Mahalkah Biaya Persalinan Caesar? Yuk cari tau biaya persalinan caesar!!!

Biaya Operasi Caesar

biaya operasi caesar
biaya operasi caesar

Bagi ibu hamil pastinya harus mempersiapkan semua hal yang diperlukan untuk melahirkan. Dari persiapan pakaian yang akan dibawa ke rumah sakit baik milik ibu ataupun si kecil dan yang peling penting yaitu biaya persalinan. Ibu yang akan menjalani proses melahirkan normal mungkin akan lebih ringan mengenai biaya persalinan, karena ibu yang menjalani persalinan normal tidak membutuhkan waktu lama dirumah sakit. Sedangkan ibu yang memilih melahirkan caesar akan lebih banyak membutuhkan biaya, karena ibu yang menjalani persalinan melalui operasi caesar pasti akan menginap di rumah sakit 3-4 hari. Mengapa biaya operasi caesar lebih mahal dibanding melahirkan normal selain karena ibu diharuskan menginap? Simaklah uraian dibawah ini mengenai rincian biaya operasi caesar.

Bagaimana Proses Operasi Caesar?

Melahirkan caesar merupakan salah satu operasi besar yang dilakukan untuk mengeluarkan bayi dari perut ibu dengan cara melakukan sayatan dibagian perut hingga ke dinding rahim. Seorang ibu yang memilih untuk melahirkan caesar pastinya sudah mengetahui resiko apa saja yang akan di alaminya setelah proses operasi. Operasi caesar pasti akan meninggalkan bekas luka yang awalnya akan mengganggu gerakan ibu untuk beraktifitas. Setelah operasi caesar biasanya ibu juga dianjurkan untuk istirahat selama 1 minggu pertama agar pemulihan luka tidak terganggu. Merawat bekas luka sangat penting untuk ibu ketahui, karena jika luka bekas operasi tidak dirawat dengan benar maka bisa terjadi infeksi dan membahayakan ibu.

biaya operasi caesar
biaya operasi caesar

Sebenarnya operasi caesar ini ada 3 jenis yaitu tidak terencana, darurat, dan terjadwal. Berikut penjabarannya :

  1. Operasi caesar tidak terencana

Jenis operasi satu ini dilakukan saat persalinan sudah berjalan tetapi karena alasan tertentu sehingga harus dilakukan operasi caesar. Mungkin karena beyi terlalu besar untuk melewati panggul ibu, kontraksi tidak cukup kuat untuk membuka leher rahim sehingga bayinya bisa turun atau bayinya menghadap ke arah yang salah. Dokter juga akan memutuskan operasi caesar jika plasenta menutupi sebagian serviks ibu atau dikenal dengan plasenta previa. Jika mereka melakukan operasi caesar karena pendarahan dari plasenta previa yang belum terselesaikan dianggap sebagai operasi caesar darurat.

  1. Operasi caesar darurat

Operasi caesar darurat terjadi ketika bayi dalam kesulitan selama persalinan. Misalnya “jika detak jantung bayi turun drastis di bawah kisaran normal dan tidak kembai naik, janin terlalu besa atau  jika ibu telah menjalani operasi caesar sebelumnya dan bekas luka lama pecah ketika mencoba untuk melahirkan normal.”kata Weisman. Menurut penelitian, ini bisa sulit dideteksi dan dapat menyebabkan pendarahan berat, gawat janin, pengeluaran janin atau plasenta ke dalam perut ibu, dan histerektomi.

  1. Operasi caesar terjadwal

Persentase operasi caesar yang lebih kecil adalah yang dilakukan oleh ibu pertama kali dan sudah terjadwal sebelumnya, sebagian besar karena posisi bayi yang tidak pada posisi semestinya. Bisa juga karena ibu ingin menentukan tanggal kelahiran yang diinginkan. Tetapi apapun jenis operasi caesar yang ibu lakukan semua itu akan menanggung resiko dan meninggalkan bekas luka jahitan yang harus ibu rawat dengan benar.

baca juga : Cara Merawat Luka Jahitan Pasca Operasi Caesar Lebih Mudah dan Aman!!!

Meskipun saat operasi caesar tidak terasa sakit dan sangat aman untuk ibu dan bayi. Namun operasi caesar ini memiliki beberapa resiko yang bisa terjadi diantanya adalah :

  • Bayi yang lahir dengan operasi caesar lebih cenderung menghadapi masalah pernafasan, Kondisi ini terjadi selama beberapa jam/hari setelah proses operasi. Bayi bisa mengalami kondisi ini karena gangguan pernafasan selama proses operasi dan kondisi bawaan.
  • Luka karena tindakan bedah, Kasus ini memang sangat jarang terjadi karena biasanya dokter sudah sangat ahli dalam melakukan operasi. Tapi risiko ini tetap ada dan bisa menyebabkan bayi mendapatkan luka goresan yang meninggalkan bekas.
  • Luka infeksi bisa menyerang pada lapisan rahim, Kondisi ini bisa ditandai dengan demam, luka yang tidak sembuh dan keputihan yang berbau busuk.
  • Pendarahan, Pendarahan bisa terjadi karena ada banyak darah yang keluar selama operasi dan menyebabkan ibu kekurangan darah.
  • Efek samping penggunaan obat bius, Beberapa ibu yang sudah mengalami operasi ini bisa merasa sakit kepala parah, mual, muntah dan perut kembung.
  • Pembekuan darah, Risiko pembekuan darah bisa terjadi pada beberapa organ tubuh seperti pada bagian panggul dan vagina. Yang paling parah adalah pembekuan darah pada paru-paru. Jika hal ini terjadi maka diperlukan tindakan yang lebih serius.

Mengapa Biaya Operasi Caesar Mahal?

Biaya operasi caesar biasanya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya persalinan normal. Biaya yang relatif tinggi ini memang wajar saja mengingat tindakan perawatan, kompetensi dokter/perawat, ruangan nyaman dan juga perlakuan medis yang dibutuhkan dalam operasi persalinan caesar memang lebih banyak. Persalinan caesar sendiri sering kali harus dilangsungkan karena berbagai macam kondisi. Bayi sungsang, bayi terlilit saluran placenta, dan berbagai macam kondisi abnormal lainnya dalam kehamilan menyebabkan proses persalinan harus dilangsungkan dengan cara operasi caesar. Jika tidak, maka beberapa kondisi ini bisa mengancam jiwa ibu dan bayi yang dikandungannya.

biaya operasi caesar
biaya operasi caesar

Persalinan caesar juga bisa dilakukan dengan direncanakan jauh – jauh hari sebelumnya, operasi ini disebut operasi caesar elektif. Operasi caesar yang direncanakan biasanya menginginkan bayi lahir pada tanggal atau hari – hari tertentu sesuai yang diinginkan keluarga selain dengan kondisi kehamilan yang menyebabkan persalianan harus dilakukan dengan operasi caesar. (baca :Menghindari Operasi Caesar? Inilah 7 Solusi Terbaiknya!!)

Cara mengantisipasi terjadinya berbagai macam kondisi yang tidak diinginkan, Ibu hamil sebaiknya mempersiapkan dirinya dan juga seluruh Biaya operasi caesar di rumah sakit ditetapkan berdasarkan kehandalan proses operasi caesar, fasilitas kamar inap, pelayanan, serta kualitas rumah sakit. Persalinan caesar membutuhkan biaya yang terdiri dari biaya operasi dan biaya perawatan inap pasca operasi. Total biaya caesar keseluruhan mencapai Rp. 11.000.000 , dengan rincian sebagai berikut :

Biaya Operasi Caesar

  • ± Rp 9.000.000

Rawat inap operasi caesar

  • ± Rp 3.000.000

Biaya operasi caesar keseluruhan

  • ± 12.000.0000

Biaya tersebut bisa lebih mahal jika fasilitas dan kualitas yang dipilih lebih baik.

Besarnya biaya yang dibutuhkan operasi caesar di setiap rumah sakit sangat tergantung dengan tingkat poplaritas dari sebuah rumah sakit. Rumah sakit yang sudah terkenal biasanya akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan rumah sakit yang belum begitu terkenal, karena kompetensi dan keahlian dokter/perawat perlu apresiasi lebih. Fasilitas yang ada di rumah sakit juga akan sangat mempengaruhi besaran biaya. Besarnya biaya persalinan caesar dapat diantisipasi dengan jalan mengikuti program asuransi kesehatan. Salah satu asuransi kesehatan yang kebanyakan orang pake adalah asuransi kesehatan BPJS.

biaya operasi caesar

baca juga : Obat Herbal Untuk Penyembuhan Pasca Operasi Caesar, Apakah Itu???

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai rincian biaya persalinan caesar, Semoga Bermanfaat. ^_^

biaya operasi caesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *