Bolehkah Ibu Hamil Makan Pete? Tidakkah Berbahaya Untuk Janin?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pete?

bolehkah ibu hamil makan pete
bolehkah ibu hamil makan pete

Memilah milih makanan saat sedang mengandung memanglah harus dilakukan oleh setiap ibu hamil. Karena nutrisi yang dibutuhkan oleh janin sangatlah mempengaruhi tubuh kembangnya. Jika ibu tidak memikirkan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dalam kandungan, maka bisa saja terjadi hal-hal yang dapat membahayakan janin atau bahkan ibu. Namun, selain itu tubuh ibupun sangat membutuhkan nutrisi agar selalu fit saat masa kehamilan. Salah satunya bagi ibu yang suka makan pete, jenis makanan dengan aroma khas ini memang menjadi favorit banyak orang. Sehingga tak heran jika ibu saat hamil ingin mengonsumsinya, disisi lain juga timbul pertanyaan “Bolehkah ibu hamil makan pete?” tidakkah membahayakan janin?

baca juga : Buah Pasca Caesar Yang Baik dan Aman Untuk Ibu Menyusui

Kehamilan adalah suatu momen yang sangat mendebarkan sekaligus menggembirakan setiap orang, terutama bagi pasangan suami istri yang baru menikah. Pastinya mereka menjaga dan merawat dengan baik kandungannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Asupan nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan bayi menjadi faktor utama yang menjadi perhatian khusus. Menyantap makanan akan jauh lebih nikmat jika tubuh dalam keadaan sehat. Tubuh yang sehat membuat semua organ dalam tubuh akan dapat menjalankan masing-masing fungsinya dengan baik. Bagi ibu hamil, tubuh yang sehatpun sangatlah penting, karena ibu harus selalu makan untuk memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh dan janin. Jika hal tersebut dilakukan kemungkinan kecil ibu akan terserang penyakit dan terhindar dari resiko yang berbahaya dari konsumsi makanan yang sembarangan.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pete – Dapatkah Membahayakan Janin?

Kekhawatiran yang ibu rasakan wajar adanya, karena menginginkan yang terbaik untuk bayi dalam kandungan. Namun hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa pete tidak boleh untuk ibu hamil. Sehingga pertanyaan “Bolehkah ibu hamil makan pete?” Jawabnya adalah boleh asalkan konsumsi dengan batas wajar. Pete yang ibu konsumsi sebaiknya tidak dalam keadaan mentah dan pastikan pete sudah matang agar terhindar dari kuman dan kotoran. Hal tersebut dilakukan karena jika ibu hamil mengonsumsi makanan mentah dapat meningkatkan resiko infeksi. Makan pete saat hamil juga tak ada kaitannya dengan air ketuban yang nantinya menjadi bau.

Pete adalah salah satu makanan komoditas pertanian asli Indonesia, sebagian orang menganggap pete sebagai asupan makanan yang tidak memberikan sama sekali karena aromanya yang sangat menyengat. Sebagian orang yang sangat gemar makan pete ini, menjadikan aroma yang ada dari pete dianggap sebagai bonus yang justru menambah cita rasa kenikmatan saat mengonsumsi pete. Ibu hamil yang makan pete ternyata dapat membantu berbagai keluhan saat masa kehamilan. Perlu diketahui juga, bahwa manfaat makan pete untuk ibu hamil yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Nafsu makan ibu hamil yang terkadang tidak stabil juga dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan janin, sehingga dengan dorongan pete dapat meningkatkan nafsu makan.

bolehkah ibu hamil makan pete
bolehkah ibu hamil makan pete

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bolehkan ibu hamil makan pete, mari kita simak terlebih dahulu bitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Nutrisi yang ibu hamil butuhkan antara lain seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Berikut ini macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil :

  • Asam folat , zat vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau, sereal, buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan buahan sitrus lainnya. Dosis yang dianjurkan adalah 400 mikrogram perhari
  • Zinc, berfungsi untuk membantu mempertahankan fungsi tubuh normal seperti penyembuhan luka, mineralisasi tulang, pertumbuhan jaringan, dan fungsi tiroid. Terdapat pada daging, makanan laut, kacang-kacangan, dan produk susu
  • Kalsium, membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Mudah ditemukan pada produk susu
  • Zat besi, untuk membantu pembentukan sel darah merah. Banyak terkandung dalam daging, ikan, telur, produk whole-grain, dan sayur mayor
  • Vitamin C, sebagai antioksidan dan mecegah ibu hamil agar tidak terserang flu di masa kehamilan

Berhubungan dengan nutrisi yang ibu hamil butuhkan seperti yang diatas, inilah beberapa kandungan yang ada pada pete :

  • Asam dikrostasinik, asam jengkolik, dam asam thiozolidine-4-karboksilik (agen anti kanker)
  • Serat yang tinggi
  • Omega 3
  • Zat besi
  • Mengandung energi 142 kkal/100 mg
  • 46 mg vitamin C per 100g biji
  • 200ui vitamin A per 100g biji
  • 3 macam gula alami : sukrosa, fruktosa, glukosa
  • Hidrogen sulfida dan etanol juga ditemukan dalam ruang pembungkus biji pete
  • Komponen pete yang mudah menguap = 1,2,4-trithiolane 1,3,5-trithiane 3,5-dimetil
  • Dari segi gizi, zat-zat di pete sama dengan gizi kedelai, baik dalam kandungan mineral, vitamin, protein, lemak, dan nutrisi

baca juga : Menghindari Operasi Caesar? Inilah 7 Solusi Terbaiknya!!

Menyantap makanan beraroma menyengat ini jelas memberikan kenikatan tersendiri untuk para penggemarnya. Meski demikian, aroma menyengat terkadang sulit untuk dihilangkan dan tak jarang beberapa sangat hati-hati saat mengonsumsi ini, tak terkecuali ibu hamil. Ibu hamil yang sedang memasuki trimester 1 atau usia kandungan 1-3 bulan ada baiknya tidak konsumsi pete terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan saat awal kehamilan masih terjadi penyesuaian siste pencernaan, penyesuaian sistem di janin/plasenta dan juga hormon ibu hamil masih fluktuatif. Tidak jarang ibu hamil trimester 1 yang makan pete mengalami rasa panas di perut, pegal-pegal, gangguan ginjal, dan diare. Kondisi ini tidak selalu terjadi dan sifatnya kondisional tergantung kondisi fisik ibu saat hamil. Konsumsi pete pada ibu hamil tak ada larangan jika sudah memasuki trimester ke 2 dan 3, namun konsumsi dalam batas wajar yaitu kurang dari 10 biji perhari.

Manfaat Pete untuk Ibu Hamil – Bolehkah ibu hamil makan pete?

bolehkah ibu hamil makan pete
bolehkah ibu hamil makan pete

Beberapa budaya lain menganggap pete ini sebagai buah pendingin yang dapat menurunkan suhu tubuh dan juga emosi ibu hamil yang menanti kelahiran buah hatinya. Di negeri belanda misalnya, ibu hamil yang akan pete dapat meyakinkan agar bayi mereka lahir dengan suhu tidak tinggi. Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa keraguan ibu yang menimbulkan pertanyaan bolehkah ibu hamil makan pete, ternyata makan pete saat hamil memiliki beberapa manfaat yang baik untuk ibu. Berikut manfaat makan pete untuk ibu hamil :

  • Sumber Energi yang Baik

Petai merupakan makanan yang menjadi salah satu sumber energi yang baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan didalam jengkol terdapat kandungan fruktosa, surkrosa dan juga glukosa yang dapat menghasilkan energi dan tenaga yang cukup besar. Yang mana untuk ibu hamil energi ini akan bermanfaat dalam menunjang kinerja tubuhnya. Dengan jumlah konsumsi yang cukup maka anda akan dapat merasakan manfaat dari dua jenis makanan ini dan tubuh pun akan terasa lebih sehat dan fit meski tengah mengandung.

  • Terdapat Kandungan Prebiotik Untuk Atasi Sembelit

Kondisi sembelit kerap kali datang dan menyerang ibu hamil sebagai bagian dari tanda kehamilannya. Seperti yang kita ketahui, hal ini seringkali menjadi tanda yang menganggu dan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Namun dengan konsumsi jengkol dan petai dalam jumlah yang tidak berlebihan akan dapat menjadi solusi yang baik untuk anda. Kandungan serat dari jengkol dan petai akan membantu tubuh melancarkan buang air besar pada saat anda hamil. Jadi demikian, anda tidak perlu khawatir pada saat anda ikut makan bersama dengan keluarga dan mengkonsumsi dua jenis makanan ini. Asalkan porsinya masih normal maka manfaatnya akan bisa anda dapatkan.

  • Baik Untuk Tumbuh Kembang Janin

Selain manfaat yang akan dirasakan oleh ibu hamil, kebaikan serupa pun akan dirasakan oleh si janin dalam kandungan anda. Mengkonsumsi jengkol dan petai rupanya dapat membantu kesehatan tulang dan gigi si kecil meski masih dalam rahim. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang tinggi didalamnya akan membuat anda baik mengkonsumsi makanan ini.

  • Kandungan Kalsium

Pete juga mengandung kalsium yang berguna untuk proses pembentukan tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi pete, Anda dapat memperoleh keuntungan berupa manfaat kalsium bagi ibu hamil untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi pada janin. Selain bagi perkembangan janin. Anda juga dapat memperoleh manfaat kalsium dari pete untuk mencegah resiko terkena osteoporosis.

  • Mengatasi Anemia

Jika Anda memiliki riwayat kekurangan darah atau anemia, maka pete bisa menjadi solusinya. Pete memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan Manfaat zat besi untuk ibu hamil tersebut efektif untuk meningkatkan volume darah sehingga mencegah anemia pada ibu hamil.

  • Mengatur Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang sangat sering dialami oleh ibu hamil. Padahal hipertensi dalam kehamilan akan sangat membahayakan, baik bagi si ibu maupun bagi janin yang dikandung. Pete mengandung nutrisi berupa kalium yang dapat mencegah resiko hipertensi sehingga tekanan darah tinggi pada ibu hamil akan lebih terkontrol.

  • Mentetralkan asam lambung

Tekstur pete yang lembut ini dapat dikonsumsi saat masih mentah, pete yang mempunyai kelebihan alkalin ini bisa menetralkan kelebihan asam lambung an mengurangi iritasi dinding lambung, sehingga maag tidak kambuh ketika masa kehamilan. Manfaat pete lainnya juga dapat menjaga kesehatan kulit, bukan kulit sang ibu saja tetapi juga kulit janin.

  • Bahaya Konsumsi Pete Berlebihan Saat Hamil

Konsumsi makanan apapun secara berlebihan pastinya memiliki bahaya untuk tubuh, tak hanya makan pete berlebihan saat hamil yang memiliki bahaya. Berikut bahaya yang dapat dialami ibu hamil jika konsumsi pete secara berlebihan :

  • Mengakibatkan Sakit Punggung

Adalah kandungan jengkolat yang terdapat dalam dua makanan inilah yang akan menimbulkan masalah terhadap kesehatan ibu hamil. Kandungan jengkolat yang ada didalamnya akan dapat mempengaruhi kinerja ginjal didalam tubuh yang apabila dikonsumsi berlebihan akan dapat memicu timbulnya nyeri hebat dibagian sekitaran punggung ibu hamil. Untuk itu, sebaiknya perhatikan porsi yang cukup pada saat anda menikmati jengkol dan petai. Jangan mentang-mentang terasa nikmat anda lantas melahapnya secara berlebihan.

  • Mengakibatkan Gangguan Pecernaan

Bila diatas dijelaskan manfaat dari konsumsi dua jenis makanan ini akan membantu pencernaan anda. Akan tetapi, bila porsinya terlalu berlebihan justru akan menimbulkan masalah pencernaan. Kosumsi jengkol dan petai yang terlalu banyak akan dapat menimbulkan sembelit untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan konsumsi dua jenis makanan ini akan dapat menimbulkan serat masuk secara berlebihan pada tubuh wanita hamil dan menimbulkan masalah. Dampak yang lebih serius dari kondisi ini adalah diare atau mencret.

  • Meningkatkan kerja ginjal

Kandungan amoniak yang relatif tinggi di dalam pete akan berdampak pada sulitnya proses penyaringan di dalam tubuh sehingga kerja ginjal juga akan meningkat. Dengan kata lain, asupan pete yang terlalu banyak akan meningkatkan resiko terkena gagal ginjal.

  • Menyebabkan pegal-pegal

Pete mengandung asam amoniak yang relatif tinggi yang dapat memicu sintesis nitrogen pada jaringan ikat. Kondisi tersebut akan memicu pegal-pegal di wilayah persendian dan juga pada jaringan ikat antara tlang dengan daging.

  • Meningkatkan resiko terkena asam urat

Pete yang mengandung asam amoniak yang cukup tinggi akan menyebabkan tingkat keasaman pada jaringan ikat antara tulang dan juga daging meningkat sehingga memicu asam urat.

baca juga : Bahaya Anemia Saat Hamil, Begini Cara Yang Benar Untuk Mencegahnya!!!

 

advertising

bolehkah ibu hamil makan pete

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *