3. Meningkatkan energi

Buah pir juga mengandung glukosa, dimana glukosa kita ketahui bersama sangat bermanfaat sebagai bahan bakar tubuh kita. Setiap sel dalam tubuh membutuhkan glukosa untuk memenuhi energi, dan buah pir adalah salah satu sumber glukosa terbaik.

baca juga : Cara Terbaik Agar Cepat Sembuh Pasca Operasi Caesar

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah pir juga bisa meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang dengan Kandungan boron, yaitu mineral yang bisa membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Maka tulang kita juga akan lebih sehat dan kuat, bahkan bisa mencegah osteoporosis.

5. Menjaga kesehatan usus besar

Buah pir juga bisa menjaga kesehatan usus kamu karena buah pir merupakan salah satu sumber serat yang cukup bagus.

buah setelah caesar

6. Mengurangi resiko kanker

Senyawa quercetin yang terkandung dalam buah pir ternyata adalah antioksidan yang bisa melawan kanker dan memberikan efek anti-kanker.

7. Menjaga daya penglihatan

Senyawa antioksidan dalam buah pir bisa menghambat proses kerusakan sel dari radikal bebas, sehingga hal ini bisa mengurangi kemungkinan kamu mengalami permasalahan mata.

8. Sebagai agen anti-inflamasi alami

Selain berfungsi sebagai antioksidan, kandungan quercetin yang ada dalam pir juga bisa berguna sebagai anti-inflamasi. Sehingga buah pir bisa menyembuhkan peradangan seperti rheumatoid arthritis dan peradangan prostat.

9. Mengontrol tekanan darah

Buah pir juga mengandung beberapa antioksidan lain yaitu glutathione yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tentunya hal ini bisa mengurangi resiko terkena hipertensi. Tak hanya mencegah dan mengurangi resiko, kandungan antioksidan yang ada juga dianjurkan untuk penderita hipertensi. Jadi, jika ingin tekanan darah tetap stabil konsumsilah buah pir.

10. Mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan quercetin yang ada dalam buah pir, menurut penelitian juga berfungsi untuk mengurangi kemungkinan terkena aterosklerosis karena quercetin bisa mendukung fungsi arteri. Oleh karena itu, konsumsi buah pir bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Selain berbagai macam buah diatas yang boleh untuk dikonsumsi, ada juga makanan yang dilarang untuk ibu konsumsi pasca melahirkan sesar. Berikut beberapa makanan yang tidak boleh dimakan pasca melahirkan sesar:

  • Sayuran yang dapat menimbulkan gas pada pencernaan
  • Makanan dengan rasa pedas
  • Makanan penyebab sembelit
  • Makanan yang dapat menyebabkan batuk

Itulah penjelasan mengenai buah setelah caesar yang boleh dikonsumsi atau dimakan oleh ibu. Semoga bermanfaat dan luka bekas operasi dapat cepat sembuh, supaya dapat melakukan aktifitas seperti sediakala. ^_^

 

advertising

buah setelah caesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *