Beberapa Persiapan yang Harus Diketahui Mengenai Persalian Caesar

Semakin banyak wanita meminta persalinan dengan operasi caesar pilihan tanpa indikasi medis yang diterima, dan dokter tidak yakin bagaimana meresponsnya. Kecenderungan ini sebagian disebabkan oleh persepsi umum bahwa persalinan sesar sekarang jauh lebih aman daripada di masa lalu dan pengakuan bahwa sebagian besar penelitian yang melihat risiko seksio sesarea mungkin telah bias, karena wanita dengan masalah medis atau kebidanan lebih mungkin terjadi. telah dipilih untuk operasi caesar pilihan. Dengan demikian, kejadian hasil ibu atau neonatal yang buruk mungkin disebabkan oleh masalah yang mengharuskan kelahiran sesar daripada prosedur itu sendiri.

 

Satu-satunya cara untuk menghindari bias seleksi ini adalah dengan melakukan percobaan di mana wanita akan ditugaskan secara acak untuk menjalani operasi caesar yang direncanakan atau kelahiran vagina yang direncanakan. Ketika ini dilakukan dalam Percobaan Perlakuan Term Terdaftar secara internasional yang melibatkan 2088 wanita dengan janin tunggal dalam presentasi sungsang pada waktunya, risiko kematian perinatal atau neonatal atau morbiditas neonatal yang serius secara signifikan lebih rendah pada kelompok bedah caesar yang direncanakan, tanpa peningkatan yang signifikan pada risiko kematian ibu atau morbiditas maternal yang serius.

 

Segala sesuatu membutuhkan persiapan, begitu pula dengan proses persalinan baik normal maupun caesar. Tujuannya tentu saja agar proses tersebut berjalan lancar. Kali ini akan membahas tentang persiapan melahirkan caesar atau caesarean section.

 

Semua wanita pasti menginginkan persalinan secara normal atau alami, tetapi terkadang keinginan tersebut tidak sesuai dengan rencana. Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang wanita harus melahirkan secara caesar. Persalinan caesar adalah suatu tindakan medis untuk mengeluarkan bayi dalam kandungan dengan tindakan operasi.

 

Tindakan ini diperlukan atas indikasi setelah dipertimbangkan mengenairesiko terhadap bu dan bayi. Secara umum operasi caesar dilakukan pada kondisi dibawah ini :

  • Bagian terendah bayi bukan kepala (letak sungsang).
  • Bayi besar dengan berat badan ≥ 4 kg.
  • Ari – ari menutupi jalan lahir.
  • Panggul sempit.
  • Tidak ada kemajuan persalinan.

pengetahuan persiapan caesar

Meskipun tidak dapat melahirkan secara normal, namun bunda harus tetap melakukan persiapan melahirkan untuk mempermudah jalannya persalinan. Berikut beberapa persiapan yang harus dipersiapkan dalam persalianan caesar.

  • Konsultasi dengan Dokter

Sebelum memilih jalur operasi untuk melahirkan, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter mengenai hal apa saja yang belum diketahui mengenai caesar. Melahirkan caesar berbeda dengan melahirkan secara normal, banyak tindakan medis yag harus dilakukan pada persiapan melahirkan caesar.

Berkonsultasi pada dokter dapat menambah pengetahuan lebih mengenai operasi caesar, sehingga dapat membantu mempersiapkan mental seorang ibu.

  • Persiapan Mental

Sebelum melahirkan hal utama yang harus dipersiapkan adalah mental pada diri sendiri, dengan adanya persiapan mental seorang ibu tidak perlu khawatir menghadapi persalianan dengan tindakan operasi. Kekhawatiran seorang ibu selain akan mempengaruhi psikologis, juga akan memperngaruhi kondisi fisik ibu. Tingginya kekhawatiran ibu akan menimbulkan setres, setres tersebut bisa membuat tekanan darah naik.

  • Perlengkapan Ibu dan Bayi

Sama halnya dengan persiapan melahirkan normal, seorang ibu harus mempersiapkan perlengkapan ibu dan bayi. Karena selma berada di rumah sakit pasti memerlukan beberapa kebutuhan yang harus digunakan.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai pengetahuan persiapan Operasi Caesar, Semoga Bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *